5 Tips Merawat PC Anda agar Tidak Cepat Rusak

5 Tips Merawat PC Anda agar Tidak Cepat Rusak -- Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.


Komputer merupakan alat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kegiatan perkantoran maupun kegiatan belajar baik bagi pelajar ataupun mahasiswa. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban pengguna sekaligus pemilik komputer untuk merawat dan membersihkan komputer dengan baik dan benar agar tidak cepat rusak saat digunakan. 


Tentunya bagi Anda seorang pengguna komputer, memiliki komputer yang awet dan tahan lama sudah menjadi harapan Anda. Untuk membuat komputer Anda bekerja dengan baik dalam waktu lama, berikut informasi yang tepat untuk Anda. Silakan disimak bahasan berikut.


5 Tips Merawat PC Anda agar Tidak Cepat Rusak

PC

5 Tips cerdas merawat PC dengan benar menjadi pokok bahasan yang akan dibahas tuntas pada artikel kali ini. Dampak positif jika Anda merawat komputer dengan baik dan benar adalah komputer akan lebih awet dan terhindar dari gangguan yang dapat merusak komputer.


Jika Anda memiliki komputer, sudah sepantasnya Anda merawatnya dengan baik. Perawatan sangat penting, bertujuan agar komputer tetap optimal dalam pengoperasiannya. Sebelum itu, ketahui dulu apa yang bisa memengaruhi kinerja pada komputer. 


Pertama, kualitas komputer merupakan faktor utama yang memengaruhi kinerja komputer. Biasanya harga komputer mahal dan merek terkenal akan cenderung lebih baik, tetapi tidak selalu yang mahal itu baik dan tidak selalu yang murah itu buruk, tetapi di sini untuk pengaruh utama, kualitaslah yang memengaruhi.


Kedua, cara perawatan, bagi pemilik komputer hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan komputer.  Pemeliharaan komputer sangat penting dalam fungsi dan dampaknya, semakin rajin kita membersihkan dan merawat komputer, semakin baik kinerja komputer.


Dari kedua faktor di atas, dapat diperoleh bahwa kualitas dan perawatan memang sangat memengaruhi kinerja komputer.


Berikut Disajikan Informasi 5 Tips Merawat PC Anda agar Tidak Cepat Rusak


1. Rajin Bersihkan Debu yang Menempel pada Komponen Komputer Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat PC Anda adalah bersihkan semua debu yang menempel pada komponen-komponen komputer seperti hard disk, power supply, LAN card, VGA, dan beberapa komponen kotor lainnya. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat yang lembut, bersihkan dengan hati-hati karena biasanya komponen ini rawan tergores atau tertekuk.


2. Perhatikan Aliran Udara PC Anda

Pasokan udara pada komputer atau laptop sangatlah penting. Karena, masing-masing gadget tersebut akan mengeluarkan panas jika digunakan beberapa lama. Ketika pasokan udara berjalan dengan baik, suhu komputer Anda menjadi teratur. Jika PC atau komputer terus mengalami suhu tinggi (overheat) maka ada risiko kerusakan pada hardware seperti; tiba-tiba mati, blue screen, atau lainnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pada hardware biasanya akan lebih mahal. 


Agar panas bisa diatasi, gunakan heatsink yang memiliki kualitas bagus. Selain itu, bersihkan kipas saat merawat laptop atau PC secara rutin. Anda juga perlu mengganti thermal paste pada prosesor. Hal ini perlu dilakukan pada tahun kedua komputer atau laptop yang telah Anda beli.


3. Lakukan Pembaruan pada Perangkat Lunak dan Driver

Kebanyakan pengguna PC / komputer tidak memerhatikan software atau driver yang digunakan. Padahal dua hal ini sangat penting karena bisa membantu PC Anda selalu bekerja maksimal. Ada kalanya software yang Anda install tidak bisa digunakan jika OS yang Anda miliki tidak diupdate terlebih dahulu. 


Salah satu cara merawat komputer atau PC adalah dengan melakukan update secara berkala, minimal setiap dua bulan sekali. Karena, pada saat itu, Windows, Mac atau yang lainnya sudah melakukan update terbaru. Pembaruan ini berfungsi untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja perangkat lunak, meningkatkan perlindungan, dan lainnya.


4. Hindari Menggunakan PC saat Hujan / Petir

Jika sedang hujan atau akan turun hujan sebaiknya komputer dimatikan terlebih dahulu agar tidak tersambar petir. Apalagi jika komputer terhubung dengan wireless atau modem, segera matikan komputer dan jaringan internet dengan baik agar tidak tersambar petir.


5. Ganti Prosesor Thermal Paste dan VGA Secara Berkala

Langkah terpenting dalam perawatan komputer selanjutnya adalah mengganti paste prosesor secara berkala. Paste atau thermal paste biasanya akan mengering saat digunakan. Oleh karena itu agar komputer tidak overheat, thermal paste harus diganti. Thermal paste bisa didapatkan di hyperstore atau toko komputer. 


Harganya bervariasi tergantung kualitasnya, mulai dari 20 ribu hingga ratusan ribu. Selain pasta prosesor, pasta VGA atau GPU juga perlu diganti. Untuk mengganti thermal paste VGA, jangan lupa untuk lepas dulu kipas heatsink yang terpasang.


Itulah informasi mengenai 5 Tips Merawat PC Anda agar Tidak Cepat Rusak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel