Cara Mengatasi Insecure Supaya Hidup Terarah Bukan Terserah

Halo, pembaca sekalian, gimana kabarnya? semoga kabarnya baik-baik saja, yaa. Namun, aku yakin dengan mengklik artikel ini pasti banyak diantara kalian yang lagi insecure sama diri sendiri. Jadinya, mood rusak, makan tidak selera, terus jadi sering nyalahin diri sendiri. Padahal, aku tahu banyak dari kamu yang pengen percaya diri dan tidak terbelenggu dalam insecurity

Cara Mengatasi Insecure Supaya Hidup Terarah Bukan Terserah

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-bersandar-di-dinding-236151/

Namun, untuk membangun kepercayaan diri tentunya kamu harus berkomitmen untuk menyayangi diri sendiri dan mensyukuri segala hal yang ada pada dirimu. Oleh sebab itu, kamu harus belajar bagaimana caranya mengatasi insecure agar hidupmu menjadi lebih terarah. Karena, kalau kamu tidak insecure, otomatis kamu akan lebih percaya diri dalam menunjukkan siapa kamu serta lebih fokus dalam menjalani kehidupanmu agar lebih terarah bukan terserah.

Apa itu Insecure?

Insecure adalah kondisi dimana kamu merasa tidak aman, kurang percaya diri, cemas bahkan ketakutan dan despresi.

Kenapa Insecure Bisa Muncul?

Bisa karena pengalaman buruk atau trauma di masa lalu, lingkungan yang sering beranggapan negatif tentangmu, atau ekspektasimu yang terlalu tinggi dan menginginkan kesempurnaan.

Apa Dampak Negatif Insecure?

Insecure bisa membuat kamu depresi, overthinking, terkena gangguan makan bahkan gangguan kesehatan mental. Bahaya banget, bukan?

Dari dampak negatif itu, pastinya kamu tidak mau kan terus menerus merasa insecure karena itu akan membuat aktivitasmu menjadi terhambat dan tidak terarah. Lantas, bagaimana cara mengatasi insecure? Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Insecure

1. Tanamkan Growth Mindset

Cara Mengatasi Insecure Supaya Hidup Terarah Bukan Terserah

Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berkemeja-merah-berpikir-ide-bagus-3779432/

Dilansir dari laman DoCheck, istilah growth mindset pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Carol S. Dweck. Seperti namanya, growth memiliki artian berkembang. Maka, growth mindset adalah pola pikir berkembang yang menginginkan proses terus bertumbuh. Selain itu, Growth mindset dapat meningkatkan kepercayaan diri juga, lhoo. Alih-alih merasa insecure, growth mindset membawamu pada perubahan untuk menjadi lebih baik dan tidak terlalu fokus pada kelemahan yang ada. Di samping itu, pola pikir ini dapat membuatmu menjadi lebih produktif dengan mengeksplor hal-hal yang bermanfaat. Bicara soal produktivitas, kamu bisa juga, kok memanfaatkan social to-do list app DoCheck yang bisa membantu kamu melihat beragam goals yang inspiratif untuk mengembangkan kemampuanmu supaya lebih produktif dan hidup pun menjadi lebih terarah.

2. Terapkan Self Improvement

Cara Mengatasi Insecure Supaya Hidup Terarah Bukan Terserah

Foto oleh Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-kantor-bekerja-8101404/

Self Improvement artinya meningkatkan kualitas diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu harus membuat tujuan realistis untuk menerapkan self improvement. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan aplikasi DoCheck dan membuat rangkaian to do list yang akan kamu lakukan sehingga eksekusimu semakin matang. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa insecure lagi karena kamu sudah yakin untuk meningkatkan kualitas diri kamu.

3. Lakukan Journaling

Cara Mengatasi Insecure Supaya Hidup Terarah Bukan Terserah

Foto oleh Jess Bailey Designs: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-memegang-stylus-putih-768472/

Journaling adalah menuliskan pikiran dan perasaan untuk memahaminya dengan lebih jelas. Journaling dapat kamu lakukan untuk mengatasi insecure dengan cara menuliskan pikiran dan perasaan kamu, lalu belajar untuk memahaminya. Bicara soal journaling, kamu bisa memanfaatkan aplikasi DoCheck. Disana, kamu bisa membuat to-do list untuk mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan setiap harinya lalu dan memantaunya. 

Penutup

Jadi, itu dia penjelasan mengenai Cara Mengatasi Insecure Supaya Hidup Terarah Bukan Terserah yang dapat artikel ini bagikan. Semoga setelah ini kamu bisa terus berprogress dan menjadi lebih baik. Akhir kata, terima kasih karena sudah membaca, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel