10 Cara Belajar Kelompok yang Efektif dan Efisien Dijamin Anti Ribet

 

Ada banyak cara untuk melakukan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah, belajar kelompok adalah salah satunya. Belajar kelompok adalah salah satu metode belajar yang efektif dan efisien apabila dilakukan dengan metode yang tepat. Dengan belajar kelompok, siswa bisa belajar pentingnya kerjasama dan memudahkan siswa untuk menyelesaikan tugas dibandingkan dengan mengerjakannya sendiri. Belajar kelompok merupakan kegiatan yang berdampak positif apabila dilakukan dengan tujuan yang baik. Akan tetapi, karena sebagian siswa banyak yang lebih mementingkan bermain dibandingkan belajar kelompok, maka ada beberapa orang yang beranggapan bahwa belajar kelompok bukanlah metode belajar yang efektif dan efisien. Namun, jika dilakukan dengan benar, maka siswa bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya dari belajar kelompok, setidaknya Anda perlu menerapkan tips cara belajar kelompok yang efektif dan efisien. Silakan simak uraian berikut ini.


Cara Belajar Kelompok yang Efektif dan Efisien:


1. Tentukan lama waktu belajar kelompok dan jam berapa dimulai


Hal yang pertama yang harus dilakukan untuk persiapan belajar kelompok adalah menentukan lama waktu belajar kelompok dan jam berapa hendak dimulai. Misalnya, tentukan waktu mana yang lebih cocok untuk memulai belajar kelompok apakah di pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari. Lalu, tentukan hendak dimulai dari jam berapa sampai dengan jam berapa belajar kelompok tersebut. Selain itu, pastikan bahwa waktu itu diputuskan berdasarkan kesepakatan bersama.


2. Tentukan dimana belajar kelompok akan dilakukan


Setelah mendapatkan kesepakatan lama waktu belajar kelompok dan jam berapa hendak dimulai, berikutnya adalah tentukan dimana belajar kelompok akan dilakukan. Anda bisa membuat keputusan bersama teman yang lainnya apakah ingin mengerjakannya di lingkungan sekolah atau di rumah salah satu teman anggota kelompok atau tempat lainnya yang dirasa memungkinkan. Yang terpenting pastikan bahwa tempat tersebut adalah tempat yang kondusif dengan suasana yang mendukung. Misalnya Anda bisa mempertimbangkan, apakah tempat itu terlalu ramai atau tidak? Apakah di tempat itu ada banyak penjual makanan atau tidak? Apakah tempat tersebut tidak terlalu jauh bagi anggota lainnya? Atau apakah tempat tersebut termasuk tempat yang strategis atau tidak.


3. Pastikan sudah mempersiapkan fasilitas atau perlengkapan yang dibutuhkan


Adakalanya dalam belajar kelompok Anda memerlukan beberapa perlengkapan yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi jika berbicara tentang belajar kelompok skala praktik atau membuat produk pastinya ada berbagai peralatan yang tidak boleh terlupa. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan fasilitas atau perlengkapan yang dibutuhkan dengan sebaik mungkin sebelum melakukan belajar kelompok. Jangan sampai Anda mencari fasilitas atau perlengkapan pada saat sudah waktunya belajar kelompok karena itu akan membuang-buang waktu belajar kelompok. Misalnya, ketika Anda lupa membawa satu atau dua perlengkapan, hal ini pasti akan membuat Anda mencari perlengkapan tersebut saat belajar kelompok dimulai dan pastinya menghabiskan waktu lebih banyak lagi untuk mencari barang tersebut ketika barang tersebut sulit didapat. Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda perlu menyiapkan peralatan belajar kelompok sebelumnya, jikalau Anda merasa takut lupa, buatlah daftar atau catatan kecil perlengkapan apa saja yang Anda perlukan. Lalu carilah sesegera sebelum dimulainya belajar kelompok. Jika peralatan yang diperlukan terlalu banyak, Anda bisa membaginya dengan anggota kelompok lainnya agar lebih praktis.


4. Buatlah suasana belajar kelompok yang serius tapi santai


Dalam belajar kelompok, tentunya kita harus melakukannya dengan serius. Namun, kita juga harus bisa menciptakan suasana yang lebih santai agar tidak jenuh saat belajar kelompok. Jadi, suasana belajar yang serius tapi santai adalah jawabannya. Misalnya, dengan menyediakan beberapa camilan dan minuman. Jadi selama belajar kelompok, Anda dan teman-teman bisa belajar kelompok sambil makan camilan agar lebih santai. Atau suasana lain jikalau memungkinkan seperti menyalakan musik yang santai. Jangan pilih lagu yang gaduh atau terlalu berisik, pastikan lagu tersebut hanya berfungsi sebagai pencair suasana yang dapat menghilangkan kejenuhan saat belajar kelompok.


5. Lakukan pembagian tugas yang merata antar tiap anggota kelompok


Seringkali kita melupakan tips yang satu ini karena lebih mengandalkan anggota yang lebih pintar dan kurang memedulikan jobdesc untuk anggota lain yang dirasa kurang pintar. Dan pada akhirnya membiarkan anak yang pintar saja yang mengerjakan. Walaupun terkadang hal tersebut terjadi karena memang sudah menjadi kebijakan tiap-tiap anggota kelompok, tetapi kita perlu memahami bahwa tujuan dari belajar kelompok, yaitu agar setiap anggota kelompok bisa memahami dan bisa saling membantu. Jika hanya orang tertentu yang mengerjakannya, maka tentu saja tujuan belajar kelompok tersebut tidak dapat tercapai. Oleh sebab itu, penting sekali pembagian tugas yang merata antar tiap anggota kelompok agar setiap anggota kelompok terlibat dalam proses pengerjaan.


6. Buatlah struktur anggota


Tips yang satu ini ada kaitannnya dengan tips sebelumnya, yakni pembagian tugas yang merata dan akan sangat diperlukan untuk kerja kelompok yang beranggotakan cukup banyak orang. Misalnya, anggota kelompok yang berjumlah 8-10 orang atau bahkan lebih. Agar Anda dapat membagi tugas secara merata, Anda dapat membuat struktur anggota dan menentukan siapa ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, sesi perlengkapan dan lain sebagainya. Jika semua anggota sudah mempunyai jobdesc nya masing-masing, maka pekerjaan dalam kerja kelompok akan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.


7. Fokus pada apa tujuan dari belajar kelompok tersebut


Sebelum belajar kelompok, kita tentunya harus memahami apa tujuan dari belajar kelompok tersebut. Kita bisa melakukan briefing atau pengarahan terlebih dahulu. Sang ketua yang telah dipilih bisa menegaskan kembali fokus atau tujuan pembelajaran kelompok itu dibuat agar anggota-anggota dalam kelompok tidak banyak menghabiskan waktu untuk bercanda atau kegiatan lainnya yang sifatnya mengganggu.


8. Tanamkan sikap saling membantu antar anggota


Karena setiap anggota kelompok pastinya memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, setiap anggota perlu mengesampingkan ego dan mau saling membantu jika ada anggota lain yang kurang dalam pekerjaannnya agar tercapai tujuan belajar kelompok yang efektif dan efisien.


9. Tentukan materi pembelajaran


Tips ini sangatlah penting dan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Dalam belajar kelompok, tentunya kita harus tahu materi apa yang dibahas dan materi seperti apa yang perlu disiapkan. Untuk itu, Anda dan anggota kelompok lainnya dapat melakukan riset materi terlebih dahulu sebelum belajar kelompok dan dirundingkan bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya.


10. Ciptakan suasana belajar aktif bukan pasif


Semua anggota dalam kelompok harus belajar aktif dan berkontribusi dalam kelompok. Jangan sampai ada anggota yang asik sendiri atau tidak ikut andil dalam belajar kelompok sementara ada anggota lain yang lebih aktif. Oleh sebab itu, Anda dapat menambahkan lebih banyak sesi diskusi atau penyampaian argumen dari tiap-tiap anggota agar tercipta suasana belajar yang lebih aktif.



Uraian diatas adalah tips cara belajar kelompok yang efektif dan efisien. Dengan memperhatikan dan menerapkannya diharapkan tips tersebut dapat membuat aktivitas belajar kelompok Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Semoga tips tersebut bermanfaat dan membantu.


Mari kita coba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel