Tips Mencegah serta Menghapus Virus dan Malware pada Android

Virus adalah perangkat lunak yang menyebar di dalam sebuah sistem dan mengganggu penggunaannya. Virus tidak ditujukan untuk mencuri data atau menganalisa penggunaan data. Virus yang menyerang ponsel adalah sejenis virus yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya. Adapun Malware adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan memasuki dan terkadang merusak sistem pada ponsel, jaringan, atau server tanpa diketahui oleh pemiliknya. 

Tips Mencegah serta Menghapus Virus dan Malware pada Android

Istilah malware diambil dari gabungan potongan dua kata yaitu malicious “berniat jahat” dan software “perangkat lunak”. Tujuannya tentu untuk merusak atau mencuri data dari perangkat yang dimasuki. Virus dan malware saat ini tidak hanya menyerang perangkat komputer saja. Pasalnya, perangkat mobile seperti handphone juga mulai banyak diserang oleh parasit ini. Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang banyak menjadi target serangan dari virus dan malware tersebut.


Oleh sebab itu, jika Anda memiliki perangkat Android, Anda harus mengetahui ciri-ciri perangkat yang terinfeksi virus dan malware, juga bagaimana cara mencegah serta menghapus virus dan malware pada Android. 


Tips Mencegah serta Menghapus Virus dan Malware pada Android

Berikut Ciri-Ciri Perangkat Android yang Terserang Virus dan Malware.

  1. Pemakaian data internet yang berlebihan.
  2. Performa menjadi lambat. 
  3. Baterai cepat habis. 
  4. Sering terputus ketika sedang menelepon.


Setelah mengetahui ciri-ciri perangkat Android yang terserang virus dan malware, Anda harus segera menghapus virus dan malware tersebut, jika perangkat Android Anda terdeteksi terkena virus dan malware.


Berikut Cara Menghapus Virus dan Malware dari Perangkat Android

1. Gunakan Aplikasi 360 Security

Aplikasi 360 Security adalah Alat pemacu kecepatan terbaik dengan mobile keamanan. Perangkat lunak ini merupakan keamanan ponsel terlengkap yang paling dipercaya di seluruh dunia, dengan jumlah 200 juta pengguna. 360 Security merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis yang terdapat di PlayStore. Dalam aplikasinya, 360 Security ini diklaim mampu untuk membersihkan virus-virus yang bersarang di HP Anda. Selain itu, 360 Security juga diklaim dapat mencegah munculnya virus dengan melakukan scanning.


Aplikasi 360 Security memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  1. Pembersih yang teliti
  2. Pengoptimal yang Cepat
  3. Mesin Antivirus Terkemuka
  4. Penghemat daya yang Pintar
  5. Pengunci Privasi & Aplikasi
  6. Pengelola Aplikasi yang Ramah-Pengguna
  7. Layanan anti-pencurian yang Terpercaya


2. Gunakan AVG AntiVirus

AVG AntiVirus bukan hanya sekedar aplikasi Antivirus yang bisa digunakan di PC / Laptop saja. AVG AntiVirus kini hadir sebagai salah satu aplikasi Antivirus untuk HP Android. Untuk memproteksi perangkat berbasis Android dari acaman virus dan malware, Anda dapat menggunakan AVG sebagai salah satu pilihan aplikasi Antivirus. Menariknya lagi, antivirus AVG ini juga dibekali dengan fitur yang memiliki kemampuan untuk mempercepat kecepatan WiFi. AVG dikatakan sebagai salah satu antivirus terbaik untuk Android. 


Pasalnya AVG adalah antivirus pertama di Google Play yang berhasil memecahkan rekor 100 juta unduhan. Setelah diinstall pada perangkat berbasis Android, AVG akan melindungi perangkat Android Anda dari malware, spyware terbaru, panggilan yang tidak diinginkan, aplikasi dan pengaturan yang tidak aman, dan ancaman-ancaman berbahaya lainnya. Aplikasi ini juga bisa Anda download secara gratis.


3. Gunakan Avast Mobile Security

Selain AVG dan 360 Security, Anda juga bisa menggunakan Avast Mobile Security sebagai salah satu pilihan aplikasi AntiVirus yang tepat untuk HP Android Anda. Jika Anda ingin mendownload aplikasi antivirus hp android yang ringan dan memiliki fitur yang lengkap, maka Anda bisa memilih Aplikasi Avast Mobile Security yang dapat memberikan perlindungan anti malware gratis untuk melindungi data privasi aNDA. 5 fungsi utama Avast Mobile Security untuk Android, yaitu; memblokir ancaman, melindungi privasi, mengamankan dari jarak jauh, meningkatkan kinerja, dan mendapatkan informasi.


4. Gunakan Clean Master

CleanMaster adalah salah satu alat pembersih dan pengoptimal sistem terpopular untuk Android yang dilengkapi berbagai fitur mulai dari kontrol notifikasi aplikasi media sosial sampai pembersih khusus WhatsApp. Aplikasi Clean Master yang sudah diunduh oleh lebih dari 24 juta kali di Android ini juga menyuguhkan layanan untuk melindungi HP Android Anda dari virus. Dalam aplikasinya, pengguna Clean Master akan dimudahkan dalam mencegah, melindungi, dan juga membersihkan virus di HP Android. 


5. Gunakan Security Master

Security Master ini merupakan generasi terbaru dari CM Security yang merupakan aplikasi keamanan pribadi dan antivirus popular yang telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store. Security Master telah diluncurkan di seluruh dunia dan dapat diunduh gratis bagi pengguna Android. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa menyelamatkan HP Androidnya dari serangan virus-virus. Selain itu, Security Master cukup mudah dan sangat simpel untuk digunakan oleh siapapun.


Namun, selain dari menggunakan aplikasi untuk menghapus virus, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah perangkat Android Anda dari serangan virus dan malware


Berikut Cara Mencegah Virus dan Malware Android

  1. Baca review aplikasi
  2. Periksa pembuatnya
  3. Hati-hati terhadap aplikasi market pihak ketiga
  4. Jangan sembarangan memberikan akses Superuser
  5. Lakukan scanning virus dan malware secara reguler


Itulah informasi terkait tips mencegah serta menghapus virus dan malware pada Android.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel