5 Tips Menjaga Keamanan Sistem Komputer

 



Sistem komputer secara dasar adalah penghubung antar komponen yang ada di dalam komputer. Sistem komputer merupakan komponen yang berhubungan antar bagian. Selanjutnya, setiap komponen tersebut bisa terhubung dan melakukan tugas sesuai intruksi pengguna komputer. Umumnya, komponen yang ada dalam sistem komputer terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu hardware, brainware dan software.


Adapun fungsi sistem komputer, yaitu menginput data yang ada, memproses data yang telah masuk, menghasilkan data dari input yang telah dimasukkan, dan menyimpan data yang diperlukan. Karena memiliki fungsi yang sangat penting, sistem komputer haruslah dijaga keamanannya, apalagi komputer yang di dalamnya tersimpan file atau data-data penting serta rahasia yang akan menimbulkan kekacauan apabila data atau file tersebut hilang atau rusak. 


Oleh karena itu, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan sistem di dalam komputer:


Berikut 5 Tips Menjaga Keamanan Sistem Komputer


1. Gunakan AntiVirus

AntiVirus adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan serta keamanan data dan sistem di komputer. Virus bisa menyerang komputer yang tidak dilindungi AntiVirus. AntiVirus merupakan hal wajib yang harus digunakan untuk menjaga sistem komputer Anda. AntiVirus merupakan penjaga agar berbagai macam virus tidak bisa masuk dan merusak data serta file di dalam komputer. Untuk hasil yang memuaskan, jangan menggunakan AntiVirus yang bajakan. Namun, jika tidak memiliki budget untuk membeli antiVirus yang asli, Anda bisa menggunakan antiVirus gratis yang kehebatannya pun tidak kalah untuk membasmi virus-virus.


Contoh antivirus gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan adalah Smadav, Avira, AVG, Norton, Kaspersky, McAfee Secure, dan lainnya. 


2. Rajin Melakukan Update

Agar sistem dalam komputer Anda tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu mengupdate komputer. Memperbarui sistem operasi komputer Anda adalah salah satu langkah terpenting dalam melindungi komputer dari virus, malware, dan ancaman lainnya dari internet. Melakukan pembaruan sistem pada komputer merupakan hal yang wajib dilakukan bagi seseorang yang secara aktif menggunakan komputer sebagai alat kerjanya. Pembaruan atau update sistem komputer ini dapat memastikan performa perangkat yang dipakai untuk tetap prima dan relevan dengan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, bukan hanya antiVirus saja yang diupdate. Akan tetapi, semua operating sistem, software pun harus diupdate. Tidak ada software yang sempurna, karena setiap software pasti selalu memiliki celah yang bisa dibobol, dan untuk menutup celah tersebut, langkah terbaiknya adalah dengan mengupdatenya.


3. Hati-hati Ketika Browsing

Internet merupakan sarang yang ideal bagi sejumlah software berbahaya seperti virus dan malware, selain media penyimpanan Flashdisk. Bagi Anda yang sering browsing di internet, entah itu untuk mencari informasi, membaca berita terkini atau sekadar mencari materi tugas kuliah, tentunya Anda perlu hati-hati dengan sejumlah kemungkinan perangkat Anda dimasuki program jahat yang dapat bersumber dari internet. Virus internet biasanya tersebar melalu situs-situs ilegal atau bajakan. Apabila tidak ingin terkena virus, maka jangan masuk ke situs-situs semacam itu. Selain itu, apabila ada situs yang tiba-tiba menampilkan kalimat jika kita mendapat hadiah, maka abaikan, karena itu merupakan virus internet yang bisa mengancam keamanan computer Anda.


4. Scan File yang Didownload

Apapun jenis file yang Anda download, Anda harus tetap menscan file tersebut menggunakan AntiVirus agar file tersebut benar-benar terbebas dari virus. Dibandingkan memperbaiki komputer yang sudah terserang virus, sebaiknya scan terlebih dahulu file yang didownload.


5. Hati-Hati dengan Email Spam

Salah satu cara virus internet tersebar adalah melalui email. Apabila mendapat email yang berisikan file BAT, VBS, EXE serta dikirimkan oleh orang asing, maka itu bisa saja adalah virus yang bisa mereboot sistem dalam komputer. Apapun yang terjadi, usahakan Anda tidak langsung mengklik tautan di email yang terasa mencurigakan. Untuk memastikan alamat yang Anda tuju ketika mengklik email itu adalah dengan mengarahkan kursor ke tautan tersebut. Lalu, secara otomatis alamat asli tautan tersebut akan terpampang di pojok kiri bawah laman browser atau layanan email Anda. Jika Anda membaca dengan seksama, maka email-email berbahaya tersebut akan memiliki alamat tautan yang aneh dan tidak berhubungan dengan perusahaan si pengirim email tersebut.


Itulah informasi mengenai 5 tips menjaga keamanan sistem komputer


Semoga informasi ini dapat bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel