Cara Belajar Efektif Bahasa Inggris Menggunakan Bantuan Tools

Banyak pelajar bahasa Inggris yang merasa ragu (gugup) untuk  belajar sendiri . Tetapi Anda segera menyadari bahwa semua sumber daya yang Anda butuhkan dapat ditemukan di rumah. Sebenarnya, internet bukan hanya sumber terbaik Anda untuk belajar bahasa Inggris, tetapi juga cara termudah untuk belajar di rumah kapan pun Anda mau.


Dan Anda bahkan tidak perlu tinggal di rumah sepanjang waktu hanya untuk belajar. Setelah Anda memiliki sumber daya yang Anda butuhkan, Anda dapat membawanya dan belajar di mana pun Anda inginkan.


Bagian terbaiknya adalah, Anda juga bisa belajar dengan kecepatan Anda sendiri tanpa harus mengikuti pelajaran instruktur atau prestasi (kemajuan) teman sekelas Anda. Anda bisa belajar dengan kecepatan yang nyaman, yang menjadikannya pengalaman belajar yang lebih efektif untuk Anda.


Yang terpenting, Anda menjadi kurang bergantung pada orang lain untuk belajar bahasa Inggris. Karena Anda belajar sendiri, ada motivasi lebih bagi Anda untuk membuktikan bahwa Anda bisa belajar bahasa Inggris sendiri . Jika ada motivasi yang konsisten, kesuksesan tidak akan sulit diraih.


Cara Belajar Efektif Bahasa Inggris Menggunakan Bantuan Tools

Cara Belajar Efektif

Jadi, bagaimana Anda bisa memulai perjalanan belajar mandiri Anda? Pertama, Anda harus menemukan cara yang paling nyaman bagi Anda, dan sesuatu yang Anda nikmati pada saat yang sama.


Ini akan membangun motivasi Anda, sampai Anda siap untuk menggunakan pendekatan lain dalam belajar bahasa Inggris secara mandiri. Berikut adalah 10 cara untuk memulai hari ini.


Dengarkan musik dan pelajari semua liriknya

Semua orang suka musik. Namun, untuk belajar bahasa Inggris, Anda harus tetap berpegang pada lagu- lagu bahasa Inggris . Apa lagu favoritmu saat ini? Suka Ed Sheeran atau Maroon 5?


Berlatih dengan lagu-lagu populer selalu lebih baik karena Anda selalu mendengarnya diputar meskipun Anda berada di dalam mobil, toko kelontong atau mal. Anda juga dapat mendengarnya di stasiun radio berbahasa Inggris secara online . Untuk genre musik, Anda mungkin ingin menghindari rock dan rap karena liriknya sering kabur (terlalu cepat atau sulit didengar). Ini tidak akan menjadi latihan yang baik untuk diksi dan pengucapan Anda .


Sebagai permulaan, buka YouTube dan cari video musik atau file audio yang Anda suka. Dengarkan berulang-ulang sampai Anda tahu lagunya dengan baik. Setelah itu, cari versi lirik lagu tersebut. Misalnya, Anda dapat mendengarkan video musik atau lagu Ed Sheeran “Thinking Out Loud” terlebih dahulu lalu bernyanyi bersama dengan versi lirik lagu tersebut .


Setelah Anda siap melakukan seluruh lagu sendirian, mungkin inilah saatnya untuk melakukan acapella (tanpa musik) sendiri atau versi karaoke (hanya musik) dari lagu tersebut.


Tonton video bahasa Inggris tentang minat Anda

Saat Anda berada di YouTube, Anda juga dapat menonton video YouTube. Ini adalah pelatihan yang baik untuk pemahaman dan komunikasi bahasa Inggris Anda. Menonton wawancara dan ulasan akan membantu Anda menjadi terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris—bagaimana Anda harus berkomunikasi dengan orang lain.


Itu tidak harus berupa wawancara atau ulasan formal. Mungkin Anda menyukai teknologi dan ingin tahu lebih banyak tentang model tertentu. Mengapa tidak mendengarkan ulasan? Misalnya, Anda dapat menonton Apple's iPhone 11 Review by The Verge .


Tonton film dan acara TV berbahasa Inggris

Menonton film dan acara TV berbahasa Inggris juga membantu meningkatkan cara Anda berbicara dan memahami bahasa tersebut. Anda akan dapat mendengar banyak orang berbicara satu sama lain menggunakan bentuk bahasa Inggris terkini. Ini akan membantu Anda mempelajari istilah slang yang umum digunakan , idiom dan frase bahasa Inggris  dan membantu Anda memperluas kosa kata bahasa Inggris Anda .


Jika Anda mengalami masalah dalam memahami apa yang dikatakan aktor, Anda dapat mencoba menggunakan subtitle terlebih dahulu . Setelah Anda lebih terbiasa dengan kata-katanya, coba hapus subtitle dan uji pemahaman bahasa Inggris Anda. Juga, Anda dapat mencoba untuk berlatih baris sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda tidak memahami alurnya, Anda selalu dapat mencari transkrip film secara online.


Pelajari cara memanfaatkan media bahasa Inggris secara maksimal

Lagu, video, acara TV, dan film berbahasa Inggris dapat membantu Anda berbicara lebih seperti orang asli. Tapi terkadang, mereka sulit dimengerti. Orang-orang di radio, di TV, atau di film mungkin berbicara dengan cepat. Mereka terkadang saling mengganggu.


Seringkali, mereka menggunakan ekspresi yang mungkin tidak Anda ketahui. Karakter dalam film tidak akan berhenti menjelaskan bahasa gaul yang digunakan dalam dialog.


Uji tata bahasa Anda dengan kuis bahasa Inggris online

Ketika Anda belajar sendiri, satu masalah yang mungkin terjadi adalah Anda mungkin melewatkan kesalahan dan kesalahan yang Anda buat. Di sisi lain, inilah mengapa belajar mandiri bahasa Inggris sangat bagus—Anda selalu dapat memeriksa ulang apakah Anda benar atau salah. Untuk pembelajar belajar mandiri, selalu ada pertanyaan “Apakah saya benar?”


Salah satu cara mudah untuk menguji diri sendiri adalah dengan mengerjakan kuis bahasa Inggris online gratis . Kuis ini akan menguji tata bahasa, konstruksi kalimat, pemahaman, dan banyak lagi lainnya . Lakukan kuis ini setiap minggu atau setiap bulan untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.


Ngobrol dengan teman online

Mengobrol dengan teman secara online adalah cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris sendiri tanpa menyadarinya. Berbeda dengan berbicara dengan guru, atau belajar di kelas, atau bahkan menggunakan bahasa Inggris di tempat kerja karena santai, dan bahasanya mudah.


Anda dapat mengobrol di Facebook Messenger , melalui tweet Twitter atau bahkan melalui panggilan suara Skype . Mengobrol adalah cara luar biasa untuk belajar bahasa Inggris karena Anda mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari dengan cara yang santai dan bebas stres.


Melalui obrolan keyboard, Anda dapat  memeriksa kesalahan tata bahasa sebelum menekan  tombol "enter". Dengan panggilan suara online, Anda melatih bahasa Inggris percakapan Anda . Selain itu, mengajak teman Anda untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan Anda menjadikannya tugas yang lebih memotivasi bagi Anda. 


Anda tidak hanya dapat membuktikan kepada mereka bahwa bahasa Inggris Anda semakin baik, tetapi Anda juga merasa lebih puas mengetahui bahwa Anda dapat berbicara bahasa Inggris secara bebas dengan teman-teman Anda kapan saja.


Baca e-book, artikel, dan majalah online

Membaca sama pentingnya dengan mendengarkan ketika belajar bahasa Inggris. Membaca dan mendengarkan keduanya mempertajam pikiran dan melatih Anda untuk berpikir dalam bahasa Inggris juga.


Penutur bahasa Inggris non-pribumi selalu harus menerjemahkan bahasa Inggris di benak mereka, yang menyebabkan keterlambatan respons mereka. Namun, jika pikiran dilatih untuk berpikir dalam bahasa Inggris, akan lebih mudah untuk memahami dan berbicara bahasa tersebut. 


Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak paparan struktur kalimat bahasa Inggris, kosa kata baru, dan pola bicara formal dan kasual yang Anda dapatkan. Ini berarti Anda memiliki banyak kalimat untuk dipilih saat Anda mulai berbicara bahasa Inggris.


Internet adalah harta karun berupa e-book , artikel, dan majalah berbahasa Inggris . Temukan sumber daya dengan topik yang benar-benar Anda minati. Anda dapat membaca apa pun yang Anda inginkan karena setiap kata baru yang dipelajari atau kata lama yang dipelajari kembali adalah tambahan pengetahuan dan latihan untuk Anda.


Tulis tentang sesuatu yang Anda pikirkan

Pada akhirnya, Anda harus mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari melalui belajar mandiri. Cara yang bagus untuk memulai adalah dengan menulis  sesuatu milik Anda sendiri. Tidak harus artikel yang diterbitkan secara online, Anda cukup memulai dengan jurnal pribadi.  


Menulis karya Anda sendiri menyatukan semua pembelajaran Anda—seberapa banyak yang Anda ketahui tentang tata bahasa Inggris, kosa kata, dan pemahaman keseluruhan. Setelah menulis, jangan ragu untuk memeriksa pekerjaan Anda sendiri apakah ada kesalahan . 


Untuk melakukan ini, yang terbaik adalah menempatkan komposisi Anda dalam file sehingga Anda dapat menggunakan program pemeriksa tata bahasa untuk menemukan kesalahan dan kesalahan dalam pekerjaan Anda.


Bergabunglah dengan situs pertukaran bahasa online

Pelajar bahasa Inggris ingin berbicara dengan sesama pelajar bahasa Inggris, dan kabar baiknya adalah ada banyak situs web yang secara khusus berfokus pada pertukaran bahasa.


Bergabunglah dengan komunitas pertukaran bahasa sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan siswa belajar mandiri lainnya seperti Anda.


Itulah pembahasan bagaimana Cara Belajar Efektif Bahasa Inggris Menggunakan Bantuan Tools yang dapat anda coba dan terapkan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel