Tips Memperbaiki Jam Tidur agar Tubuh Bugar di Pagi Hari

Tubuh yang bugar di pagi hari adalah keinginan semua orang. Namun, tidak semua orang bisa merasa bugar di pagi hari. Kenapa? Salah satu penyebabnya adalah pola tidur yang berantakan seperti begadang yang mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda perlu mengetahui cara Memperbaiki  jam tidur Anda untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat di pagi hari.

Tips Memperbaiki Jam Tidur agar Tubuh Bugar di Pagi Hari

Beberapa orang mungkin merasa sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Ada yang sulit tidur meski sudah berusaha memejamkan mata. Apakah kamu juga? Sebenarnya cara mengatasi kesulitan tidur bisa dimulai dengan cara yang sederhana. Mungkin faktor penyebab insomnia Anda adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebelum tidur.

Berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Jika pola tidurnya kacau dan berantakan, bisa dipastikan kesehatan tubuh juga akan menurun. Akibatnya Anda akan lebih mudah sakit, tidak bugar, malas melakukan aktivitas yang tidak produktif. Untuk mencegahnya, Anda harus mengidentifikasi penyebabnya dan mencoba memperbaikinya.

Sebagai berikut, kita akan membahas cara dan tips memperbaiki jam tidur sebagai salah satu faktor untuk mendapatkan tubuh yang bugar di pagi hari. Mari kita lihat.

Tips Memperbaiki  Jam Tidur agar Tubuh Bugar di Pagi Hari

1. Jangan gunakan perangkat elektronik

Beberapa orang, terutama anak muda, suka bermain dengan perangkat elektronik. Bahkan dalam kehidupan mereka, penggunaan teknologi perangkat elektronik sudah menjadi bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Sebenarnya menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel Android atau smartphone memiliki banyak manfaat, namun jika Anda terus menggunakannya bahkan sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Mengapa perangkat elektronik dapat mengganggu kualitas tidur? Karena perangkat elektronik bisa membuat kita ketagihan sehingga akhirnya kita menunda waktu untuk segera tidur. Beberapa orang bahkan lebih suka bermain gadget dan begadang. Karena itu, lebih baik mengatur waktu untuk mematikan perangkat elektronik dan segera tidur.

Tidak hanya itu, cahaya dari perangkat elektronik yang kita gunakan juga dapat memperlambat produksi hormon melatonin dalam tubuh. Padahal hormon ini memiliki fungsi untuk mengatur jam tidur secara biologis.

2. Hindari makan sebelum tidur

Apakah Anda suka makan atau ngemil sebelum tidur? Makan atau ngemil sebenarnya tidak dilarang, namun jika Anda makan sebelum tidur justru dapat mempengaruhi kualitas tidur. Karena beberapa jenis makanan yang dikonsumsi dapat membuat fokus tubuh berubah.

Misalnya, sebelum tidur, Anda mengonsumsi makanan seperti pizza, kafein, sereal manis, dark chocolate, atau bahkan minuman bersoda, sehingga tubuh akan lebih fokus pada makan daripada istirahat. Jadi bagaimana Anda mengatur waktu makan malam dan waktu tidur? Lebih baik membatasi atau memberikan istirahat sekitar dua jam sebelum tidur.

3. Jadikan lingkungan tempat tidur nyaman

Terlepas dari dua hal yang disebutkan di atas, sebenarnya ada banyak hal yang tanpa kita sadari dapat mempengaruhi kualitas tidur kita yang berantakan. Beberapa di antaranya adalah suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, suara keras, bau tidak sedap, terlalu terang atau gelap dan masih banyak lagi.

Jadi, untuk menunjang tidur malam yang nyenyak, usahakan agar lingkungan tempat tidur Anda lebih nyaman. Coba perhatikan berbagai faktor yang dapat mengganggu tidur Anda. Misalnya, atur suhu ruangan yang nyaman untuk Anda, matikan TV dan jauhkan perangkat elektronik lainnya, atau Anda juga bisa menggunakan masker untuk menutupi mata.

4. Lakukan olahraga ringan

Kita sudah sering mendengar tentang olahraga dengan manfaatnya untuk Memperbaiki  kesehatan tubuh. Namun secara tidak langsung olahraga juga dapat Memperbaiki  jam tidur kita yang berantakan. Umumnya, saat kita bangun tidur, rasa kantuk yang kita rasakan akan segera hilang. Namun, sebagian orang tidak bisa langsung sadar, melainkan harus mengumpulkan kesadaran terlebih dahulu, kemudian bisa bangun dari tempat tidur dan mulai beraktivitas.

Nah, Anda bisa mencoba memanfaatkan waktu setelah bangun tidur untuk lebih Memperbaiki  kebugaran tubuh Anda dengan melakukan olahraga ringan. Tidak butuh waktu lama, Anda hanya perlu melakukan gerakan sederhana seperti meregangkan kepala, lengan, dan tubuh. Tahukah Anda, meski sederhana, tips ini berpengaruh baik untuk membuat tubuh siap bergerak dengan semangat.

5. Minum air putih setelah bangun tidur

Selanjutnya, sebagai tip sehat yang perlu dilakukan juga adalah mengonsumsi air putih setelah bangun tidur. Seperti yang kita ketahui, minum air putih yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, fungsinya tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus tetapi bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh kita.

Anda bisa memadukannya dengan irisan lemon yang akan menambah rasa sekaligus sensasi segar. Agar lebih mudah dijangkau dan jangan lupa, Anda bisa menyiapkannya di kamar tidur. Tindakan sederhana ini akan membiasakan tubuh Anda dengan tubuh yang bugar di pagi hari dan tidur nyenyak.

Demikian informasi terupdate yang membahas cara Memperbaiki  jam tidur agar mendapatkan tubuh bugar di pagi hari. Meski terlihat sederhana, cara dan tips ini malah efektif dalam Memperbaiki  kualitas tidur menjadi lebih baik.

Kualitas tidur yang baik juga akan menunjang kesehatan tubuh yang baik, hal ini ditunjukkan dengan rasa bugar di pagi hari. Kesehatan memang sangat mahal, nyatanya tidak ada yang bisa dibayar, namun dengan upaya kita untuk menjaga dan Memperbaiki  kualitas tidur, berolahraga secara teratur dan pola makan yang sehat dan seimbang. Dengan demikian kita dapat melakukan aktivitas apapun secara produktif. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel