5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Untuk Anak Anak

Perkembangan zaman sekarang telah menghubungkan antar negara, sehingga diperlukan kemampuan komunikasi yang baik dan penguasaan bahasa asing. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk mendorong anak belajar bahasa Inggris sejak dini. Belajar bahasa Inggris tidak harus di sekolah, tetapi bisa juga dilakukan secara otodidak.


Ada banyak cara sederhana yang bisa ditempuh untuk membantu anak belajar bahasa Inggris sendiri. Penerapannya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu anak dan dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa cara untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.


5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Untuk Anak Anak

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1. Bahasa adalah kebiasaan

Pernahkah Anda mendengar istilah "Bahasa adalah kebiasaan"? Istilah ini sebenarnya mengacu pada pemahaman bahwa pemerolehan bahasa dapat dipengaruhi oleh pengulangan kata dan tata bahasa yang digunakan secara terus menerus. Agar anak-anak belajar bahasa Inggris otodidak secara efektif, ada baiknya untuk mulai menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari dengan anak-anak.


Cara penerapannya bisa dimulai dengan bahasa Inggris sederhana seperti, 'Terima kasih', 'Maaf', dan salam seperti 'Apa kabar?'. Dengan membiasakan penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, anak akan lebih fasih dalam pengucapan dan makna kata-kata bahasa Inggris. Hal ini pada gilirannya akan merangsang lidah anak untuk peka terhadap kata-kata bahasa Inggris yang belum ia pelajari.


2. Tidak apa-apa menjadi 'Broken English'

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin sering merasa ragu untuk mengajak anak berbicara dalam bahasa Inggris karena kemampuan bahasa Inggris Anda yang masih kurang. Sebenarnya, masalah ini normal dan bukan alasan yang baik untuk tidak berbicara bahasa Inggris dengan anak Anda. 


Mengajar seorang anak untuk berbicara bahasa Inggris bahkan jika tata bahasanya salah jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Karena dengan pengetahuan bahasa Inggris yang anak Anda dapatkan dari Anda, dapat menjadi bekal bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka ketika mereka masuk sekolah.


3. Memperkenalkan anak pada kosakata baru

Kemampuan berbahasa sangat ditunjang dengan keragaman kosakata yang dimiliki seseorang. Belajar bahasa Inggris secara otodidak bisa dilakukan dengan memperbanyak kosakata. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan poster pembelajaran kepada anak-anak dengan berbagai tema seperti kendaraan, buah-buahan, jenis permainan, nama planet, dan lain sebagainya. 


Membuat media pembelajaran yang menarik terkait kosakata bahasa Inggris juga akan sangat menunjang kemampuan anak-anak yang belajar bahasa Inggris secara mandiri. Semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang dimiliki anak-anak, semakin baik keterampilan komunikasi mereka. Tentunya dalam prakteknya perlu dilakukan berdampingan dengan pengajaran dan arahan orang tua tentang arti dan pengucapan kata.


4. Menyediakan game edukasi bahasa Inggris

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu anak belajar bahasa Inggris secara mandiri adalah dengan mendownload aplikasi belajar bahasa Inggris. Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dikemas secara menarik dan menyenangkan akan membuat anak-anak lebih enjoy dalam belajar bahasa Inggris. 


Ada banyak aplikasi belajar bahasa Inggris otodidak untuk anak yang bisa Anda dapatkan secara gratis seperti, Duolingo: Belajar Bahasa ​​Gratis, English Word Games, Fun English, dan lain sebagainya.


5. Menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris secara otodidak juga dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris. Menempelkan kata-kata bahasa Inggris di tempat dan benda yang mudah dijangkau anak, memutar video bahasa Inggris, dan mengantar anak ke tempat pendidikan yang menerapkan komunikasi bahasa Inggris adalah contoh nyata. 


Dengan mendekatkan anak pada lingkungan yang menerapkan komunikasi menggunakan bahasa Inggris, maka keberhasilan belajar bahasa Inggris secara otodidak dapat lebih mudah dicapai. Selain cara-cara di atas, memberikan pendidikan formal untuk mendukung anak belajar bahasa Inggris sendiri juga merupakan langkah cerdas yang bisa Anda lakukan. Untuk lembaga pendidikan, Anda bisa menyesuaikan karakter dan kemampuan anak.


Ingin punya anak yang fasih berbahasa Inggris? Anda bisa memasukkan anak Anda ke sekolah yang menerapkan bahasa Inggris di sekolah, dengan begitu anak Anda akan terbiasa. Salah satu rekomendasi kami adalah sekolah inklusi. Hal ini karena merupakan pilihan yang efektif karena sistem pendidikannya terakreditasi, terstruktur, dan memperhatikan perbedaan kemampuan dan kebutuhan peserta didik. 


Artinya sekolah inklusi tidak memaksa anak untuk menguasai semua mata pelajaran, melainkan lebih fokus pada bidang yang diminati anak. Selain itu, ada juga sekolah inklusi yang menerapkan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris agar anak-anak dapat mengikuti tuntutan zaman.


Itulah adalah pembahasan mengenai 5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Untuk Anak Anak yang dapat anda biasakan kepada anak. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel