Cara Mengatasi Ragam Masalah Kependudukan di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini dipertegas oleh data dari Worldometers 2021 yang menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.Tak khayal, jika tingginya angka penduduk tersebut kerap kali diwarnai masalah kependudukan. Masalah kependudukan bisa disebut juga sebagai masalah sosial karena masalah tersebut terjadi di lingkungan sosial atau lingkungan masyarakat. Masalah kependudukan tersebut dapat timbul sebagai akibat dari adanya ketimpangan antara pertumbuhan penduduk dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jumlah penduduk yang besar hanyalah salah satu dari masalah kependudukan di Indonesia. Lebih dari itu, masalah kependudukan di Indonesia dikelompokkan berdasarkan 2 kelompok, yaitu yang bersifat kuantitatif dan kualitatif.


Masalah kependudukan yang bersifat kuantitatif di Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar. Dengan memiliki jumlah penduduk lebih dari 273 juta jiwa, Indonesia mengalami berbagai permasalahan seperti pemerintah yang kesulitan dalam menjamin terpenuhinya kebutuhan hidup rakyatnya, terbatasnya kesediaan lapangan kerja, sarana dan prasarana kesehatan, serta fasilitas sosial lainnya, permasalahan pertumbuhan penduduk yang cepat, dan permasalahan terkait persebaran penduduk yang tidak merata. Adapun masalah kependudukan yang bersifat kualitatif, yakni rendahnya tingkat kesehatan, rendahnya tingkat pendidikan, dan rendahnya tingkat pendapatan.  Melihat begitu kompleksnya masalah kependudukan di Indonesia, maka diperlukan upaya-upaya untuk mengatasi masalah kependudukan tersebut.


Cara untuk mengatasi ragam masalah kependudukan di Indonesia, diantaranya:


1. Pengurangan pertumbuhan penduduk


Angka pertumbuhan penduduk dapat ditekan dengan memberlakukan program Keluarga Berencana (KB).


2. Menciptakan lapangan kerja secara merata


Cara ini sangatlah diperlukan agar dapat meningkatkan pemerataan pendapatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.


3. Melakukan program transmigrasi


Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari satu daerah (pulau) yang berpenduduk padat ke daerah (pulau) lain yang berpenduduk jarang. Transmigrasi diperlukan agar dapat meningkatkan pemerataan jumlah penduduk serta pemerataan kualitas penduduk di tiap daerah.


4. Melaksanakan program perbaikan gizi


Program perbaikan gizi sangatlah diperlukan untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia yang selama ini masih menjadi salah satu bagian dari masalah kependudukan di Indonesia. Program ini dapat dijalankan di Posyandu, puskesmas ataupun lembaga kesehatan lainnya.


5. Melengkapi sarana dan prasarana Kesehatan


Sarana dan prasarana kesehatan yang lengkap merupakan hal yang sangat diperlukan untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan membangun puskesmas ataupun rumah sakit.


6. Meningkatkan kualitas pendidikan


Peningkatan kualitas pendidikan dapat diwujudkan dengan menambah jumlah sekolah dari tingkat SD sampai perguruan tinggi, dengan disertai penambahan jumlah tenaga kependidikan di semua jenjang Pendidikan, juga dengan melaksanakan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun dan dibekali dengan program pemberian beasiswa. Selain itu, di tiap sekolah juga selayaknya menyediakan kelengkapan fasilitas pendidikan, seperti perpustakaan, laboratorium, dan alat keterampilan lainnya. Di samping itu, pemerintah, juga dapat membekali sistem pendidikan di Indonesia dengan menciptakan kurikulum pendidikan yang sesuai. Dan ikut berupaya dalam meningkatkan kualitas tenaga pengajar.


7. Meningkatkan pengolahan dan pengelolaan sumber daya alam


Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dengan adanya peningkatan pengolahan dan pengelolaan sumber daya alam yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat Indonesia.


8. Meningkatkan kemampuan bidang teknologi


Di tengah industrialisasi yang berkembang pesat, sudah saatnya sumber daya manusia di Indonesia dibekali dengan kemampuan bidang teknologi yang mumpuni. Perwujudannya dapat berupa pelatihan teknologi yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun bekerja sama dengan lembaga kepelatihan teknologi agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga siap menghadapi era industrialisasi dan menciptakan masyarakat yang terampil. Harapannya, masyarakat Indonesia dapat survive dengan era modernisasi sehingga dapat memiliki pekerjaan atau penghasilan yang dapat menyejahterakan.


9. Mengoptimalkan peranan BUMN dalam kegiatan perekonomian


Tingkat kesejahteraan penduduk sangatlah dipengaruhi oleh efektivitas kegiatan ekonominya. Oleh sebab itu, BUMN sebagai badan usaha milik negara sangatlah diharapkan dapat ikut serta dalam mengoptimalkan kegiatan ekonomi di Indonesia. Perwujudannya dapat berupa penyediaan bantuan ataupun menyediakan lapangan pekerjaan ataupun ikut serta dalam pemberdayaan para penggiat usaha agar dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Itulah cara mengatasi ragam masalah kependudukan di Indonesia. Semoga informasi ini dapat membantu.

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel