Mengenal Perangkat Komputer dan Jenisnya

Dalam perkembangan zaman, penggunaan komputer memegang andil yang luar biasa besar dalam membantu pekerjaan manusia. Bagi Anda pengguna komputer, tentu Anda harus mengenal apa itu perangkat komputer dan apa saja jenisnya. Dengan mengenali pengertian dan jenisnya, ini akan membantu Anda dalam mengoperasikan komputer Anda.


Artikel ini akan secara rinci membahas informasi yang Anda butuhkan. Berikut Penjelasan Lengkap Pengertian Perangkat Komputer dan Jenisnya


Mengenal Perangkat Komputer dan Jenisnya

Mengenal Perangkat Komputer dan Jenisnya


So, Apa sih perangkat komputer itu?

Perangkat Komputer adalah sebuah komponen-komponen yang ada pada komputer dimana komponen tersebut sudah sering dilihat sehari-hari bagi pengguna komputer. Fungsi dari Perangkat Komputer ini sendiri adalah untuk mengontrol proses dari sebuah sistem komputer dimana komponen dari perangkat komputer ini sendiri dibagi menjadi 2 macam, yaitu:


1. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras atau Hardware adalah suatu perangkat elektronik yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan dapat dipegang secara fisik. Perangkat Keras ini sendiri dibagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu:


A. Perangkat Output 

Perangkat Output atau perangkat keluaran adalah perangkat yang mengirim sebuah data dan informasi yang telah di proses di dalam komputer untuk di berikan atau di tampilkan ke pengguna, seperti: Proyektor, Printer, Monitor, dll.


B. Perangkat Input

Perangkat Input atau Perangkat Masukkan adalah perangkat yang menerima data-data yang di hasilkan dari luar lalu masuk ke dalam komputer untuk di proses, seperti: Keyboard, Mouse, Microphone, dll.


C. Perangkat Process 

Perangkat Process atau perangkat pemroses adalah  Perangkat keras yang berguna untuk menerima data dari perangkat input dan memproses data tersebut, seperti: Processor, RAM, Northbride, dll.


2. Perangkat Lunak (Software)

Software adalah perangkat yang berfungsi untuk menjalankan hardware. Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Perangkat Lunak ini bersifat tidak dapat dipegang, dalam penggunaannya pun  perangkat lunak di klasifikasikan menjadi 4 macam, yaitu:


A. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yangmendasar sehingga dapat mengatur kerja media input, output, media pemroses, dll. seperti: Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOs, Linux, android, mac os, debian, dll. Sistem operasi adalah sebuah sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer.


Fungsi sistem operasi

  1. Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
  2. Mengatur memori
  3. Pengaturan penyimpanan hardisk
  4. Mengatur proses input dan output data
  5. Mengenali dan mengontrol perangkat yang terhubung ke komputer
  6. Manajemen file


B. Program Aplikasi 

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang di rancang khusus untuk kebutuhan tertentu, yaitu perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang sangat khusus.

  1. Contoh aplikasi pengolah kata (word processing):  MS Word, Abi word, K Word
  2. Contoh aplikasi pengolah angka (spreedsheet): MS Excell, Lotus 123
  3. Contoh aplikasi grafis: Adobe Photoshop, Corel Draw
  4. Contoh aplikasi browser: Opera, Chrome, Safari, Mozilla Firefox


C. Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan prosedur atau aturan tertentu agar diterima oleh komputer.


D. Program Bantu

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, seperti: Antivirus, CC Cleaner, Winrar, dll.


Jadi, Perangkat Komputer adalah komponen-komponen yang mengontrol jalannya sebuah sistem pada komputer baik berupa Hardware maupun software sama-sama saling berkerja untuk menghasilkan sesuatu yang di harapkan pengguna.


Itulah Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Perangkat Komputer dan Jenisnya.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel