Cara Melihat Log Aktivitas di Handphone Android

Sampai saat ini, penggunaan Android masih menjadi pilihan bagi kebanyakan pengguna smartphone untuk dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Penggunaan Android sangat banyak membantu aktivitas manusia. Maka, jangan heran, apabila terdapat sedikit atau banyak hal yang menghambat performa smartphone, tentu Anda sebagai pengguna akan merasa kesal. 


Oleh sebab itu, salah satu pilihan terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengetahui cara melihat log aktivitas HP Android sehingga Anda dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab. Selain itu, mengetahui aktivitas HP Android yang digunakan akan membuat Anda selaku pengguna mengetahui bahwa ada orang lain atau tidak yang menggunakannya. Melihat log aktivitas HP Android juga sangat berguna untuk melihat riwayat pemberitahuan.

Handphone Android

Apakah Anda pernah salah menghapus pemberitahuan di Hp Android dikarenakan terburu-buru atau tidak sengaja membersihkan semua daftar pemberitahuan? Seperti yang telah kita ketahui, ketika ada sesuatu yang baru terkait panggilan yang tidak terjawab, email masuk, pembaruan aplikasi, dan bahkan pesan sistem , maka akan mucul notifikasi pada bagian atas layar Handphone Android.


Namun masalahnya, terkadang karena kita buru-buru atau tidak fokus, kita menghapus semua notifikasi yang muncul sehingga tidak tahu ada pemberitahuan apa saja. Tentu jika terjadi hal seperti ini, Anda akan merasa cemas dan ingin segera mengatasinya.


Sekarang, Anda tidak perlu lagi cemas, karena artikel ini menyediakan informasi mengenai tips jitu cara melihat log aktivitas di Handphone Android Anda untuk mengetahui pemberitahuan atau notifikasi apa saja yang pernah muncul juga bermanfaat untuk mengecek terjadi aktivitas apa saja di HP Android Anda.


Cara Melihat Log Aktivitas di Handphone Android

1. Cek Aktivitas Pencarian Google

Cara pertama untuk memeriksa riwayat aktivitas di HP Android yang Anda miliki adalah dengan mengecek aktivitas pencarian Google. Pengguna dapat membuka Google dari Chrome untuk hasil yang lebih baik atau browser lainnya. Berikut tata caranya:

  1. Langkah pertama adalah melakukan pencarian dari kata kunci My Activity
  2. Klik situs Google yang biasanya muncul di daftar pertama dalam pencarian, dan selesai


Sebenarnya cara ini merupakan yang paling mudah dan lebih besar peluangnya untuk berhasil. Pengguna juga dapat melihat berbagai aplikasi yang digunakan atau situs yang dikunjungi lengkap dengan durasi waktunya.


2. Periksa Pencarian di YouTube

Cara kedua untuk melihat aktivitas HP Android adalah dengan memeriksa pencarian di YouTube. Cara satu ini dapat menjadi pilihan untuk mengetahui aktivitas yang mungkin terjadi di Android Anda selaku pengguna. YouTube menghadirkan berbagai video yang tentunya sangat menarik. Namun, jika Anda selaku pengguna merasa paket internet cepat habis maka dapat menggunakan cara ini. Pengguna harus membuka aplikasi YouTube kemudian klik pada bar pencarian dan cek daftarnya. Ketika terdapat daftar atau pencarian yang mungkin tidak dilakukan pengguna, maka sangat mungkin bahwa ada orang lain yang menggunakannya. Harus diketahui juga bahwa riwayat pencarian pada akun YouTube dengan email yang sama akan otomatis terekam. Jadi, pastikan untuk menggunakan email yang tidak login di perangkat lainnya.


3. Cek Riwayat Notifikasi pada Android

Cara ketiga untuk melihat aktivitas HP Android adalah dengan memanfaatkan riwayat notifikasi untuk mengetahui aktivitas yang telah terjadi di HP Android Anda. Untuk mengeceknya, lakukan Langkah berikut:

  1. Pertama, pengguna harus mengunjungi setting dan pilih Home settings, wallpaper, and widgets, kemudian scroll hingga menemukan Setting shortcut
  2. Cari Notification log dan klik untuk mengetahui riwayat notifikasi, pengguna juga dapat menambahkan menu ini di home screen agar lebih mudah.


Perlu diketahui juga bahwa melihat riwayat notifikasi menggunakan langkah-langkah tersebut haruslah disesuaikan dengan Android yang dimiliki karena tidak semua Android memiliki menu atau fitur merekam riwayat notifikasi meskipun sudah dihapus.


4. Gunakan Aplikasi Notification Log

Cara keempat untuk melihat aktivitas HP Android adalah dengan menggunakan aplikasi Notification Log. Berbeda dengan cara melihat log aktivitas HP Android pada aplikasi yang pasti ada di smartphone, aplikasi ini harus Anda unduh terlebih dahulu. Notification Log dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dengan penggunaan yang sangat mudah. Pengguna hanya harus mengunduh, kemudian mengaktifkan pilihan log text atau on going dan lakukan pengecekan untuk memastikan berjalannya aplikasi.


5. Notification History Log

Cara lainnya untuk melihat aktivitas HP Android adalah dengan cara yang juga masih diperkenalkan oleh pihak ketiga, yaitu aplikasi Notification History Log yang dapat Anda unduh di Google Play Store. Fitur yang diberikan oleh aplikasi ini adalah pengguna akan mendapatkan riwayat aplikasi yang dibuka beserta waktunya. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan detail seperti pada aplikasi chatting dengan menunjukkan teks pesan meskipun sudah dihapus.


Itulah informasi mengenai cara melihat log aktivitas di Handphone Android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel