Cara Update Android 12 di Ponsel Pixel

Versi final dari Android 12 sudah resmi dirilis oleh Google pada Oktober 2021. Pembaruan ini merupakan salah satu update terbesar selama beberapa tahun ke belakang yang pastinya akan memanjakan Anda sebagai pengguna karena versi Android 12 ini dibekali dengan banyak fitur baru. Selain itu, desain dari sistem operasi ini juga mengalami banyak perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan Android 11 dan versi-versi sebelumnya. Tampilannya pun kini lebih segar karena dibekali dengan animasi yang lebih mulus.

Cara Update Android 12 di Ponsel Pixel

Android 12 ini dapat digunakan di Ponsel Pixel, dari Pixel 3 sampai Pixel 5. Sementara untuk Ponsel Pixel 6 sudah terinstall secara otomatis sehingga penggunanya tidak perlu melakukan install ulang Android ke versi terbaru. Selain itu, bagi Anda pengguna smartphone dengan merk lain seperti Samsung Galaxy, Oppo, Realme, Vivo, dan lainnya, tepat di akhir tahun 2021, Anda sudah dapat menggunakan sistem operasi Android 12.


Sebelumnya, Google sebagai perusahaan pengembang telah mengeluarkan Android 12 versi "Developer Previews", dan versi "Beta" dan pada akhirnya secara resmi meluncurkan versi final dari sistem operasi Android 12 pada 20 Otober 2021.


Terdapat sejumlah fitur tambahan dan beberapa perubahan di sistem operasi Android 12. Salah satunya adalah desain "Material You" yang memungkinkan penggunanya memiliki keleluasaan untuk mengatur "Homescreen". Desain ini pun tidak hanya tersedia untuk perangkat Android, tetapi akan terlihat di berbagai layanan Google lainnya. Desain baru ini fokus terhadap warna dan kustomisasi yang memungkinkan Anda untuk memilih warna, kontras, ukuran elemen, lebar garis, dan sebagainya sesuai dengan keinginan Anda. Android 12 lebih ekspresif daripada versi Android sebelumnya, karena dibekali dengan alat yang akan memungkinkan Anda untuk mengoordinasikan warna yang dapat diperluas di seluruh ikon aplikasi. Selain itu, di Android 12 ini juga terdapat menu tarik-turun, widget, dan masih banyak lagi.


Khusus untuk fitur Widget, pihak Google telah melakukan pembaharuan, baik dari segi tampilan maupun program yang ada di dalamnya. Selain itu, pihak Google pun berencana untuk membuat lebih dari 12 widget tambahan yang dapat membantu sistem operasi smartphone yang menggunakan Android 12. Pemilihan widget telah dirombak untuk memberikan penampilan baru yang lebih enak dilihat. Widget baru dari Android 12 juga akan menyesuaikan warnanya agar sesuai dengan tema Material You. Widget juga telah dilengkapi beberapa API baru untuk meningkatkan performanya, dan membantu para developer untuk memperbarui tampilan dan fungsinya. Anda juga bisa mempersonalisasi widget yang Anda gunakan agar terlihat lebih cocok di "Homescreen".


Bagi Anda pengguna ponsel Pixel 3 Series, Pixel 4 Series dan Pixel 5 Series, Anda dapat melakukan update perangkat lunak di smartphone masing-masing dengan  angkah-langkah berikut ini.


Cara Update Android 12 di Ponsel Pixel

  1. Bagi pengguna Ponsel Pixel, Anda dapat melakukan pembaruan Android ke versi terbaru dengan memilih menu "Pengaturan" pada smartphone Anda, dan pilih menu "Sistem" yang terdapat di dalamnya.
  2. Selanjutnya, Anda dapat memilih menu "Pembaruan Sistem", maka akan muncul jendela pop-up, “ Apakah Anda ingin melakukan pembaruan sistem Android ke versi terbaru?”, klik "Ok" dan tunggu hingga proses pembaruan selesai.
  3. Secara otomatis, smartphone Anda akan melakukan restart untuk memulai sistem operasi Android 12. Namun, apabila ponsel Anda tidak melakukan restart secara otomatis, Anda dapat melakukannya secara manual.


Itulah informasi mengenai cara melakukan update sistem Android di Ponsel Pixel Anda ke versi Android 12. Bagi Anda pengguna Ponsel Pixel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk melakukan pembaruan.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel