Cara Mudah Merekam Layar Laptop dan PC Berbasis Mac OS


 


Halo, Kembali lagi Bersama Tan Eduka

 

Setelah sebelumnya membahas mengenai cara mudah merekam layar laptop dan PC berbasis Windows, maka pada artikel kali ini Tan Eduka akan membahas topik yang tak kalah menarik, yaitu cara mudah merekam layar laptop dan PC berbasis Mac OS.

 

Merekam layar laptop dan PC yang berbasis Mac OS sebenarnya terbilang mudah. Karena, Apple sendiri telah menyediakan fitur untuk merekam layar dan memberikan kemudahan bagi Anda selaku pengguna untuk merekam layar secara gratis. Sehingga bagi Anda yang ingin merekam layar, membuat video tutorial, merekam video presentasi, dsb, Anda dapat menggunakan fitur rekam layar melalui laptop dan PC Anda.

 

Adapun bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara merekam layar di laptop dan PC Anda yang berbasis Mac OS, Anda tidak perlu khawatir. Karena, pada artikel kali ini Tan Eduka akan membahasnya untuk Anda

 

Berikut Cara Mudah Merekam Layar Laptop dan PC Berbasis Mac OS

 

1. Menggunakan Quick Time Player

 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk merekam layar di laptop dan PC Anda yang berbasis Mac OS yaitu dengan menggunakan Quick Time Player. Quick Time Player adalah aplikasi bawaam sehingga sudah tersedia di laptop dan PC Anda, dan Anda tidak perlu melakukan download dan install aplikasi Quick Time Player.

 

Bagi Anda yang belum tau bagaimana merekam layar di laptop dan PC Anda yang berbasis Mac OS dengan menggunakan Quick Time Player, berikut caranya:

 

  1. Pertama, silakan Anda buka Quick Time Player
  2. Kemudian, klik menu file lalu pilih rekaman layar baru
  3. Kemudian, Anda akan masuk ke mode screen capture. Disini anda dapat mengatur beberapa opsi seperti Microphone dan Opsi Menampilkan Klik Mouse pada rekaman layar
  4. Selanjutnya, jika Anda ingin langsung merekam, Anda dapat mengklik icon record yang berwarna merah
  5. Kemudian, setelah Anda memilih area layar yang direkam, maka Anda tinggal melalukan peremakan selama waktu yang Anda mau
  6. Selanjutnya, Jika Anda telah selesai merekam, Anda dapat mengklik icon Stop di kanan atas layar atau menekan Command-Control-Esc (Escape)
  7. Kemudian silakan Anda pilih file lalu klik simpan dan masukan nama file dan lokasi penyimpanan yang Anda inginkan

 

2. Menggunakan Kombinasi Tombol Shift + Command () + 5

 

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk merekam layar di laptop dan PC Anda yang berbasis Mac OS yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol Shift + Command () + 5.

 

Dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut, maka secara otomatis akan muncul pada layar laptop atau PC Anda, opsi perekaman layar. Dengan begitu, Anda dapat mengatur apakah Anda ingin merekam seluruh layar ataukah hanya sebagian layar saja. Selain itu, Anda juga dapat mengatur timer, Lokasi Penyimpanan, Opsi Mikrofon, Thumbnail, dan Opsi Klik mouse.

 

Adapun Jika Anda telah selesai merekam layar, Anda dapat menekan tombol pause atau menekan kombinasi tombol Command + Control + Esc (Escape).

 

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

 

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk merekam layar di laptop dan PC Anda yang berbasis Mac OS, yaitu dengan menggunakan Aplikasi pihak ketiga. Perlu Anda ketahui, untuk perangkat mac lama yang masih menggunakan MacOS jadul seperti Mountain lion, mavericks, yosemite, el capitan dsb, ada kemungkinan cara diatas tidak bisa dilakukan. Oleh sebab itu, sebagai solusi alternatif, Anda dapat menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk merekam layar laptop dan PC Anda. 


Aplikasi tersebut diantaranya:

 

  1. Camtasia
  2. Ice cream Screen Recorder
  3. OBS Studio
  4. Screen Flow
  5. Tinytake, dll

 

Akhir kata, itulah informasi terkait Cara Mudah Merekam Layar Laptop dan PC BerbasisMac OS yang dapat artikel kali ini bagikan

 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel