Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android -- WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone yang sangat popular digunakan. Jika dilihat dari fungsinya, WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda gunakan di ponsel lama. Namun, WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, di aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet Anda memadai. Meskipun merupakan aplikasi pesan instan, ada salah satu hal yang unik dari aplikasi WhatsApp. Jadi, sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan. 

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Bagi Anda para pengguna WhatsApp, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai salah satu fitur baru WhatsApp yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Yap! WhatsApp baru saja merilis fitur transfer chat dari iOS ke Android. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda selaku pengguna untuk memindahkan riwayat chat dari iPhone ke Android tanpa takut kehilangan data.


WhatsApp menyebutkan bahwa fitur ini bisa digunakan untuk memindahkan data seperti informasi akun, foto profil, chat individual, chat grup, riwayat chat, media (foto, video, pesan audio), dan pengaturan. Untuk saat ini, Fitur transfer chat ini baru tersedia untuk ponsel Samsung yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi. WhatsApp menyebutkan bahwa fitur ini akan digulirkan ke lebih banyak ponsel Android dalam waktu dekat.


Selain itu, WhatsApp turut merilis cara memindahkan data WhatsApp dari iPhone ke Android karena prosesnya memang cukup teknis. Namun, sebelum memindahkan chat dari iPhone ke Android, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:


  1. Perangkat Samsung baru harus memiliki aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 atau yang lebih tinggi
  2. Perangkat iPhone lama harus menjalankan aplikasi WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau yang lebih tinggi
  3. Perangkat Samsung baru harus menjalankan aplikasi WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau yang lebih tinggi
  4. Kabel USB-C ke Lightning (bisa dihubungkan ke adaptor yang setara)
  5. Perangkat baru harus memiliki nomor telepon yang sama seperti perangkat lama
  6. Perangkat Android baru harus baru dari pabrik atau dikembalikan ke pengaturan pabrik (factory reset)


Setelah semua ketentuan di atas telah dipenuhi, maka Anda dapat langsung memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Android. Berikut ini langkah-langkahnya:


  1. Nyalakan ponsel Samsung dan hubungkan dengan iPhone menggunakan kabel USB-C ke Lightning ketika diminta.
  2. Buka aplikasi Samsung Smart Switch dan ikuti petunjuk di layar.
  3. Ketika diminta, scan QR code yang ditampilkan di layar ponsel Samsung menggunakan kamera iPhone.
  4. Ketuk Mulai pada iPhone dan tunggu hingga proses pemindahan selesai.
  5. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Samsung baru dan login menggunakan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan di ponsel lama.
  6. Ketuk Impor ketika diminta dan tunggu hingga proses selesai.
  7. Selesaikan proses aktivasi perangkat baru dan Anda bisa melihat chat yang telah dipindahkan di ponsel Samsung baru. Akun WhatsApp di iPhone lama akan otomatis keluar dan Anda akan bisa menggunakan WhatsApp di ponsel Android baru.


Setelah data chat berhasil dipindahkan ke ponsel baru, data di ponsel lama masih akan tersimpan kecuali jika Anda menghapusnya secara manual atau menghapus aplikasi WhatsApp di ponsel lama.


Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

WhatsApp menjamin mereka tidak akan bisa melihat data pengguna yang dipindahkan karena data dipindahkan secara lokal menggunakan kabel, bukan dikirimkan ke server WhatsApp. Selain itu, data yang ditransfer juga tidak masuk ke penyimpanan cloud akibat proses migrasi. Perlu dicatat bahwa riwayat panggilan suara atau video tidak bisa ditransfer dari iPhone ke Android. Begitu juga dengan riwayat pembayaran peer-to-peer.


Itulah informasi terkait cara memindahkan chat whatsapp dari Iphone ke Android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel