Cara Membersihkan Laptop dari Debu

 


Bagi Anda pengguna laptop, tentunya laptop Anda merupakan salah satu hal penting yang menunjang aktivitas Anda. Baik untuk aktivitas sekolah, kuliah, bekerja, ataupun sebagai sarana hiburan.

Karena Anda sangat rutin menggunakan laptop, maka jangan heran jika Anda seringkali menemukan adanya kotoran dan debu pada laptop Anda. Parahnya lagi, jika kotoran tersebut menumpuk, maka hal tersebut bisa menyebabkan beberapa fungsi fisik terganggu.

Selain itu, perlu diketahui, di tengah mewabahnya virus belakangan ini, maka kebersihan laptop juga harus semakin diperhatikan. Karena, jika tidak diperhatikan akan sangat mungkin ada virus atau bakteri lain yang menempel di laptop Anda.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk rutin membersihkan laptop secara berkala. Cara membersihkan laptop juga cukup beragam dan mudah dilakukan.

Bagi Anda yang hendak mencari tahu mengenai cara membersihkan laptop dari debu, maka artikel ini akan memberikan pembahasan lengkap untuk Anda.

Berikut Cara Membersihkan Laptop dari Debu

Perlu diketahui, sebelum Anda memulai membersihkan laptop, Anda harus memahami bahwa laptop terdiri dari beberapa bagian utama seperti bagian keyboard dan layar. Masing-masing dari keduanya memerlukan perlakuan yang berbeda. Selain itu, dua bagian utama ini juga merupakan bagian yang sangat penting dalam rutinitas membersihkan laptop.

Setelah Anda memahami bagian yang dibersihkan saat membersihkan laptop Anda dari debu, maka langkah selanjutnya siapkan alat dan bahan.

Alat dan bahan
  • Alkohol isopropil
  • Air mineral atau air suling
  • Kain mikrofiber
  • Peniup debu; untuk alat yang satu ini Anda perlu membelinya secara khusus
Setelah Anda menyiapkan Alat dan Bahan, maka Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan debu pada laptop Anda.

Pertama, Langkah-langkah Membersihkan Layar Laptop

  1. Untuk membersihkan layar laptop, Anda perlu menyiapkan kain mikrofiber dan larutan alkohol isopropil. Campurkan larutan alkohol dan air mineral dengan perbandingan 1:1
  2. Basahi kain dengan larutan alkohol secukupnya, lalu usapkan ke bagian layar dengan perlahan. Perlu diingat, Anda jangan langsung menuangkan atau menyemprotkan cairan alkohol langsung ke bagian layar

Kedua, Langkah-langkah Membersihkan Keyboard Laptop

Gunakan alat peniup debu yang sudah disiapkan sebelumnya untuk meniup debu atau kotoran yang ada di sela-sela tombol keyboard. Pastikan untuk teliti dan bersabar agar semua bagian bersih. Anda juga dapat membersihkan keyboard dengan membalik laptop dan dengan lembut meniupkan sisa-sisa yang terlepas, dan menekan tombol untuk membantu prosesnya. Dalam kondisi mati, Anda juga bisa menggunakan larutan alkohol tadi untuk membersihkan permukaan keyboard yang kotor dan berminyak.

Itulah Cara Membersihkan Laptop dari Debu yang dapat artikel kali ini bagikan

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel