10 Cara Cepat Belajar Komputer secara Otodidak

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.


Saat ini, ada begitu banyak pekerjaan baik itu di kantor ataupun pekerjaan bisnis lainnya yang mengharuskan mereka menggunakan komputer sebagai alat bantu pekerjaan. Selain itu, ada banyak tugas sekolah ataupun materi pembelajaran yang dapat selesai dikerjakan dan dipahami jika menggunakan komputer. 


Oleh sebab itu, mau tidak mau, untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka kita harus memahami bagaimana cara menggunakan komputer sehingga bukan hal aneh, jika komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang saat ini sudah banyak digunakan oleh semua orang, sebab manfaatnya yang sangat membantu banyak orang untuk memudahkan pekerjaan mereka.


Untuk itu, sangat penting bagi Anda memahami bagaimana cara menggunakan komputer. Adapun bagi Anda yang belum memahami bagaimana cara menggunakan komputer, artikel ini akan sangat membantu Anda . Berikut 10 Cara Cepat Belajar Komputer secara Otodidak.


10 Cara Cepat Belajar Komputer secara Otodidak

10 Cara Cepat Belajar Komputer secara Otodidak

1. Niat Belajar Komputer dengan Sungguh-Sungguh

Tips pertama adalah niat belajar komputer dengan sungguh-sungguh. Untuk melakukan sesuatu pasti harus dengan niat, tips pertama ini akan membantu Anda untuk lebih serius dalam belajar dan tentunya untuk membuat Anda lebih cepat memahaminya juga.


2. Beli Buku Panduan Belajar Komputer

Tips kedua adalah belilah buku panduan belajar komputer agar Anda dapat menjadikannya sebagai panduan dan pengganti guru untuk belajar. Carilah buku komputer yang paling dasar agar Anda bisa belajar ilmu komputer dari nol.


3. Mencari Referensi di Internet sebagai Materi Tambahan

Untuk menambah informasi mengenai cara belajar komputer, Anda dapat menambah referensi belajar dari Internet. Melalui internet, Anda bisa mencari berbagai macam cara untuk melakukan hal-hal di komputer bahkan kini sudah ada banyak media yang menyediakan konten belajar dan tutorial dalam bentuk video seperti youtube.


4. Beli Komputer

Tips ini tak kalah penting. Dengan membeli komputer, maka Anda dapat secara langsung belajar mempraktikan sendiri panduan dan tutorial secara leluasa. Sebagai saran, jika untuk belajar belilah komputer yang murah dan tidak perlu baru yang penting bisa Anda gunakan untuk belajar sebab jika Anda membeli komputer yang murah ataupun bekas, Anda bisa lebih leluasa dalam belajar karena tidak takut rusak. Adapun bagi Anda yang masih bimbang dalam membeli komputer bekas, Anda dapat mencari tahu keuntungan dan kerugian membeli komputer bekas disini. Baru untuk selanjutnya, ketika Anda sudah mahir mengoprasikan komputer, Anda dapat membeli perangkat komputer yang lebih bagus atau bahkan yang baru untuk membantu kegiatan sehari-hari Anda agar lebih produktif. 


5. Praktikan secara Langsung

Setelah Anda mendapatkan referensi dari buku atau dari internet, Anda harus langsung mempraktikan hal yang telah Anda pelajari tersebut agar proses belajar Anda pun menjadi lebih efektif.


6. Tidak Perlu Takut Salah

Membeli komputer murah merupakan salah satu tips agar Anda tidak takut salah dalam menggunakan komputer. Jika Anda takut salah dan takut akan terjadi hal yang buruk pada komputer Anda, hal tersebut pasti akan menghambat Anda dalam belajar. Anda harus berani mengambil hal baru untuk dilakukan tanpa perlu takut komputer akan rusak atau sebagainya. Jadi jangan takut untuk salah yaaa.


7. Diulang dan Jangan Pernah Bosan

Sebenarnya mengulang-ulang hal yang sudah kita pelajari memang sangat membosankan, tapi kita tidak boleh bosan dalam belajar sebab jika kita bosan kita tidak akan bisa menguasai ilmu yang telah kita pelajari. Untuk itu, sangat penting bagi Anda dalam mengulang mempelajari komputer dan jangan pernah bosan. Anda harus selalu konsisten dan tetap semangat.


8. Mempelajari Komponen–Komponen Komputer

Sebelum Anda mempelajari bagaimana dasar–dasar belajar komputer yang terkait dengan faktor eksternal, maka sebelum itu Anda perlu memahami komponen–komponen pada komputer. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mempraktikan tutorial belajar komputer.


9. Mempelajari Sistem Operasi Komputer

Setelah Anda mempelajari berbagai macam komponen–komponen komputer, maka pengetahuan umum yang perlu Anda ketahui jika ingin belajar komputer, yaitu mengetahui jenis–jenis sistem operasi komputer. Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga dapat mengatur kerja media input, output, media pemroses, dll. seperti: Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOs, Linux, android, mac os, debian, dll. Sistem operasi adalah sebuah sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer. 


10. Mengenal dan Mempelajari Software–Software Umum

Setelah Anda mengetahui beberapa macam sistem operasi komputer yang umum digunakan, maka latihan atau pengetahuan dasar komputer yang harus Anda ketahui selanjutnya, yaitu tentang software–software yang umum digunakan dan sering Anda jumpai hampir di setiap komputer. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mahir dalam mengoperasikan komputer.


Itulah 10 cara cepat belajar komputer secara otodidak. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel