11 Jenis Kalender Di Dunia

Kalender tidak diragukan lagi penting bagi masyarakat kita dan sangat memengaruhi cara hidup kita. Ini didasarkan pada pengamatan astrologi yang dimulai sejak zaman kuno. Sekarang, kami telah mengikuti satu kalender di seluruh dunia tetapi beberapa hari libur masih berasal dari kalender lainnya. Mari kita lihat beberapa jenis kalender di bawah ini.

11 Jenis Kalender Di Dunia

Jenis Kalender

1. Anno Domini

Kalender ini dihitung sejak hari kelahiran Yesus. Itu sebabnya untuk menyebut tahun-tahun yang sudah sangat lama kita sebut SM, yaitu Sebelum Kristus atau sebelum Yesus lahir.

2. Kalender Hijriah

Jenis kalender ini adalah kalender Islam, dimana hari-hari besar Islam didasarkan pada kalender ini. Itulah mengapa Ramadhan dan Bulan Haji berbeda setiap tahunnya, karena didasarkan pada penanggalan ini.

3. Kalender Julian

Ini diusulkan oleh Julius Caesar dan digunakan di dunia Romawi dan sebagian besar Eropa, hingga digantikan oleh kalender Gregorian. Itu masih digunakan di beberapa Gereja Ortodoks.

4. Kalender Gregorian Kalender

Julian telah diperbaiki dan hasilnya adalah kalender jenis ini. Pengembangan itu dilakukan karena ada masalah dengan hari Paskah.

5. Kalender Saka Kalender

jenis ini berasal dari India. Orang Bali juga menggunakan kalender jenis ini karena mayoritas penduduknya beragama Hindu. Festival Hindu Bali, Hari Raya Nyepi, didasarkan pada hal ini.

6. Kalender Jawa

Kalender Jawa digunakan oleh orang Jawa, Sunda, dan Madura. Dulu mereka menggunakan penanggalan Saka untuk kemudian digeser ke penanggalan baru ini. Mereka percaya bahwa hari-hari berkorelasi dengan takdir.

7. Kalender Ibrani Kalender

Ibrani adalah jenis kalender yang digunakan oleh orang Yahudi untuk perayaan keagamaan mereka. Ini adalah salah satu kalender tertua yang pernah ditemukan.

8. Kalender Cina

Meskipun kalender Gregorian banyak digunakan di dunia sekarang, beberapa hari libur masih berasal dari kalender lama. Orang Cina melakukan ini juga untuk melihat kapan Tahun Baru Imlek diadakan. Sama seperti orang Jawa, mereka juga percaya bahwa tanggal dalam penanggalan Tionghoa berhubungan dengan takdir. Jadi, jika mereka memilih tanggal untuk pernikahan atau acara khusus lainnya, mereka akan melihat dari kalender Cina.

9. Kalender Jepang Kalender

Jepang dimulai dari masa pemerintahan Kaisar. Misalnya, pada tahun 2018 Kaisar telah memerintah selama 30 tahun. Jadi, tahun ini disebut Heisei 30 berdasarkan jenis kalender ini.

10. Kalender Maya

Ini adalah kalender yang membuat orang percaya bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Hal ini karena Kalender Maya berakhir pada tahun 2012. Hype media menyebabkan kalender ini menjadi terkenal di masa lalu.

11. Kalender Koptik

Juga disebut Kalender Aleksandria, jenis kalender ini didasarkan pada kalender Mesir. Kalender kuno ini digunakan oleh Gereja Ortodoks Koptik.

Manfaat Kalender

Kita semua tahu fungsi kalender dalam kehidupan kita, namun tanggal-tanggal penting itu berasal dari budaya atau kepercayaan masing-masing. Kalender yang kita miliki saat ini merupakan hasil karya dan penemuan jenis kalender lain pada zaman dahulu. Sekarang, kami dapat menikmati versi paling sempurna dari kalender ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel