Tips yang Wajib Diikuti Mahasiswa Baru agar Lancar Selama Kuliah

Tips yang Wajib Diikuti Mahasiswa Baru agar Lancar Selama Kuliah

Masa peralihan dari siswa SMA menjadi seorang mahasiswa tentu adalah hal yang sangat membanggakan. Kamu pun pasti sudah lama menunggu waktu ini, bukan? Yap, waktu dimana kamu resmi berstatus sebagai mahasiswa.

Sebagai informasi, dunia mahasiswa yang akan kamu jalani tentu jauh berbeda dengan masa sekolah menengah atas. Di masa kuliah, kamu akan mendapatkan suasana baru yang lebih menarik dan jauh lebih menantang pastinya. 

Alhasil, banyak juga, lhoo siswa yang terkadang merasa cemas dan khawatir saat menghadapi masa-masa transisi menuju dunia kampus.

Padahal, kesuksesan seorang mahasiswa di kampus itu dipengaruhi oleh banyak hal, sih

Baik itu sistem perkuliahan di kampus, dosen pengajar, lingkungan pendidikan, support keluarga, pertemanan ataupun pergaulan, itu semua berpengaruh, kok.

Akan tetapi, banyak banget, nih mahasiswa yang memiliki mindset mengejar prestasi bidang akademik, dan kurang aktif mengembangkan potensi lainnya di dalam diri mereka. 

Sebenernya, itu memang tujuan dari seorang mahasiswa. Namun, yang perlu digarisbawahi, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk itu saja, kok.

Nyatanya, mahasiswa juga harus mampu mengenali kemampuan diri, mengembangkan bakat dan potensi, serta melatih pola pikir agar bisa menjadi mahasiswa yang aktif, cerdas, dan kritis.

So, buat kamu para siswa yang baru aja berubah status menjadi mahasiswa, berikut Tan Eduka bagikan Tips yang Wajib Diikuti Mahasiswa Baru agar Lancar Selama Kuliah.

Tips yang Wajib Diikuti Mahasiswa Baru agar Lancar Selama Kuliah

1. Gunakan Momentum Ospek buat Mengenali Kampus Barumu

Ospek adalah masa orientasi atau momentum pengenalan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus. 

Namun, yang jadi persoalan, ternyata masih banyak, nih para maba yang ragu dan takut buat ikut kegiatan ospek dengan alasan takut dimarahin sama kating-kating senior.

Padahal, masa orientasi punya banyak manfaat, lhoo buat kamu para maba supaya bisa survive di kehidupan perkuliahan selama 4 tahun.

Contohnya, di masa ospek, kamu bisa berkenalan dengan teman baru di berbagai penjuru daerah sekaligus bisa menambah relasi. Sekalipun teman barumu ternyata bukan dari jurusan yang sama, it's oke, kok. Karena nantinya mereka lah yang bakalan jadi temen seperjuangan kamu buat ngelewatin fase 4 tahun kuliah.

Selain itu, ospek juga sangat bermanfaat buat ngelatih mental para maba supaya siap dan gak kaget saat ngejalanin masa perkuliahan yang menarik tapi penuh tantangan. 

Jadi, yang perlu kita ketahui, dunia kuliah itu beda banget, yaa kalo dibandingin sama masa SMA. Di dunia perkuliahan kamu akan lebih banyak menemukan tantangan yang bakalan nuntut kamu buat jadi mahasiswa yang mandiri, tangguh, dan cerdas dalam melewati segala tantangan tersebut.

So, manfaatkan dengan bijak, yaa masa ospek ini, sukses teruus!

2. Cerdas Memilih Teman Baru

Kamu udah gak asing, dong pastinya sama istilah manusia adalah makhluk sosial. Yap, manusia adalah makhluk sosial yang butuh manusia lain buat menjalani hidup. Tak terkecuali kamu sebagai mahasiswa. Kamu pastinya butuh orang lain, sebagai teman yang bisa saling ngebantu dan support satu sama lain.

Fyi, kamu juga harus cerdas, yaa dalam memilih teman baru. Jangan sampai kamu salah memilih teman dan malah temenan sama orang yang bikin kamu nggak nyaman. Karena, Memilih teman itu merupakan kunci keberhasilan kamu di kampus, lhoo. Bertemanlah dengan orang yang bisa saling memberikan dampak positif, jauhi teman yang toxic dan jangan lupaa, saling kasih support dan semangat selama kuliah, yaa, eh sampai lulus dan dewasa dan seterusnya juga deh😊

Dan sebagai tambahan informasi, dengan teman kamu juga bisa, lhoo belajar bareng, belajar kelompok yang nyaman dan anti ribet

Buat kamu yang kepo, gimana, sih cara belajar kelompok yang gak ribet, bisa kamu baca di artikel di bawah ini, yaa😊

10 Cara Belajar Kelompok yang Efektif dan Efisien Dijamin Anti Ribet

3. Jangan Takut Bertanya kepada Senior

Ada pepatah yang bilang, Malu bertanya sesat di jalan. Pepatah ini related banget yaa dalam kehidupan sehari-hari, gak terkecuali selama fase kuliah. Saat berkuliah, pasti ada fase dimana kalian bingung nih sama instruksi yang dikasih dari pihak kampus, UKM, ataupun dari dosen. Kalau kamu bingung, jangan segan yaa buat nanya ke senior. Ya, anggap aja dengan bertanya ke senior, kamu bisa lebih akrab dan tentunya menambah relasi. Karena, relasi ini penting banget, lhoo buat kedepannya, mau itu urusan karir ataupun melanjutkan pendidikan. 

So, gak ada salahnya kan buat bertanya ke senior?

Karena, dengan bertanya ke senior, selain kamu dapat informasi jawaban, kamu juga bisa menambah relasi. Jadi, jangan takut, yaa 

4. Temukan Cara Belajar yang Paling Sesuai

Tips selanjutnya adalah temukan cara belajar yang sesuai. Kamu harus pandai memilih durasi belajar yang sesuai serta metode belajar apa yang palung cocok buat kamu, dan jangan lupa sesuain juga ya, sama mata kuliah apa yang kamu lagi pelajari. Kalau kamu udah ngerasa nyaman sama cara belajar kamu, dijamin deh kuliah kamu bakalan lancar.

Fyi, cara belajar efektif itu berpengaruh banget, lhoo buat ningkatin nilai ujian. Dan buat kamu yang butuh informasi tambahan seputar Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian, bisa kamu baca disini.

5. Kenali Karakteristik Dosen

Tips selanjutnya adalah kenali karakteristik dosen. Dengan mengenal karakteristik dosen dan model mengajar tiap dosen, kamu bisa menyesuaikan strategi belajarmu, dong pastinya. Kalau kamu udah tahu karakteristik dari dosenmu, kamu akan lancar menyesuaikan diri dalam fase 4 tahun perkuliahan di kampus, nih. Jadi, mulai cermat, yaa dalam mengenali karakteristik dosen😉

Akhir kata, itulah Tips yang Wajib Diikuti Mahasiswa Baru agar Lancar Selama Kuliah yang dapat Tan Eduka bagikan

Semangat kuliahnya, semoga sukses😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel