5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Sesuai Kepribadian

 

Menikmati kehidupan kuliah adalah suatu konsep yang diidam-idamkan banyak orang. Terlebih jika jurusan kuliah yang dipilih memang sesuai dengan kepribadian kita. Tentu saja kita akan sangat nyaman menjalaninya. Selain itu, Jenjang kuliah juga merupakan pintu dalam menekuni suatu bidang yang disukai dan memiliki kaitan yang sangat erat dengan kegiatan atau profesi apa yang ingin kita lakukan setelah lulus kuliah. Oleh sebab itu, kita harus cermat dalam memilih jurusan kuliah, cermat dalam menentukan jurusan seperti apa yang memang tepat dan sesuai dengan kepribadian kita agar tidak menyesal di kemudian hari. Oleh sebab itu, artikel ini membawa Anda untuk menggali tips memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai kepribadian.


Berikut adalah uraian tips memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai kepribadian:


1. Sesuaikan jurusan kuliah yang dipilih dengan cita-cita, minat, dan bakat Anda


Setiap orang tentu memiliki cita-cita yang beragam, harapan atau keinginan dalam hidup yang ingin direalisasikan, atau capaian yang dijadikan target dalam menjalani kehidupan. Untuk merealisasikannya, kuliah bisa menjadi jembatan antara harapan-harapan tersebut dengan goal yang ingin dicapai. Yang terpenting, piilihlah jurusan kuliah yang dapat membawa Anda menuju ke profesi atau pekerjaan yang diharapkan. Contohnya, jangan memilih jurusan Teknik Mesin jika kamu ingin menjadi seorang dokter gigi dan jangan mengambil jurusan perpajakan bila ingin menjadi tentara. Selain itu, Anda harus menyesuaikan jurusan yang dipilih dengan minat dan bakat Anda agar tidak kesulitan dalam menjalani kehidupan kuliah. Sebagai contoh, jangan mengambil arsitektur jika tidak suka menggambar, lalu jangan ambil jurusan Matematika jika tidak menyukai itungan.  Anda harus menyesuaikan cita-cita, minat dan bakat Anda pada suatu jurusan yang akan dipilih agar Anda tidak akan menyesalinya di kemudian hari. Adapun sebagai pertimbangan, Anda dapat melakukan tes kepribadian untuk mengetahui jurusan apa yang sesuai dengan menemui psikolog atau lembaga tes tertentu.


2. Carilah informasi seakurat dan sebanyak mungkin


Mencari informasi seakurat dan sebanyak mungkin sangatlah diperlukan. Semakin banyak informasi yang Anda miliki mengenai jurusan tersebut, maka semakin besar Anda mengetahui seberapa besar kaitannya dengan minat dan bakat Anda. Informasi-informasi tersebut bisa Anda cari dari berbagai sumber, misalnya dari internet, kakak kelas, teman, orang tua, saudara, guru, hingga para ahli atau profesional. Yang terpenting, Anda jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang dibekali informasi atau hanya sekadar ikut-ikutan teman.


3. Pilihlah lokasi kampus yang strategis dan biaya yang terjangkau


Lokasi kampus yang strategis dan biaya perguruan tinggi yang terjangkau juga menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan dalam memilih jurusan kuliah yang dipilih. Pasalnya, tidak semua orang dapat memenuhi biaya tanggungan hidup selama menempuh pendidikan kuliah. Jika Anda memiliki dana yang terbatas, maka pilihlah tempat kuliah yang strategis dan dekat dengan tempat tinggal atau pilihlah kampus yang berlokasi di luar kota, tetapi memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikannya terjangkau oleh Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencari beasiswa atau meminta keringanan biaya kuliah jika dirasa kesulitan memenuhi tanggungan biaya kuliah dan biaya hidup. Oleh karena itu, jangan jadikan uang atau kondisi ekonomi yang terbatas sebagai faktor yang dapat menghambat masa depan Anda.


4. Analisa daya tampung jurusan/peluang diterima di jurusan yang diinginkan


Setelah mencermati jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian, Anda juga harus mencermati daya tampung jurusan dan memperkirakan peluang diterima di jurusan tersebut. Semakin besar daya tampung yang ditawarkan, maka semakin besar pula peluang Anda diterima. Anda tidak harus membebani diri Anda dengan target kuliah di tempat tertentu atau kuliah dengan jurusan favorit. Pasalnya, Anda bisa stres jika keinginan tersebut tidak terpenuhi padahal banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya yang memang sesuai dengan kepribadian Anda. Cara memastikan bahwa jurusan yang dipilih itu adalah pilihan yang tepat, yakni Anda mengukur kemampuan Anda dalam mengerjakan soal seleksi masuk perguruan tinggi. Pelajarilah soal-soal seleksi dan ikuti try out sebagai pertimbangan dalam mengukur kemampuan yang Anda miliki.


5. Pastikan jurusan yang dipilih dapat mengantarkan Anda menuju masa depan atau karir pekerjaan yang diharapkan


Diantara kita mungkin sering mendengar ada begitu banyak orang yang menganggur padahal telah lulus kuliah, atau jurusan saat ini yang lulusannya menganggur tidak bekerja. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih jurusan kuliah yang memang memiliki prospek kerja yang sangat terbuka dan biarkanlah hati dan akal sehat Anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Sebagai bahan pertimbangan, Anda dapat mengonsultasikan pilihan tersebut dengan orang tua atau orang yang Anda percaya terkait pemilihan jurusan kuliah.


Semoga uraian ini dapat membantu Anda yang sedang menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian.



Tetap semangat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel