PERAN PELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP BAHASA INDONESIA

 

 

            Pelajar adalah sebutan bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan dan berada pada usia produktif. Dimana berdasarkan data dari BPS jumlah pelajar remaja di Indonesia mencapai 66,3 juta penduduk remaja. Jumlah yang sangat besar untuk membuat suatu pengaruh besar bagi Indonesia. Pengaruh besar bagi bangsa Indonesia akan didapat apabila para pelajar memiliki kontribusi aktif untuk mencintai Negeri Indonesia. Dengan menjadi penentu arah dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam menyelesaikan permasalahan disekitarnya. Dan mengupayakan yang terbaik untuk bangsanya, semisal meningkatkan kepedulian mereka untuk lebih peduli terhadap Bahasa Indonesia dan juga mampu untuk meningkatkan kesetiaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap Bahasa Indonesia.


            “ Bahasa negara adalah Bahasa Indonesia”,  itulah sepenggal kalimat yang termuat dalam amanat UUD  1945 sebagai suatu amanat bagi kita semua untuk menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia. Sehingga dengan ini, sudah sepantasnya kita bersedia mencintai Bahasa Indonesia. Tentunya, apabila para pelajar siap dan mampu untuk berkontribusi aktif dalam meningkatkan kepedulian terhadap Bahasa Indonesia, maka keberadaan Bahasa Indonesia sendiri sebagai bahasa persatuan tidak akan tergeser oleh bahasa gaul dan juga penggunaan bahasa yang tidak baku yang akhir-akhir ini, marak digunakan penggunaan bahasanya oleh masyarakat Indonesia. Sehingga banyak masyarakat yang kurang mencintai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena pelajar sendiri merupakan generasi muda yang memiliki peranan penting dalam menentukan keberadaan suatu bangsa, sekaligus merupakan insan akademis yang juga makhluk sosial, dengan tingkat intelektual yang dimiliki oleh pelajar, diharapkan dapat membawa perubahan berarti dan mampu mengabdi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia agar senantiasa menghargai dan mencintai Bahasa Indonesia. Dan menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan negara.


            Peranan pelajar untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Bahasa Indonesia dapat ditempuh melalui 3 peranan yaitu: (1) sebagai fasilitator, dengan menyediakan fasilitas dan juga ruang untuk berbagi ilmu tentang kepedulian terhadap Bahasa indonesia, ataupun sebagai tempat untuk berkomunikasi secara efektif dan terarah kepada masyarakat Indonesia baik secara langsung ataupun dengan memanfaatkan teknologi informasi secara tepat agar masyarakat Indonesia mampu untuk lebih mencintai bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. (2) sebagai pelopor, yaitu bisa dengan membentuk semacam kelompok  pelajar peduli bahasa indonesia yang mampu meningkatkan kesetiaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai Bahasa Indonesia. (3) sebagai pengawas, yaitu dengan memberikan pandangan, pendapat, dan peningkatan tingkat kecintaan masyarakat terhadap Bahasa Indonesia.


            Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa sudah saatnya kita menjalankan perananan kita sebagai putra bangsa dengan mencintai dan menghargai bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia. Sebagai wujud implementasi nilai pancasila dan juga sebagai wujud kecintaan kita terhadap negara kita yang tercinta, Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel