Mengapa HP Android Anda Semakin Lama Dipakai Semakin Lemot? Berikut Penjelasannya

Sebagai pengguna handphone (HP) Android, Anda pastinya pernah merasakan ponsel Anda menjadi semakin lemot setelah pemakaian dalam waktu lama. Memang tidak dapat dipungkiri, usia HP Android yang semakin tua, memang akan menurunkan performansi HP. Hal tersebut dapat ditandai dengan semakin lemotnya HP Anda dalam memberikan respon ketika mulai dinyalakan, hingga beberapa menu atau aplikasi yang sulit dijalankan.


Hp yang mulai lemot sebenarnya disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya, yakni fragmentasi yang terjadi pada memori atau media penyimpanan pada HP Anda. Memang tidak dapat disangkal, Anda pastinya banyak melakukan aktivitas lewat HP pintar. Ragam aktivitas seperti bermain media sosial, berkirim surat elektronik, menonton video atau film, hingga bermain game merupakan aktivitas yang sering dilakukan lewat HP Android.


Namun, tanpa disadari, semakin lama penggunaan dan kesibukan HP, maka akan memenuhi media penyimpanan yang ada di ponsel sekaligus membuat HP Anda semakin lemot. Selain itu, beberapa aplikasi popular seperti Facebook, Whatsapp, Instagram menjalankan layanannya di 'background' meskipun ponsel tidak sedang digunakan. Terlebih, ribuan perintah operasi terjadi setiap hari pada satu HP Android. Jika proses tersebut tidak terlaksana dengan baik, maka akan menimbulkan fragmentasi yang membuat HP Anda menjadi lemot. Fragmentasi tersebut dapat timbul karena banyak faktor, mulai dari faktor level kernel, sistem file, hingga ke lapisan penerjemah kilat (FTL) dari memori tersebut sehingga diperlukan tes untuk menentukan penyebab sebenarnya dari fragmentasi tersebut.


Penyebab Lain HP Android Lemot adalah karena Anda mengunduh terlalu banyak fitur atau aplikasi, bahkan Anda tentu akan mengunduh lebih banyak aplikasi seiring bertambahnya kebutuhan pada penggunaan ponsel Anda. Dari beberapa aplikasi yang diunduh kemungkinan ada aplikasi yang akan langsung terbuka saat ponsel Anda dinyalakan dan bekerja di 'background'. Terlebih jika Anda mengunduh banyak aplikasi yang bekerja di 'background', tentunya ini akan membebani CPU, memakan RAM, dan memperlambat HP Anda.


Selain itu, penggunaan live wallpaper atau fitur widgets dalam jumlah besar di layar beranda juga akan membebani CPU, kartu grafis, dan memori Anda, bahkan membuat media penyimpanan menjadi penuh sehingga sistem operasi bekerja sangat lambat dalam menuliskan perintah pada sistem file. Selain itu, file cache juga cukup mengonsumsi media penyimpanan jika dibiarkan terus menerus. Oleh sebab itu, membersihkannya secara rutin akan mengurangi penggunaan memori dari ponsel.


Untuk melakukan cek terhadap media penyimpanan dan memori yang sudah terpakai, Anda hanya perlu membuka bagian pengaturan, dan mulai membersihkan file yang tidak perlu atau cache yang memberatkan performansi HP.


Berikut tips agar ponsel Android Anda tidak lemot


  1. Pastikan media penyimpanan tidak penuh
  2. Kurangi penggunaan aplikasi yang berat
  3. Jika hal di atas tidak berhasil, lakukan 'Factory Reset'


Itulah penjelasan lengkap mengapa HP Android Anda semakin lemot ketika semakin lama digunakan, juga tips agar HP Android Anda tidak lemot.


Sebagai bahan referensi, jika HP Anda telah lawas dan Anda kebingungan untuk mengatasi performa HP yang lemot, Anda dapat mencari tahu solusinya disini.


Semoga dapat membantu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel