Tips Memiilih Spesifikasi Komputer yang Sangat Dibutuhkan Anak Desain Grafis

Apakah Anda seorang mahasiswa jurusan Desain grafis? Ataukah sudah bekerja menjadi seorang desainer grafis? Tentu ada banyak hal yang Anda lakukan untuk menggeluti bidang tersebut. Dimulai dari ide sampai peralatan. Anda dituntut untuk menjadi seorang desainer yang memiliki ragam ide kretif dan unik, tetapi juga harus mampu menuangkan ide tersebut dalam bentuk desain.


Oleh sebab itu, para desainer grafis pasti membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang keperluan desain grafis. Karena sebuah ide terkait mendesain sesuatu akan bisa disampaikan dengan baik, jika para ahli desain grafis tersebut mampu menuangkan ide mereka dalam desain yang baik pula. Bekerja menjadi seorang desainer grafis membuat Anda semakin jeli dalam memilih komputer. 


Ibaratnya komputer sebagai kendaraan dalam melakukan desain logo, desain font dan ragam desain lainnya. Bila aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain grafis hanya aplikasi coreldraw, maka tidak apa memilih komputer standar. Namun, akan beda cerita jika Anda hendak memakai aplikasi yang jauh lebih bagus, Anda pun harus melihat spesifikasi komputer desain grafis dan baru membelinya.


Sebagai seorang desain grafis yang profesional tentunya sangat penting bagi Anda dalam menentukan spesifikasi komputer desain grafis. Penentuan spesifikasi dilakukan agar saat bekerja komputer tidak lemot dan mampu beroperasi dengan baik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa aplikasi desain grafis akan banyak memakan memori di dalam komputer padahal melakukan desain grafis sepenuhnya dilakukan dengan menggunakan komputer. 


Bila Anda melihat beberapa aplikasi desain grafis seperti Adobe Flash, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Premiere, 3Ds Max, AutoCAD, Inkscape dan GIMP yang semua aplikasinya hanya bisa dibuka melalui komputer atau PC, Anda harus memperhatikan komputer yang terbaik dalam keperluan editing desain grafis.


Pada saat ini, komputer yang ada di toko memiliki banyak sekali jenisnya. Tentu saja hal ini membuat Anda kesulitan, karena bingung sekali menemukan komputer dengan spesifikasi yang sesuai dengan pekerjaan desain grafis. Bila itu permasalahan Anda, artikel ini akan membahas tuntas solusi untuk permasalahan Anda


Berikut pembahasan mengenai spesifikasi komputer untuk desain grafis. 4 Spesifikasi Komputer yang Sangat Dibutuhkan Anak Desain Grafis.


Tips Memiilih Spesifikasi Komputer yang Sangat Dibutuhkan Anak Desain Grafis


Tips Memiilih Spesifikasi Komputer yang Sangat Dibutuhkan Anak Desain Grafis

1. Komputer yang Dipilih Harus Sudah Memiliki Sistem Operasi 64 bit

Sistem 64 bit dapat digunakan untuk penggunaan hingga lebih dari 4 GB RAM. Perangkat dengan teknologi prosesor 64 bit tentunya memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor 32 bit. Sebab, prosesor 64 bit merupakan versi baru yang telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. 


Selain itu, prosesor 64 bit juga mampu menyimpan lebih banyak nilai komputasi, yang berarti mampu mengakses empat miliar kali lebih banyak memori daripada prosesor 32 bit. Perangkat dengan sistem operasi 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan sedikit kemungkinan munculnya masalah. 


Mengapa harus menggunakan sistem operasi 64 bit? Karena pada komputer kebanyakan memiliki software editing yang paling modern ditujukan untuk komputer dengan platforms windows. Melihat hal tersebut maka Anda harus memasang sistem operasi yang sesuai dengan windows 8.1 dengan 64 bit. Anda juga bisa memilih windows 10 64 bit. 


Spesifikasi komputer desain grafis tentunya berada di beberapa komputer mahal, bila terlalu mahal maka Anda bisa memilih pemasangan sistem operasi Linux saja yang versinya 64 bit. Menggunakan sistem operasi tersebut sudah dapat memudahkan pekerjaan Anda menjadi desainer grafis profesional.


2. Komputer yang Digunakan Haruslah Komputer dengan RAM Minimal 8 GB

Spesifikasi komputer desain grafis yang sangat penting yaitu RAM. RAM adalah suatu hardware yang ada di dalam komputer sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. RAM kepanjangan dari Random Acces Memory. 


Seorang desainer grafis harus memilih komputer dengan RAM minimal 8 GB. Jenis RAM yang digunakan juga harus paling terbaru dan tidak boleh keluaran lama. Semakin banyak kapasitas RAM, maka proses mendesain dan editing Anda semakin cepat. 


3. Komputer yang Dipilih Harus Mempunyai CPU 4 Core / Threads Atau Lebih

Core adalah unit fisik milik sebuah prosesor yang bertanggungjawab menjalankan berbagai instruksi dan komputasi. Prosesor modern masa kini biasanya memiliki lebih dari satu core sehingga perintah-perintah bisa berjalan secara paralel. 


Sebenarnya CPU atau prosesor yang digunakan untuk desain grafis harus memiliki lebih dari 4 core / threads. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan terjadinya kendala yang tidak diinginkan saat bekerja seperti delay, crash dan lag. 


Semua kendala tersebut dapat menghambat pekerjaan sehingga tidak cepat selesai. Semakin banyak jumlah dari core / threads maka kinerja aplikasi desain grafis akan semakin cepat. Pekerjaan menjadi lebih mudah dan sangat efisien waktu.


4. Komputer yang Digunakan Haruslah Memiliki Penyimpanan Media Minimal Kapasitas 1 TB

Kata tera berasal dari kata Yunani yang berarti monster. Terabyte memiliki nilai satu triliun byte atau 10 pangkat 12 byte. Lebih tepatnya 1 TB dapat didefinisikan sebagai 1.024 GB atau setara dengan 1.099.511.627.776 byte. 


Untuk Anda seorang desainer grafis, minimal media penyimpanan yang berada di dalam komputer harus memiliki kapasitas 1 TB. Sebagai seorang desainer grafis tentunya anda membutuhkan ruang penyimpanan media yang cukup besar. 


Kapasitas tersebut sudah tergolong mampu menampung penyimpanan apapun. Besarnya ruang penyimpanan komputer dapat membuat kinerja PC menjadi meningkat. 


Itulah informasi mengenai 4 Spesifikasi Komputer yang Sangat Dibutuhkan Anak Desain Grafis.

Semoga informasi ini dapat membantu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel