Komputer Anda Nge-Hang? Berikut Penjelasan Lengkap Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada banyak penyebab komputer hang dan bagaimana cara mengatasi komputer hang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk Anda.  Hang adalah istilah untuk masalah dimana software atau aplikasi di komputer berhenti bekerja. Atau secara fisik akan nampak tulisan Not Responding.


Apa penyebab komputer Anda Hang?

Jika komputer mengalami masalah seperti tidak bisa bergerak (mouse), tidak bisa masuk windows, baru dinyalakan langsung freeze, sering restart sendiri, sering mengeluarkan bunyi, bahkan muncul blue screen dll. Itulah kondisi Hang dimana PC Anda mendapati masalah ketika Anda terlalu sering menggunakannya secara berat.


Dalam artian begini, contohnya ketika Anda bermain game online. Proses menjalankan program tersebut menguras banyak daya dari komponen penting. Apa saja? Jika Anda tidak mempunyai komponen cooler yang baik, diantaranya adalah CPU, VGA dan RAM. Maka tidak heran jika PC Anda akan terasa sangat berat. Terlebih lagi untuk ngegame online.


Dalam masalah ini, terdapat banyak faktor yang menyebabkannya.


Mulai dari masalah internal, yakni dari software atau aplikasi itu sendiri, maupun masalah eksternal seperti hardware dan aksesoris lainnya.


Jika Anda masih bingung mengenai perangkat komputer, Anda dapat membacanya disini.


Berikut penjelasan lengkap penyebab komputer atau laptop hang dan cara mengatasinya

Komputer Anda Nge-Hang? Berikut Penjelasan Lengkap Penyebab dan Cara Mengatasinya
Komputer Anda Nge-Hang? Berikut Penjelasan Lengkap Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. RAM Low Space

RAM atau Random Access Memory digunakan sebagai penyimpanan data latar belakang. RAM (Random Access Memory) adalah  tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memedulikan letak data tersebut dalam memori atau acak. Jadi, Ram ini hanya sebagai penyimpanan sementara saja saat anda menggunakan komputer atau software tertentu agar dapat diproses dengan cepat. Artinya, program-program yang berjalan dilatar belakang disimpan dalam memori ini.


Jika RAM Anda low space, dan ngehang saat digunakan, solusinya ialah jangan menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan. Silahkan close dan jangan lupa hapus cache setelah program digunakan.  Jika dengan cara ini dirasa kurang mampu atau komputer masih sering hang, maka langkah yang paling ampuh ialah menambah memori (RAM). Apabila Anda menggunakan RAM dibawah 4 GB, maka Anda dapat mengupgrade RAM Anda menjadi 4GB atau selebihnya.


Namun, jika anda mengikuti tren sekarang, minimal gunakan RAM 8GB. Dan bagi Anda para gamers, Anda dapat menggunakan RAM sampai ukuran 16GB dan 32GB agar lancar saat bermain game atau multitasking. Oleh sebab itu, Anda harus memaksimalkan kinerja laptop atau PC Anda dengan memakai RAM yg lebih tinggi lagi.


2. HardDisk Low Space

Hardisk adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer. Semua data yang ada dalam komputer baik itu dokumen, gambar, data sistem, OS, aplikasi akan tersimpan dalam perangkat ini. Akan tetapi, Ketika Hardisk Anda low space, tetapi aktivitas komputer Anda sangat sibuk, maka komputer pun akan mengalami Hang. Hard Disk Drive (HDD) atau biasa kita sebut hardisk menyediakan ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data. 


Perangkat ini bersifat non-volatile memory yang berarti data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. Namun, jika hardisk low space, aktivitas komputer Anda sibuk, kemudian komputer Anda langsung Hang, artinya penyimpanan pada komputer atau laptop Anda hampir penuh. Untuk mengatasinya silahkan lakukan pembersihan file sampah dan file cache yang tersimpan sementara.


Lakukan dengan klik Windows + R lalu klik cleanmgr. Jangan lupa untuk hapus file-file yang tidak dibutuhkan. Hapus dan uninstall juga data-data software yang tidak penting.


Sebaiknya Anda menyimpan data di storage online untuk berjaga – jaga, jika sewaktu – waktu anda butuh tinggal download file tersebut.


Namun bila Anda tidak ingin ribet karena memakan paket internet banyak, sebaiknya pakai hardisk eksternal karena Anda menyimpan file dan dokumen penting di dalam hardisk di luar perangkat komputer Anda.


3. Suhu CPU diluar batas (Overheat)

CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya. Jika aktivitas pada komputer Anda sibuk, dan suhu CPU sudah di luar batas, maka jangan heran jika komputer Anda mengalami Hang. Hal ini disebabkan karena sistem pendingin pada hardware (dalam hal ini CPU) tidak berjalan dengan normal. Untuk mengatasinya, yakni dengan membersihkan bagian fan (kipas) dan heatsink (logam pendingin) serta menambah pasta pendingin pada body prossecor dan heatsink.


4. Komputer Terinfeksi Virus

Virus komputer adalah sebuah program perangkat lunak kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer. Virus komputer dapat merusak atau menghapus data di sebuah komputer, menggunakan program email untuk menyebarkan virus ke komputer lain, atau bahkan menghapus apa pun yang ada di dalam hard disk. Virus komputer sering tersebar oleh lampiran dalam pesan email atau pesan instan. 


Oleh karena itu, Anda tidak boleh membuka lampiran email kecuali jika Anda mengetahui siapa yang mengirim pesan atau kecuali jika Anda memang mengharapkan lampiran email. Virus dapat menyamar sebagai lampiran gambar lucu, kartu ucapan, atau file audio dan video. Virus komputer juga menyebar melalui unduhan di Internet. Virus dapat bersembunyi di dalam perangkat lunak bajakan atau di file lainnya yang Anda unduh.Ini sering terjadi pada beberapa pengguna software bajakan. 


Jika sudah terinfeksi virus. Maka caranya ialah dengan melakukan scanning menyeluruh pada perangkat komputer atau laptop. Gunakan software antivirus yang benar-benar mampu menjangkau bagian dalam komputer seperti mallwarebyte ataupun lainnya. Jika masih gagal, silahkan masuk ke mode aman (Safe Mode).


5. File Data Software Rusak atau Hilang

Setiap kita menginstal sebuah software, maka dari software itu akan melakukan ekstrak beberapa file untuk menjalankannya. Hilang atau rusaknya sebuah file saja akan berakibat program terhenti (Not Responding).


Solusinya ialah, pastikan installasi sudah mencapai 100% alias sempurna. Dan pastikan juga file program yang tersimpan masih utuh tidak ada yang rusak atau hilang.


Akan tetapi, sebagai informasi tambahan, tentu akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui cara merawat PC/komputer agar tidak mudah rusak untuk mencegah kejadian nge-Hang ataupun kerusakan lainnya terjadi kembali.


Untuk mengetahui cara / tips merawat PC/komputer Anda agar tidak cepat rusak, Anda dapat membacanya disini.



Itulah penjelasan lengkap penyebab laptop/komputer Hang dan cara mengatasinya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel