Tips Cara Kuliah Biaya Sendiri


Melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri bukanlah hal yang baru, ada begitu banyak contoh mahasiswa yang menyelesaikan kuliah dengan biaya sendiri dan tidak mengandalkan biaya dari orang tua mereka. Hal ini tidak selalu terjadi akibat kurangnya biaya saja. Namun, beberapa orang memang mengharapkan usaha dirinya sendiri untuk dapat menempuh jenjang kuliah secara mandiri, meskipun orang tuanya memiliki kemampuan keuangan yang cukup baik agar dapat belajar untuk dewasa dan mandiri. Akan tetapi, berbeda dengan sekolah, kuliah akan membutuhkan sejumlah dana yang jauh lebih besar. Oleh sebab itu, diperlukan usaha-usaha yang dapat mempermudah keinginan kita untuk berkuliah dengan biaya sendiri. Hal tersebut, diantaranya:

 

1. Harus memiliki penghasilan (Harus Bekerja)

 

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memiliki penghasilan yang tetap dari bekerja. Bekerja di sini tidak harus langsung mendapatkan posisi yang enak, tidak apa-apa jika kita harus memulai suatu pekerjaan dari posisi yang bawah dulu. Karena semuanya butuh proses, minimal kita memiliki pekerjaan terlebih dahulu, memiliki penghasilan terlebih dahulu, dan dapat membiayai kuliah kita tanpa harus meminta kepada orang tua.


Oh iya, sebagai referensi bagi Anda yang ingin mencari penghasilan selama berkuliah, Anda dapat membaca jenis-jenis pekerjaan freelance yang bisa Anda kerjakan selama berkuliah. Untuk selengkapnya, Anda dapat membacanya disini.

 

2. Memiliki sikap prihatin

 

Prihatin disini maksudnya, kita harus bisa menjaga gaya hidup kita sesederhana mungkin, kita harus mulai terbiasa untuk menjauhi gaya-gaya hidup berlebihan, menjauhi kebiasaan nongkrong, tidak melakukan hal yang sia-sia, dan menjauhi perilaku wasting money dan wasting time.

 

3. Jangan gampang malu


Maksudnya kita jangan bersikap malu untuk melakukan kegiatan-kegiatan selama itu adalah kegiatan positif. Kita harus berani melakukan apa aja asal dapat menambah penghasilan yang terpenting halal.

 

4. Selalu minta ridha dan doa dari orang tua


Karena ridha dan doa orang tua akan mempermudah dan memperlancar urusan kita.

 

5. Berani bersedekah


Dengan kita bersedekah, selain kita mendapatkan pahala, Allah akan menggantinya dengan rezeki yang berkali-kali lipat dan urusan kita pun akan dipermudah. Jadi, jangan pernah takut untuk bersedekah.

 

Itulah tips cara kuliah biaya sendiri. Akan tetapi, untuk mempersiapkan biaya kuliah sendiri,  Anda akan membutuhkan kerja keras dan juga upaya yang cukup besar. Namun, hal ini tentu akan sebanding dengan apa yang didapatkan nanti setelah lulus dan menjadi seorang sarjana. Modal terbesarnya adalah keinginan dan tekad yang kuat. Jangan pernah menyerah jika di tengah jalan Anda mengalami kesulitan. Carilah solusi atau alternatif lain yang dapat dilakukan agar Anda dapat lulus dari dunia perkuliahan. Pilih cara yang paling sesuai untuk mengatasi biaya kuliah ini sehingga dapat mengatasi permasalahan terkait kendala biaya. Semoga dapat membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel