Ingin Menghasilkan Uang Selama Berkuliah? Berikut 10 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa




Saat menjadi seorang mahasiswa, tentunya Anda pernah berpikir bagaimana caranya menghasilkan uang untuk membantu memenuhi kebutuhan kuliah ataupun kebutuhan sehari-hari tanpa mengganggu waktu berkuliah. Pikiran tersebut semakin hari semakin membuat Anda ingin mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri, selama berkuliah, kebutuhan Anda menjadi sangat meningkat. Sementara, jika hanya mengandalkan uang dari orang tua, Anda akan mengalami kesulitan untuk memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan tersebut. Terlebih untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak, seringkali rasa sungkan untuk meminta uang kepada orang tua menghampiri, karena malu akan usia yang telah menginjak dewasa. Oleh sebab itu, Anda akan berusaha mencari jenis pekerjaan yang tidak mengganggu waktu kuliah Anda. Namun, tetap menghasilkan uang yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda. Selain itu, bagi seorang mahasiswa itu sendiri, membeli sesuatu dengan uang dari hasil keringat sendiri tentu sangat memuaskan. Anda juga pastinya merasa bangga bisa memenuhi kebutuhan sendiri selama berkuliah tanpa hanya mengandalkan uang dari orangtua. Oleh sebab itu, pekerjaan freelance untuk mahasiswa dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Bekerja paruh waktu adalah pilihan yang paling tepat bagi Anda yang berkegiatan sebagai mahasiswa, karena tidak terpaku dengan waktu dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Karena ada banyak profesi sambilan yang tersedia, jadi mahasiswa dapat memilih sesuai bidang yang dikuasai.


10 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa


Perlu diingat, setiap mahasiswa, apapun jurusannya, mempunyai peluang untuk menjadi pekerja part-time di bidang tertentu tanpa mengganggu jadwal kuliah. Berikut 10 pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa.


1. Fotografer


Pekerjaan fotografer ini cukup popular di kalangan mahasiswa. Bukan tanpa alasan, jasa fotografer ini memang banyak dibutuhkan, terlebih saat ini semakin banyak media sosial yang menunjukkan momen-momen penting bagi pemiliknya. Oleh sebab itu, banyak platform media  sosial menyewa fotografer profesional karena tidak ingin hasil fotonya terlihat biasa saja. Mereka ingin foto-foto momen pentingnya terlihat sangat baik dan dapat menarik perhatian (eye catching). Jika Anda termasuk orang yang pandai mengambil foto, pekerjaan lepas ini perlu Anda ambil. Karena selain bekerja, Anda sekaligus dapat mengembangkan bakat untuk menjadi fotografer profesional. Peluang ini  cukup banyak, misalnya memotret menu-menu makanan, acara ulang tahun, acara keluarga, wedding , dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa membuka usaha sendiri, contohnya sebagai agen penyedia jasa fotografer. Tertarik mencoba?


2. Penulis Lepas / Content Writer


Bagi Anda mahasiswa yang mempunyai kemampuan menulis, apakah Anda sedang mencari pekerjaan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja? Maka, pekerjaan sebagai penulis lepas / Content writer dapat menjadi pilihan Anda. Dengan bermodalkan jaringan internet, Anda sudah dapat memulai pekerjaan ini. Dengan menjadi  menjadi penulis lepas / Content writer, Anda dapat mengisi konten artikel atau berita di portal atau media sosial. Selain bekerja, hal ini sekaligus untuk menambah wawasan. Karena dengan menjadi penulis secara tidak langsung Anda diharuskan membaca banyak referensi untuk dijadikan sebagai bahan tulisan.


3. Desainer Grafis


Bagi Anda mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang Desain Grafis, pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Saat ini, ada banyak perusahaan, baik milik pemerintah maupun swasta, yang membutuhkan jasa desainer grafis.  Profesi ini merupakan jenis pekerjaan seni yang hanya dikuasai oleh mereka yang berjiwa seni. Jika Anda adalah seorang seniman dan kuliah mengambil jurusan desain grafis, kerja sambilan sebagai perancang desainer layak dicoba. Tentu saja menjadi pekerja lepas tidak harus bekerja di tempat orang. Seorang mahasiswa jurusan desain grafis bisa membuka jasa desain sendiri, misalnya dengan membuka jasa pembuatan logo, website, spanduk, banner, kartu nama, dan lain-lain. Untuk mengawali usaha ini, Anda bisa melakukan promosi dengan membuat contoh desain untuk diupload di media sosial. Selamat mencoba!


4. Penerjemah


Bekerja sebagai penerjemah merupakan peluang bagi seorang mahasiswa yang menguasai bahasa asing untuk menjadi penerjemah paruh waktu. Anda dapat memulainya kepada teman-teman Anda, dengan menginformasikan bahwa Anda membuka jasa terjemahan untuk materi kuliah yang disadur dari bahasa asing. Selain itu, Anda juga dapat memulianya dengan menjadi seorang translator lepas. Dengan menjadi seorang penerjemah, ini merupakan kesempatan yang sangat menguntungkan. Selain untuk menghasilkan uang, hal ini sekaligus menambah pengetahuan. Sebab, menerjemahkan itu hakikatnya adalah proses belajar. Menarik bukan?


5. Guru Les / Tutor Bimbel


Bagi Anda mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis yang sangat baik, Anda dapat bekerja sebagai guru les / tutor bimbel. Untuk mahasiswa yang sudah di semester akhir bisa mengambil pekerjaan sambilan menjadi guru les (tutor) bagi mahasiswa yang masih di semester awal. Di beberapa kampus, pekerjaan part time ini umumnya tersedia. Jika Anda menguasai materi-materi perkuliahan yang dibutuhkan mahasiswa junior, pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa ini layak dicoba. Selain di kampus, untuk mahasiswa yang ingin kerja freelance juga bisa menjadi seorang tutor bagi anak-anak sekolah, dari SD hingga SMA.


6. Web Developer


Bagi Anda mahasiswa yang memiliki keahlian mengembangkan website, maka inilah pekerjaan yang cocok untuk Anda. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan untuk bidang ini pada berbagai situs freelance di Indonesia ataupun di luar negeri. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?


7. Android Developer


Selain web developer, kemampuan mengembangkan aplikasi berbasis android saat ini juga cukup banyak dicari oleh perusahaan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mempunyai skill mengembangkan aplikasi android, Anda bisa mencari pekerjaan freelancer di bidang tersebut dengan mudah.


8. Waiter


Saat ini ada banyak sekali dibuka kedai-kedai kopi (coffee shop) ataupun kedai makanan, café, dan restoran, dengan pengunjung yang ramai. Ini sekaligus peluang bagi seorang mahasiswa untuk bekerja sebagai pelayan (waiter) lepas di tempat tersebut. Pekerjaan sambilan untuk mahasiswa ini tidak akan mengganggu kuliah, karena jadwal masuk kerjanya bisa menyesuaikan jadwal kuliah.


9. Asisten Pribadi


Bagi Anda mahasiswa yang pintar, mempunyai jiwa supel dan menarik, hendaknya tidak menyia-nyiakan, jika ada peluang untuk mengembangkan karir di bidang administrasi ini. Yakni, bekerja paruh waktu sebagai asisten pribadi. Namun, yang perlu diperhatikan, tugas seorang asiten pribadi tergolong berat, karena tidak hanya mengurusi urusan bisnis melainkan juga urusan pribadi boss. Mengatur jadwal pertemuan, makan dengan  klien, hingga pesan tiket pesawat terbang adalah tugas seorang asisten pribadi. Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang asisten pribadi, Anda harus siap siaga selama 1 x 24 jam.


10. Pemandu Wisata


Bagi Anda seorang mahasiswa yang tinggal di daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi turis asing, ini dapat menjadi kesempatan untuk bekerja menjadi seorang pemandu wisata lepas. Menjadi part-time tour guide juga menjadi kebanggaan tersendiri karena kita dapat memperkenalkan keindahan daerahmu kepada wisatawan mancanegara. Menarik bukan?


Itulah informasi mengenai 10 pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel