Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog bagi Pemula

Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog bagi Pemula




Halo, Kembali lagi bersama Tan Eduka!


Masih dalam dunia blogging, kali ini Tan Eduka akan membahas topik yang tak kalah penting bagi kamu para blogger, yaitu terkait Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog bagi Pemula


Bagi Anda para blogger, memilih Niche untuk blog Anda sangatlah penting.


Kira-kira, kenapa ya?


Sebenarnya ada 2 alasan utama, kenapa Anda harus cermat dalam memilih Niche untuk blog Anda.


Alasan pertama, jika Anda salah memilih niche atau Anda tidak bisa membuat postingan yang hanya fokus pada 1 niche, maka blog Anda akan sulit berkembang 


Alasan kedua, jika Anda salah memilih niche, Anda akan merasa terbebani saat menulis konten dan ini akan membuat penulisan konten menjadi tersendat. Dengan dampak buruknya, hal tersebut bisa menurunkan kualitas blog Anda.


Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin sukses dalam dunia blogging, Saya sarankan untuk lebih cermat dalam memilih Niche.


Lalu, gimana ya caranya memilih Niche terbaik untuk Blog bagi pemula?


Berikut Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog bagi Pemula


1. Lakukan Pertimbangan yang Matang dalam Memilih Niche


Cara pertama memilih Niche terbaik untuk blog bagi pemula adalah Anda harus melakukan pertimbangan yang matang dalan memilih Niche.


Bagi sebagian orang, Ada yang beranggapan jika Anda sebagai blogger harus memilih Niche berdasarkan minat dan kemampuan saja, tetapi ada juga yang beranggapan bahwa minat tidak penting asalkan potensinya besar.


Lantas, mana ya, yang lebih benar?


Yang benar itu, keduanya, yaa


Sebenarnya, kedua pandangan tersebut bisa Anda gunakan sebagai pedoman, kok.


Akan tetapi, yang perlu diingat, manusia itu memiliki karakter yang berbeda-beda. Bisa saja saran dari orang yang satu cocok di diri Anda sedangkan saran dari orang lain tidak. 


Untuk itu, ada baiknya kita bahas dulu ya, satu persatu pandangan dengan berbagai pertimbangan agar  Anda bisa mengetahui pandangan mana yang paling tepat untuk Anda.


Pandangan pertama, jika Anda mengikuti minat dan kemampuan saja 


Sebenarnya cara ini tidak salah. Karena, bagi blogger pemula, menulis artikel tidaklah semudah menulis untuk kebutuhan sendiri. Ditambah beberapa ada yang masih bingung harus mulai menulis dari mana. Oleh sebab itu, jika Anda masih pemula, ada baiknya Anda menulis sesuai minat dan kemampuan Anda agar proses menulis menjadi jauh lebih mudah. Karena, pada dasarnya menulis di blog itu butuh dedikasi. Coba bayangkan jika ada seorang blogger pemula yang dia itu sama sekali tidak berminat dengan topik yang ditulisnya, otomatis dia akan cepat merasa bosan.


Nah, sekarang kita bahas asumsi kedua, yaitu pilihan ketika Anda menulis hal yang memiliki potensi besar. Cara ini juga dapat Anda lakukan. Karena, Selain konten tulisan di blog harus berkualitas, maka anda juga harus menganalisis konten apa yang berpotensi menarik banyak traffic. Karena nantinya, dengan jumlah traffic yang tinggi Anda berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara memonetisasi traffic Anda. Bagaimana? Cukup menjanjikan bukan?


Jadi, melalui penjelasan tersebut, pada intinya Anda harus cermat dalam memilih Niche. Anda dapat menglist hal apa saja yang Anda suka atau topik apa yang Anda sangat ahli di dalamnya. Kemudian, setelah Anda menglist topik-topik tersebut, Anda harus mempelajari topik tersebut dan menganalisis topik mana yang dapat memiliki potensi besar bersaing di Mesin Pencaarian Google. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa dunia ngeblog itu isinya orang-orang yang emang benar-benar antusias sama nichenya masing-masing. Tapi, juga berisikan mereka yang pandai mengatur strategi untuk membuat artikel mereka bisa bersaing di mesin pencarian Google. Jadi, jika Anda ingin lebih serius dalam ngeblog, Anda dapat gunakan tips yang tadi telah dijelaskan dalam memilih Niche. 


2. Milikilah Kemampuan dan Pengetahuan yang Cukup


Cara kedua memilih Niche terbaik untuk blog bagi pemula adalah Anda harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup.


Saat orang mencari informasi di internet, maka mereka akan mencari informasi di situs ataupun dari blogger.


Maka dari itu, dengan kata lain, saat Anda menjadi blogger, otomatis blog Anda akan digunakan sebagai pusat pengetahuan. Blog Anda pun akan digunakan sebagi tempat belajar bagi mereka yang ingin mencari informasi atau belajar banyak hal dari blog Anda.


Nah, sekarang coba Anda bayangkan


Jika Anda tidak lebih ahli daripada mereka yang ingin belajar, lalu bagaimana caranya agar informasi yang ingin mereka dapatkan bisa tersedia di blog Anda?


Oleh sebab itu, Anda haru rajin belajar dan tetap mencari informasi untuk tetap menambah pengetahuan agar blog Anda bisa digunakan sebagai pusat informasi dan tempat belajar bagi para visitor blog Anda.


3. Cermat dalam Melihat Topik yang Sedang atau Akan Ngetrend


Cara ketiga memilih Niche terbaik untuk blog bagi pemula adalah Anda harus cermat dalam melihat topik yang sedang atau akan ngetrend


Dengan menulis topik yang lagi ngetrend, artikel Anda berpotensi popular di mesin pencarian.


Untuk membantu mencari topik yang lagi ngetrend Anda bisa memanfaatkan google trends dan mulai menulis artikel popular.


4. Pilih Suatu Niche sesuai dengan Bisnis yang Sedang Anda Jalankan


Last but Not Least, Cara keempat memilih Niche terbaik untuk blog bagi pemula adalah Anda harus memilih suatu Niche sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.


Jadi, sebenarnya Ada banyak tipe orang yang ingin membuat blog


Ada yang ingin menjadikan blognya sebagai suatu ide bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Namun, ada juga yang menjadikan blognya sebagai sarana pengembangan bisnis yang sedang ia jalankan.


Nah, jika Anda sudah memiliki bisnis, Anda dapat memilih Niche blog sesuai dengan bisnis Anda. Gimana? Tertarik mencoba?




Akhir kata itulah informasi terkait Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog bagi Pemula yang dapat artikel kali ini bagikan


Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel