Cara Mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V



Mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V - Halo, kembali lagi bersama Tan Eduka. Pada postingan kali ini, spesial bagi Anda pengguna Samsung Galaxy V, Tan Eduka akan membahas mengenai cara mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V


Bagi Anda pengguna HP Samsung Galaxy V yang saat ini sudah mulai lemot, pastinya Anda merasa kesal karena ketika HP Anda lemot, maka aktivitas Anda dalam menggunakan HP pun akan terhambat.


Memang tidak dapat dipungkiri, HP Samsung Galaxy V memiliki spesifikasi yang relatif rendah dibandingkan dengan HP Samsung keluaran terbaru. Samsung Galaxy V hanya dibekali dengan RAM 512 MB yang menjadikan HP Samsung Galaxy V ini menjadi lemot seiring lawasnya usia HP terlebih ketika menjalankan terlalu banyak aplikasi.


Oleh sebab itu, Tan Eduka kali ini akan membahas mengenai Cara Mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V.


Berikut Cara Mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V


  1. Memahami karakteristik HP Samsung Galaxy V
  2. Mengenali penyebab HP Samsung Galaxy V Anda menjadi lemot
  3. Mengatasi HP Samsung Galaxy V yang lemot



1. Karakteristik HP Samsung Galaxy V


HP Samsung Galaxy V adalah Handphone Android yang memiliki RAM dengan kapasitas 512 MB, menggunakan OS kitkat dan dibekali dengan kamera utama 5MP serta jaringan internet 3G/H+.


Selain itu, memori internal HP Samsung Galaxy V hanya di bekali 4GB dan memori external up 32GB dengan CPU speed 1.2Ghz, dan Baterai 1500mAh



2. Penyebab HP Samsung Galaxy V Anda menjadi lemot


A. Anda menginstall terlalu banyak aplikasi.


Perlu Anda ketahui, HP Samsung Galaxy V ini hanya dibekali dengan spesifikasi RAM 512 MB. Oleh sebab itu, kemampunya pun akan sangat terbatas dan tidak benar apabila Anda menginstal terlalu banyak aplikasi hingga menumpuk di HP Anda.


Adapun cara mengatasinya, yaitu :


  1. Unistall aplikasi yang tidak di gunakan
  2. Tidak memasang banyak wiget, seperti cuaca, berita dan lainya terlebih yang membutuhkan koneksi internet


B. Memori sudah penuh


Memori yang sudah penuh di HP Samsung Galaxy V Anda tentunya merupakan salah satu alasan yang dapat membuat HP Anda menjadi lemot. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan space free pada memori HP Samsung Galaxy V Anda, memori internal dan external. Jangan sampai Anda membiarkan memori Anda menjadi penuh karena hal ini akan menghambat kinerja HP Anda.


Dengan menguninstall aplikasi, pastinya Anda sudah mengurangi space memori. Akan tetapi, bukan hanya dari aplikasi saja, penyimpanan file file yang tidak berguna dan menumpuk di HP Anda pun perlu Anda hapus untuk meningkatkan kinerja HP.


Adapun cara mengatasinya, yaitu:


  1. Usahakan memori internal hanya sebagai tempat penyimpanan install aplikasi
  2. Hapus chace secara berkala
  3. Hapus file dan aplikasi yang tidak berguna


C. HP Anda terkena virus dan malware


Perlu Anda ketahui, bahwa jika HP Anda terkena virus dan malware, maka hal tersebut juga dapat membuat HP Anda menjadi lemot.


Untuk mengatasi virus tersebut, Anda bisa membacanya disini.


3. Mengatasi HP Samsung Galaxy V yang lemot


1. Non-Aktifkan Fitur Auto Update


Fitur Auto update akan mengupdate aplikasi apa saja yang ada di HP Anda jika memang sudah tersedia versi terbaru. Jika fitur ini diaktifkan, maka aplikasi-aplikasi tersebut akan memenuhi ruang penyimpanan juga RAM di HP Anda. Selain itu, dengan terlalu banyak mengupdate aplikasi, baterai HP Anda pun akan menjadi jauh lebih boros. Oleh sebab itu, penting bagi Anda pengguna HP Samsung Galaxy V untuk me non-aktifkan fitur auto update ini.


2. Gunakan Aplikasi Auto Kill 


Aplikasi Auto Kill ini bermanfaat untuk membatu sistem menutup aplikasi yang berjalan dan tidak di gunakan. Anda dapat menggunakan Aplikasi Auto Kill untuk mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V


3. Gunakan Aplikasi Factory Reset


Apabila dari beberapa cara diatas ternyaata tidak berhasil, maka ada satu langkah lagi dapat Anda lakukan untuk mengatasi HP lemot Samsung Galaxy V


Dengan Factory reset, maka HP Anda akan dikembalikan ke kodisi awal.


Caranya, yaitu:


  1. Silakan Anda masuk ke menu
  2. Kemudian klik pengaturan
  3. Klik backup dan reset
  4. Selanjutnya anda ikuti langkahnya hingga selesai



Akhir kata, itulah pembahasan terkait Cara Mengatasi HP Lemot Samsung Galaxy V yang dapat artikel kali ini bagikan


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel