Bingung Mempersiapkan Ujian? Berikut 10 Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian

Ada banyak cara belajar yang dilakukan pelajar dalam menghadapi ujian. Ada mereka yang memakan waktu lama untuk belajar sampai begadang, ada yang menerapkan sistem SKS, ada pula mereka yang menghabiskan waktunya dalam cara belajar yang tidak efektif. 


Padahal, untuk menghadapi ujian, Anda harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin, maka cara belajar efektif adalah solusinya. Lantas, bagaimana caranya agar cara belajar kita jadi lebih efektif sehingga bisa sukses menghadapi ujian? 


Nah, jika Anda ingin menemukan cara belajar yang efektif, baca artikel ini untuk mendapatkan solusinya. Dijamin, dengan cara belajar efektif, Anda berpeluang mendapatkan nilai yang lebih memuaskan saat ujian. Penasaran? Yuk, kita lihat bersama penjelasan berikut ini: 


Bingung Mempersiapkan Ujian? Berikut 10 Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian

1. Kenali Metode Belajar yang Cocok untuk Anda

Sebelum membuat jadwal belajar menjelang ujian, pertama-tama Anda harus mengenali metode belajar yang cocok untuk Anda. Biasanya, preferensi belajar bagi tiap individu terbagi menjadi dua, yaitu audio dan visual.


Jika Anda menyukai cara belajar menggunakan audio, coba Anda rekam materi yang diberikan guru atau dosen dan dengarkan ulang ketika Anda sedang mempelajarinya di rumah. Adapun jika Anda menyukai cara belajar menggunakan visual, Anda dapat menonton video yang berisikan materi pelajaran.


Kenalilah metode belajar yang tepat dan pilihlah metode belajar yang cocok untuk Anda. Maka, Anda pun akan menemukan kenyamanan dalam belajar.


2. Buat Jadwal Belajar yang Teratur

Kenapa sih harus membuat jadwal belajar? Mungkin Anda yang terbiasa SKS menganggap hal ini sepele. Namun, perlu Anda ketahui, dengan membuat jadwal belajar, proses pembelajaran akan menjadi lebih teratur dan efektif.


Anda dapat menuliskan materi apa saja yang harus dipelajari, tugas-tugas yang harus dikerjakan sehingga tidak menumpuk ketika mendekati waktu ujian. Anda juga dapat membuat to-do list di catatan, handphone, atau di buku agenda agar tetap update dengan target yang ingin Anda capai. 


3. Pilih Tempat dan Waktu Belajar yang Nyaman

Tahukah Anda? Jika setiap orang ternyata memiliki preferensi tempat dan waktu belajar masing-masing? Yap! Ada mereka yang suka belajar di tempat ramai, tetapi ada juga yang lebih nyaman belajar di tempat sepi.


Ada orang yang nyaman belajar pada malam hari, tetapi ada juga yang lebih nyaman belajar di pagi hari. Anda dapat belajar di rumah, perpustakaan, bahkan cafe di dekat rumah. Oleh sebab itu, Anda dapat memilih tempat dan waktu belajar yang menurut Anda paling pas. Sebab, dengan begitu, belajar untuk ujian akan terasa ringan dan menyenangkan. 


Jika Anda merasa belajar pada malam hari lebih efektif, jangan lupa manfaatkan waktu luang di siang atau sore hari untuk beristirahat ya! Dengan istirahat cukup, Anda bisa menjaga kesehatan agar tetap sehat dan fokus untuk menghadapi ujian. 

4. Hindari Cara Belajar SKS

Stop belajar SKS mulai dari sekarang!! Belajar satu hari sebelum ujian merupakan cara belajar yang tidak efektif dan biasanya berujung dengan hasil mengecewakan. Cara SKS seperti ini bisa membuat Anda tidak dapat memahami materi secara keseluruhan karena terburu-buru saat belajar.


Untuk menghindari SKS, Anda dapat mencicil dengan cara membaca ulang materi yang telah dipelajari setiap harinya . Jika Anda tidak punya waktu, pelajari ulang materi pada akhir pekan. Dengan begitu, Anda dapat mengingat dan memahami materi secara lebih baik.

5. Terus Mengulang Materi

Untuk cara ini, Anda dapat meminta bantuan teman belajar atau orang terdekat Anda untuk menanyakan materi yang sudah Anda pelajari.


Anggap saja ini pre test untuk mempersiapkan diri sebelum ujian sebenarnya. Agar lebih optimal, coba jadikan kegiatan ini sebagai rutinitas mingguan bersama teman.


Jika dilakukan bersama teman, proses belajar menjadi menyenangkan dan Anda akan memahami materi secara lebih efektif, lho. 


6. Olahraga Kecil dan Jangan Lupa untuk Jaga Kesehatan

Nah, hal ini pasti sering terlupa ketika Anda sibuk belajar, bukan?


Padahal, perlu Anda ketahui, menjaga kesehatan sebelum dan selama masa ujian sangatlah penting. Maka dari itu, Anda perlu melakukan olahraga ringan seperti stretching atau berjalan kaki setidaknya sekali sehari.


Pilih jenis olahraga yang ringan atau setidaknya sempatkan untuk berjalan kaki karena bermanfaat untuk menyegarkan pikiran agar tidak penat dengan rutinitas belajar. Selain itu, jangan memforsir diri karena akan mengganggu kesehatan. Selain harus mengambil jeda untuk beristirahat, Anda juga harus menjaga makanan dan kegiatan yang Anda lakukan sebelum ujian.


Hindari makanan dengan minyak berlebih seperti gorengan atau  yang kurang jelas kebersihannya. Kalau tidak menjaga makan dan kekurangan istirahat, bisa-bisa Anda jatuh sakit dan pada akhirnya mengganggu persiapan untuk menghadapi ujian.


7. Jangan Memforsir Diri Terlalu Berlebihan!

Belajar efektif, bukan berarti Anda harus belajar terus menerus bahkan sampai memforsir diri terlalu berlebih. Agar dapat mengerjakan ujian dengan maksimal, Anda juga perlu beristirahat sesekali. Tidak perlu memforsir diri dengan belajar berat setiap hari.


Cukup pahami konsep materi pelajaran secara keseluruhan, dan bukan berusaha mengingat setiap detail. Jika Anda hanya berusaha mengingat setiap detail, Anda akan melupakan hal paling penting, yaitu pemahaman akan materi yang telah dipelajari. 


8. Belajar Bersama Teman

Belajar bersama teman, Why Not? Saat belajar, terkadang Anda menemukan materi yang sulit untuk dipelajari. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menanyakan ke guru atau mendiskusikannya dengan teman Anda. Belajar dengan teman dan berdiskusi bersama akan lebih mudah dibanding belajar sendirian.  


9. Gunakan Gadget Dengan Bijak

Bijaklah menggunakan gadget saat belajar! Agar Anda dapat fokus belajar dan mempersiapkan diri dengan baik, kurangilah waktu Anda untuk hal yang tidak perlu. Berlebihan dalam menggunakan gadget saat belajar, tentu akan mengurangi fokus Anda saat belajar.

Untuk mengatasinya, batasilah penggunaan gadget. Jika Anda memang membutuhkan handphone untuk belajar, tetap batasi waktu penggunaannya ya!

10. Belajar Tambahan di Tempat Bimbel

Jika Anda merasa butuh waktu tambahan untuk belajar, Anda bisa mengikuti bimbel. Pilih tempat bimbel yang berkualitas dan cocok dengan kebutuhan Anda.


Pembelajaran di tempat bimbel akan menunjang dan mendampingi persiapan Anda dalam menghadapi ujian. Menarik bukan?


Sekarang, Anda sudah mengetahui cara belajar yang efektif untuk menghadapi ujian. Selain butuh konsistensi dalam mengatur jadwal dan menjaga motivasi belajar, agar dapat menghadapi ujian dengan baik, Anda juga harus menjaga kesehatan. Selamat belajar, Semoga sukses!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel