7 Tips Mengelola Keuangan di Masa Pandemi



7 Tips Mengelola Keuangan di Masa Pandemi


Seiring dengan memburuknya kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19, masyarakat juga semakin terpuruk dalam ketidakpastian kondisi selama pandemi. Perekonomian menjadi melemah dan kebutuhan masyarakat terus meningkat. Terlebih, saat ini mobilitas dan aktivitas masyarakat menjadi sangat terbatas dan  memunculkan banyak kekhawatiran publik, baik dari segi kesehatan, pekerjaan, pendidikan, aktivitas, dan bahkan mengenai bagaimana cara mereka mengelola keuangan masing-masing di masa sulit saat ini. Oleh sebab itu, tentunya semua orang harus mulai bijak dalam mengelola keuangan di masa pandemi.  Berikut adalah tips mengelola keuangan di masa pandemi.


1. Buatlah rincian anggaran keuangan


Membuat rincian anggaran keuangan adalah cara yang bijak bagi masyarakat untuk mengelola keuangan di masa pandemi. Dengan adanya rincian anggaran keuangan, masyarakat dapat belajar untuk lebih membatasi pengeluaran. Tujuannya adalah mengetahui seberapa besar pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan, juga berguna untuk memantau besaran pemasukan dan pengeluaran agar lebih bijak dalam membuat prioritas, sehingga keuangan akan menjadi lebih terkontrol.


2. Siapkan dana darurat untuk kebutuhan yang tidak terduga


Dalam situasi pandemi saat ini, masyarakat dihadapkan pada situasi yang tidak menentu. Oleh sebab itu, masyarakat harus lebih tanggap dan menyiapkan dana untuk pengeluaran tidak terduga. Hal ini dapat dilakukan dengan menyisihkan secara rutin dalam bentuk investasi jangka pendek yang mudah dicairkan kapanpun dana tersebut dibutuhkan.


3. Membatasi jumlah pengeluaran


Dalam situasi pandemi saat ini, kita harus bijak dalam mengelola keuangan. Jangan sampai kita mengeluarkan uang kita untuk hal yang kurang bermanfaat dan dirasa kurang penting. Pengeluaran yang tidak terlalu penting sebaiknya dialokasikan untuk pengeluaran esensial seperti kebutuhan pokok dan kesehatan atau bisa juga ditabung.


4. Hindari berutang terutama dengan bunga tinggi


Dalam kondisi pandemi, seringkali masyarakat menghadapi inkonsistensi jumlah pendapatan. Akan tetapi, menghutang terutama dengan jumlah bunga yang tinggi bukanlah jawaban yang tepat untuk keluar dari jeratan permasalahan perekonomian. Justru dengan menghutang, beban dalam perekonomian Anda menjadi lebih berat. Oleh sebab itu, daripada menghutang, Anda harus memperhitungkan rencana anggaran sebelumnya agar tidak kebingungan dalam mengelola keuangan.


5. Proteksi diri dengan asuransi


Dampak dari pandemi Covid-19 tidak dapat lagi dianggap remeh. Pandemi ini telah memukul banyak sektor perekonomian dan menimbulkan kekhawatiran akan kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memproteksi diri dengan asuransi agar senantiasa terlindungi dan terhindar dari dampak pandemi yang tidak diinginkan.


6. Tetaplah menabung dan berinvestasi sekalipun dalam kondisi pandemi


Walaupun pada kondisi pandemi, kita tetap harus lebih bijak dalam mengatur keuangan. Namun, kita juga tidak boleh lupa tujuan keuangan kita di masa depan. Jadi tetaplah menyisihkan dana untuk menabung dan berinvestasi secara rutin.


7. Berusaha menambah pendapatan dari sumber lain


Karena adanya inkonsistensi pendapatan masyarakat selama masa pandemi, maka masyarakat harus mulai berpikir untuk menambah pendapatan dari sumber lain. Sebagai contoh, dengan semakin diminatinya dunia digital oleh masyarakat, maka Anda dapat mulai merambah dunia digital untuk berbisnis atau menekuni bidang lainnya di dalam dunia digital untuk menambah penghasilan.


Itulah uraian tips mengelola keuangan di masa pandemi.


Semoga membantu.


Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel