Tips Merawat HP Android agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Untuk mengikuti perkembangan zaman, orang-orang mulai beranjak menuju era digitalisasi dimana pemanfaatan teknologi pun semakain massif digunakan. Tak terkecuali teknologi komunikasi seperti Handphone yang sudah mengalami banyak peningkatan seiring perkembangan teknologi. Sampai saat ini,  barang digital yang mayoritas digunakan oleh kebanyakan orang tentu saja Handphone. Handphone atau biasa kita sebut dengan HP memiliki fungsi yang luar biasa besar bagi kita pada era digitalisasi ini. 


Ibaratnya, hidup tanpa Handphone bagaikan sayur tanpa garam. Terlebih generasi milenial jika tanpa menggunakan HP sehari saja maka sudah pasti terasa hambar kehidupannya. Jika HP  dirasa penting di kehidupan Anda, maka Anda wajib merawat dan menjaganya dengan baik. Hal itu agar HP selalu awet dan Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama.Berikut tips merawat HP Android agar awet dan tidak cepat rusak.


Tips Merawat HP Android agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat HP Android agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

1. Gunakan Charger yang Original

Tips pertama adalah gunakan charger yang original. Menggunakan charger yang original dapat menjaga umur baterai ponsel menjadi jauh lebih tahan lama. Charger original ketika dipasarkan sudah pasti telah lolos pemeriksaan ketat standar pabrik. Meskipun harga yang dibanderol cukup mahal, charger original terbukti dapat memperpanjang usia pakai baterai. 


Selain itu, kualitas baterai juga dapat tetap terjaga.  Sebaliknya, jika menggunakan charger yang tidak original dengan standard kualitas HP, ketidaksesuaian itulah yang akan mengakibatkan HP Anda cepat rusak. Adapun penggunaan power bank dalam pengisian daya juga tidak disarankan. Karena, jika terlalu sering, panas yang ditimbulkan juga dapat mengakibatkan HP Anda cepat rusak.


2. Selalu Rutin Membersihkan HP dari Debu

Tips kedua adalah selalu rutin membersihkan HP dari debu. Penggunaan HP yang fleksibel membuat Anda sering membawanya ketika bepergian dari rumah. Hal ini jelas membuat HP Anda rentan sekali terkena debu. Pasalnya, debu yang mengendap terlalu lama di HP akan mengakibatkan perangkat HP Anda menjadi cepat panas. Jadi, setelah digunakan keluar rumah Anda harus rutin membersihkannya. Untuk alat pembersihnya sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan jenis lap apapun. Namun, jika menginginkan hasil pembersihan yang lebih optimal, gunakanlah lap microfiber atau lap kacamata.


3. Hindarilah Penggunaan HP di Tempat yang Panas

Tips ketiga adalah hindarilah penggunaan HP di tempat yang panas. Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. HP memiliki perangkat yang sangat sensitif jika digunakan di suhu tinggi. Suhu normal pada penggunaan HP berkisar 16 hingga 30 derajat celcius saja. Jadi, jika Anda pergi keluar rumah, simpanlah HP di tempat yang sejuk dan aman, contohnya dengan menyimpan HP di dalam tas.


4. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Tips keempat adalah mengisi daya sesuai kebutuhan. Banyak yang mengira mengisi daya HP 100 persen akan membuatnya menjadi lebih awet. Namun, itu semua salah, karena baterai ponsel sendiri berbahan dari lithium-ion (Li-on) yang kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi. Perlu Anda ketahui juga lapisan lithium metalik baterai jika terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai HP menjadi tidak stabil. Disarankan melakukan pengisian daya di rentang angka 30-80 persen agar voltase baterai tetap rendah sehingga membuat baterai HP menjadi lebih awet tahan lama.


5. Jangan Bermain Games saat sedang Mengisi Daya HP

Tips kelima adalah jangan bermain games saat sedang mengisi daya HP. Bermain games adalah kebiasaan mayoritas anak zaman sekarang. Tidak heran jika anak muda zaman sekarang menggunakan HP sampai lupa waktu dan terkadang tanpa henti. Saat pengisian daya pun mereka tetap bermain games. 


Bagi Anda yang hingga detik ini masih menganggap bahwa bermain game, menelepon, mendengarkan musik, ataupun menonton film di HP dalam kondisi dicas itu aman-aman saja, maka Anda bisa menyimak beberapa hal yang memungkinkan terjadi jika hal itu dilakukan. Hal tersebut, diantaranya:

  1. Baterai akan makin panas
  2. Proses pengisian baterai menjadi lebih lama
  3. Baterai cepat menggelembung dan rusak
  4. Masalah Malsistem
  5. Potensi konsleting dan terbakar


6. Gunakan Screen Protector agar Layar HP Anda Aman

Tips keenam adalah menggunakan screen protector agar layar HP aman. Anda kadang tidak hati-hati ketika menggunakan HP. Sampai-sampai HP jatuh ke lantai atau media yang bertekstur keras lainnya. Maka dari itu, Anda harus melindungi layar LCD HP dengan screen protector yang berkualitas. Ini akan membantu melindungi HP Anda dari benturan keras. Selain itu, penggunaan screen protector juga dinilai aman dari benda-benda yang tajam. Jadi, ketika HP Anda jatuh atau terkena benda tajam, hal tersebut hanya akan menimbulkan goresan-goresan kecil saja.


7. Gunakan Antivirus

Tips ketujuh adalah gunakan Antivirus. Sistem perangkat HP Android sangat rentan terkena virus. Virus tersebut bisa datang dalam bentuk spam aplikasi seperti pesan teks ataupun lampiran email. Jadi, Anda harus membersihkan sistem perangkat HP dengan antivirus minimal tiga hari sekali. Bagi Anda yang ingin mencari referensi tambahan mengenai cara menghapus virus dan malware pada HP Android Anda, Anda dapat mencari tahu disini.


8. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Tips selanjtunya adalah hapus aplikasi yang tidak penitng. HP Anda pasti sering mengalami slow respons saat membuka ataupun menutup aplikasi. Ini disebabkan karena adanya beberapa aplikasi yang memakan RAM cukup besar. Oleh sebab itu, Anda harus menghapus aplikasi yang kira-kira tidak penting dan membuat performa HP menurun.


Itulah tips merawat HP Android agar awet dan tidak cepat rusak.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel