Puisi - Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Puisi - Pengertian dan Penjelasan LengkapPuisi bagian dari sastra yang membangkitkan imajinasi terkonsentrasikesadaran akan pengalaman atau respons emosional tertentu melalui bahasa yang dipilih dan diatur menurut maknanya , bunyi, dan ritmenya . Berikut paparan mengenai Puisi - Pengertian dan Penjelasan Lengkap . Mari disimak!


PENGERTIAN PUISI DAN PENJELASAN LENGKAP

Puisi - Pengertian dan Penjelasan Lengkap

PENGERTIAN PUISI

Puisi merupakan cara lain untuk menggunakan bahasa . Mungkin dalam beberapa permulaan hipotetis, itu adalah satu-satunya cara menggunakan bahasa atau hanya pengadilan bahasa , prosa menjadi turunan dan saingan yang lebih muda. Baik puisi maupun bahasa dianggap sebagai milik yang modisritual di masyarakat pertanian awal; dan puisi pada khususnya, telah diklaim, muncul pertama kali dalam bentukmantra magis dibacakan untuk memastikan panen yang baik.


Apa pun kebenaran hipotesis ini , hal itu mengaburkan perbedaan yang berguna: pada saat mulai ada kelas objek terpisah yang disebut puisi, dapat dikenali seperti itu, objek-objek ini tidak lagi dianggap karena kemungkinan sifat tumbuh ubi, dan sihir semacam itu. karena mereka mungkin dianggap mampu telah pensiun untuk melakukan bisnisnya atas roh manusia dan tidak secara langsung pada dunia alam di luar.


Secara formal, puisi dikenali dengan ketergantungannya yang lebih besar pada setidaknya satu parameter lebih , garis , daripada yang muncul di komposisi prosa . Ini mengubah tampilannya di halaman; dan tampak jelas bahwa orang-orang mengambil isyarat dari penampilan yang berubah ini, membaca puisi dengan suara keras dengan suara yang sangat berbeda dari suara mereka yang biasa, mungkin karena, sepertiBen Jonson berkata, puisi "berbicara agak di atas mulut yang fana." 


Jika, sebagai tes deskripsi ini, orang-orang diperlihatkan puisi yang dicetak sebagai prosa, paling sering ternyata mereka akan membaca hasilnya sebagai prosa hanya karena terlihat seperti itu; Artinya, mereka tidak lagi dibimbing dalam pembacaan mereka oleh keseimbangan dan pergeseran garis dalam kaitannya dengan nafas serta sintaksis .


PUISI DAN PROSA

Alasan orang menginginkan definisi adalah untuk menjaga kasus garis batas, dan inilah yang tidak akan dilakukan oleh definisi, seolah-olah menurut definisi. Artinya, jika seorang individu meminta definisi puisi, pasti tidak akan menjadi kasus bahwa dia belum pernah melihat salah satu objek yang disebut puisi yang dikatakan mewujudkan puisi; sebaliknya, dia sudah cukup yakin apa itu puisi yang utama, dan alasannya menginginkan definisi adalah karena kepastiannya telah ditantang oleh orang lain atau bahwa dia ingin mengurus pengecualian yang mungkin atau tampaknya untuk itu: karenanya pertengkaran abadi tentang membedakan puisi dari prosa, yang agak seperti membedakan hujan dari salju — setiap orang cukup mampu melakukannya, namun ada beberapa cuaca yang tidak keduanya.


JENIS DALAM PUISI

Orang-orang saat ini yang berbicara tentang bentuk dalam puisi hampir selalu berarti eksternal seperti ukuran dan rima yang teratur, dan paling sering mereka bermaksud menyingkirkan ini demi kebebasan yang mereka anggap harus mengikuti ketiadaan bentuk dalam pengertian terbatas ini. Tapi nyatanya puisi yang hanya memiliki satu bentuk akan diragukan minatnya bahkan jika itu bisa ada. 


Dalam hubungan ini, penyair JV Cunningham berbicara tentang "konvergensi bentuk, dan bentuk tatanan yang berbeda ," menambahkan: "Ini adalah kebetulan bentuk yang mengunci puisi." Karena puisi terdiri dari bentuk-bentuk internal dan intelektual serta bentuk-bentuk yang dipaksakan secara eksternal dan sudah ada sebelumnya, dan ini mungkin cukup tanpa ukuran dan sajak yang teratur; jika bentuk intelektualnya tidak ada, seperti dalam syair kartu ucapan dan jingle iklan, tidak ada jumlah benturan dan benturan yang akan memenuhi keinginan tersebut.


JENIS JENIS PUISI YANG UMUM


Puisi Ayat Gratis

Sajak puisi gratis adalah yang paling tidak terdefinisi. Faktanya, mereka sengaja tidak teratur, mengambil kecenderungan improvisasi. Tidak ada rumus, tidak ada pola. Sebaliknya, penulis dan pembaca harus bekerja sama untuk mengatur kecepatan, intonasi, dan tarikan emosional.


Puisi Haiku

Secara tradisional, puisi haikuadalah bait tiga baris dengan hitungan suku kata 5/7/5. Bentuk puisi ini juga berfokus pada keindahan dan kesederhanaan yang ditemukan di alam. Seiring pertumbuhan popularitasnya, formula 5/7/5 sering kali dipatahkan. Namun, fokusnya tetap sama - momen sederhana dalam hidup. Untuk lebih lanjut, lihat iniaturan untuk menulis haiku.


Puisi Epik

Sebuah epikadalah puisi panjang dan naratif yang biasanya bercerita tentang pahlawan atau petualangan. Epik dapat disajikan sebagai cerita lisan atau tulisan. "The Iliad" dan "The Odyssey" mungkin adalah puisi epik paling terkenal. Tapi, mari kita ambil arah yang berbeda dan lihat contoh dari Henry Wadsworth Longfellow, serta Ezra Pound.


Cinquains

SEBUAH cinquainadalah puisi lima baris yang terinspirasi oleh haiku Jepang. Ada banyak variasi cinquain termasuk American cinquains, didactic cinquains, reverse cinquains, butterfly cinquains dan crown cinquains. Mari nikmati contoh dari Edgar Allan Poe yang populer, serta cuplikan dari George Herbert.


Soneta

Meskipun William Shakespearesoneta sensasional, kata, "sonetto" sebenarnya adalah bahasa Italia untuk "sedikit suara atau lagu." Bentuk ini telah menarik hati para penyair selama berabad-abad. Ini dimulai sebagai puisi 14 baris yang ditulis dalam pentameter iambik. Meskipun perkembangan telah dilakukan dari waktu ke waktu, prinsip umumnya tetap sama.


Puisi Akrostik

Puisi akrostik, juga dikenal sebagai puisi nama, mengeja nama atau kata dengan huruf pertama di setiap baris. Saat penulis melakukan ini, mereka mendeskripsikan seseorang atau sesuatu yang mereka anggap penting. Berikut dua contoh untuk mengilustrasikan bentuk puisi.


Puisi Balada

Puisi baladajuga menceritakan sebuah cerita, seperti puisi epik. Namun, puisi balada seringkali didasarkan pada legenda atau dongeng rakyat. Puisi-puisi ini mungkin dalam bentuk lagu, atau mungkin berisi moral atau pelajaran. Mari nikmati beberapa citra indah dalam contoh di bawah ini.


AKHIR KATA

Itulah bahasan mengenai Puisi - Pengertian dan Penjelasan Lengkap . Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel