17 Ide Bisnis di Masa Pandemi

Pandemi telah memberikan banyak kesulitan bagi bisnis di seluruh dunia. Dari menghancurkan proyek yang menjanjikan hingga membatalkan bisnis yang sedang berjalan, COVID-19 telah menyebabkan banyak kerugian di pasar bisnis. Akan tetapi, tetap saja, selalu ada pintu gerbang untuk ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan proyek bisnis di masa pandemi. 


COVID-19 telah mengubah cara hidup kita, bekerja, bermain, berinteraksi, dan tentu saja, cara kita berbisnis. Beberapa ide bisnis terbaik telah bergeser secara online, sementara ide bisnis menguntungkan lainnya telah menemukan cara mereka untuk menyesuaikan dengan gelombang jarak sosial yang baru.


Tapi pertanyaannya, bisnis apa yang bisa kita mulai? 


Meskipun COVID-19 cukup menyulitkan bisnis, ada beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan di masa pandemi. Dari bisnis kecil yang paling umum hingga ide bisnis online yang menguntungkan dan ide bisnis dari rumah.


Berikut ide bisnis rumahan yang menguntungkan, ide bisnis online kecil, dan banyak lagi untuk mendorong jiwa wirausahawan di dalam diri Anda. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut ide bisnis di masa pandemi terbaik yang bisa kita lakukan.


1. Kedai Kopi Seluler / Pop-Up


Kedai kopi seluler atau pop-up adalah kedai kopi yang dibuka di tempat sementara untuk jangka waktu terbatas. Dalam pandemi ketika jarak sosial adalah kuncinya, kedai kopi seluler/pop-up tidak hanya berguna, tetapi menyatukan orang-orang tanpa melanggar aturan jarak.


2. Konsultan kesehatan atau kesehatan mental online


Adakalanya orang takut untuk mengunjungi rumah sakit atau dokter, tidak peduli seberapa parah kondisi kesehatan mereka. Dan di situlah Anda dapat membantu dan memulai bisnis. Membuka pusat konsultasi kesehatan atau kesehatan mental online adalah salah satu ide bisnis pandemi terbaik. Anda akan bekerja sebagai perantara, menghubungkan dokter dengan pasien secara online dan mengambil keputusan yang jujur. Meluncurkan pusat konsultasi kesehatan atau mental online adalah salah satu bisnis terbaik yang dapat Anda lakukan dari rumah.


3. Jasa Akuntansi


Karena bisnis fisik bergeser secara online, banyak bisnis mencari jasa akuntansi. Dan begitu Anda merasa nyaman dengan pekerjaan itu, Anda dapat mulai memilih proyek dan mengalihdayakannya ke orang lain.


4. Pengembang aplikasi


Pengembang aplikasi diperlukan untuk membuat aplikasi bisnis yang dibutuhkan dan membuat bisnis mereka berjuang di masa-masa sulit saat pandemi. Sebagai contoh permintaan untuk aplikasi olahraga dan kesehatan yang meroket kebutuhannya dalam masa pandemi. 


5. Perusahaan paket


Anda dapat memulai perusahaan paket Anda sendiri! Begini caranya. Pertama, siapkan ide paket berlangganan yang fantastis. Kemudian, hargai ide berlangganan Anda. Setelah itu, kumpulkan prototipe dan mulai fase pra-peluncuran Anda. Kemudian, buat situs web Anda, mulai menerima pesanan dan mulai mengirimkan pesanan. 


6. Layanan Kebersihan Rumah


Sebagai contoh layanan pembersihan rumah. Anda akan memerlukan beberapa peralatan, tenaga kerja, dan rencana layanan pembersihan rata-rata untuk meluncurkan bisnis Anda dalam waktu singkat. Pastikan bisnis pandemi Anda menjanjikan layanan pembersihan terbaik dan pengiriman.


7. Layanan pembersihan komersial


Layanan kebersihan komersial menjadi salah satu yang paling diminati selama pandemi. Restoran, kantor, industri, fasilitas medis, bisnis yang menghadap publik, dll semuanya membutuhkan layanan pembersihan komersial untuk mencegah penyebaran virus. Karena semakin banyak bisnis dibuka di seluruh dunia, bisnis layanan kebersihan komersial berubah menjadi ide bisnis paling menguntungkan di masa pandemi. Selain itu, permintaan untuk layanan pembersihan komersial tidak akan turun dalam waktu dekat.


8. Konsultan Bisnis


Anda hanya perlu membuat situs web, memasarkan ide bisnis, dan bersiap untuk menyesuaikan diri di dunia online. Sebagai individu, Anda akan membantu bisnis lain dan orang-orang yang mampu dan berjuang dalam bisnis di masa pandemi tanpa harus keluar rumah.


9. Kelas kuliner


Bisinis ini terlebih dahulu dimulai dari yang kecil. Misalnya, adakan kelas memasak online yang terjangkau di platform seperti Skype, Zoom, dll. Kemudian, cari umpan balik dari audiens, dan jika semuanya berjalan dengan baik, Anda dapat memperluas bisnis dengan mengajari orang memasak secara langsung. Dan begitu pandemi ini usai, Anda dapat mengubah kelas kuliner online Anda menjadi kelas tatap muka.


10. Agen pemasaran digital


Setelah pandemi, orang menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat pintar mereka daripada sebelumnya. Dan itulah mengapa perusahaan berharap untuk mempekerjakan agen pemasaran digital untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin.


11. Bisnis dropship


Dropshipping adalah salah satu ide bisnis baru terbaik di masa pandemi. Pada dasarnya, toko dengan model dropshipping tidak menyimpan produk. Tapi membeli barang dari pihak ketiga dan mengirim langsung ke pelanggan. Dan bisnis pengiriman drop tidak mengharuskan seseorang untuk keluar dari rumah mereka.


12. Bisnis pembuatan obat


Bisnis pembuatan obat adalah salah satu ide bisnis pandemi sederhana yang bisa kita pikirkan di masa pandemi. Karena kesehatan menjadi hal yang lebih diprioritaskan di masa pandemi.


13. Usaha pembuatan masker dan hand sanitizer


Pandemi COVID-19 diperkirakan tidak akan hilang dalam waktu dekat. Dan itulah salah satu alasan mengapa Anda harus memulai bisnis pembuatan masker wajah dan hand sanitizer. Lihatlah ke sekeliling, bahkan perusahaan yang tidak berada di departemen kesehatan dan kebersihan sudah mulai memproduksi masker wajah dan hand sanitizer.


14. Program kebugaran dan kesehatan


Sudah lebih dari satu tahun sejak orang-orang berada di rumah, bahkan sebagian besar telah kehilangan motivasi dan kemauan untuk tetap fit dan sehat. Jika Anda memiliki latar belakang di bidang kesehatan, olahraga, dan kebugaran, mulailah menyiapkan program kebugaran dan kesehatan online yang dapat diikuti orang melalui Zoom, Skype, dll. Jika Anda kurang percaya diri dengan video, buatlah blog dan bagikan rutinitas, tips & trik kesehatan, dan segala sesuatu di antaranya untuk menjaga orang tetap bugar dan sehat di tengah pandemi COVID-19.


15. Layanan Pengiriman Makanan dan Minuman


Salah satu ide bisnis pandemi terbaik adalah memulai layanan pesan antar makanan dan minuman yang menawarkan produk unik kepada pelanggan yang tidak tersedia di tempat lain.


16. Perusahaan desain grafis


Bisnis dan perusahaan selalu berusaha mempekerjakan desainer grafis papan atas. Jika Anda memiliki latar belakang grafis, Anda dapat dengan mudah meluncurkan perusahaan desain dan menyewa beberapa desainer grafis terkemuka, membuat merek dan kemudian memasarkan layanan Anda di world wide web.


17. Toko / Pasar Kelontong Online


Dikarenakan orang tidak bisa keluar dan berbelanja bahan makanan dan barang-barang lainnya secara lebih bebas, maka anda memiliki kesempatan untuk membuka bisnis toko/pasar online. Meskipun tidak akan menjadi bisnis awal yang mudah, ini adalah salah satu ide bisnis rumahan yang menguntungkan di masa pandemi.


Dan itu adalah beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan di masa pandemi, semoga dapat membantu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel