Cara Menulis Artikel secara SEO Friendly bagi Blogger Pemula





Bagi Anda para blogger, memiliki konten yang popular pasti menjadi keinginan yang terus ingin diwujudkan. 


Untuk memiliki postingan popular, tidak cukup dengan hanya menulis artikel sebaik mungkin. Menulis artikel dengan baik memanglah bagus, akan tetapi menulis artikel yang mampu menarik perhatian orang banyak dan ramah mesin pencari itu jauh lebih bagus. Karena, jika artikel Anda ramah mesin pencari, maka artikel Anda akan lebih mudah berada di first page Google dan diburu banyak pengunjung.


Lantas bagaimana ya, cara melakukannya?


Untuk melakukannya, Anda perlu mengetahui cara membuat artikel SEO Friendly


Apa itu artikel SEO Friendly?


Seo Friendly adalah penulisan artikel yang mengikuti aturan algoritme Google terbaru sehingga dapat menarik perhatian pembaca.


Lalu, bagaimana cara menulis artikel secara SEO bagi blogger pemula?


Berikut Cara Menulis Artikel secara SEO Friendly bagi Blogger Pemula


1. Pastikan Anda Menggunakan Kata Kunci yang Tepat


Cara pertama menulis artikel secara SEO Friendly adalah menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata dengan volume pencarian yang besar, persaingan yang kecil, dan sesuai dengan niche blog Anda.


Kata kunci dengan volume pencarian besar menunjukkan bahwa kata kunci tersebut banyak dicari oleh orang-orang. Jadi, jika Anda menulis suatu artikel dengan menggunakan kata kunci yang dicari orang banyak, artikel Anda akan berpotensi menarik banyak pembaca.


Selain menggunakan kata kunci dengan volume pencarian besar, Anda juga dapat menggunakan kata kunci dengan persaingan kecil. Karena, nantinya akan memudahkan Anda memenangkan first page dan posisi tinggi di mesin pencarian Google. 


Selain itu, Anda juga harus memilih kata kunci yang sesuai dengan niche blog Anda. Karena, ini akan membantu agar konten Anda tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda. 


Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Beberapa tools riset kata kunci gratis yang dapat Anda gunakan diantaranya melalui Ubersuggest, KWFinder, atau Google Trends. 


2. Anda Harus Memahami Intent Pengguna


Ketika pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan, mereka tentu akan berlama-lama di artikel Anda. Ini membuat Google menganggap artikel Anda bermanfaat dan perlu mendapat posisi tinggi di mesin pencarian. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami intent pengguna.


3. Ambil Sudut Pandang yang Unik


Cara ketiga adalah ambil sudut pandang yang unik. Dengan mengambil sudut pandang yang unik, ini akan membuat artikel Anda lebih menonjol. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan intent pengguna juga, ya


4. Perhatikan Struktur Artikel


Cara keempat adalah perhatikan struktur artikel. Cara ini digunakan untuk memperlancar proses menulis.


Selain itu, dengan memperhatikan struktur artikel, maka itu akan memudahkan pengunjung memahami artikel Anda.


5. Tulislah Bagian Pembuka dengan Baik


Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menulis bagian pembuaka artikel dengan baik agar memberikan kesan yang baik dan membuat pembaca betah berlama-lama membaca artikel Anda. 


7. Gunakan Teknik Piramida Terbalik


Cara ketujuh adalah menggunakan teknik piramida terbalik.


Apa itu teknik piramida terbalik?


Piramida terbalik adalah teknik penulisan dimana Anda menaruh informasi paling penting di bagian awal, lalu diikuti oleh penjelasan lebih detail, dan diakhiri dengan informasi tambahan. 


8. Fokuslah pada 1 topik yang dibahas


Cara selanjutnya adalah pastikan Anda fokus membahas 1 topik dalam artikel Anda agar informasi yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tidak membingungkan pembaca.


9. Hindari Keyword Stuffing


Cara selanjutnya adalah hindari keyword stuffing.


Apa itu keyword stuffing?


Keyword stuffing adalah menggunakan kata kunci secara berlebihan. Tentu cara ini bukanlah penulisan yang dianjurkan karena dapat mengganggu fokus pembaca. Dan menjadikan keyword yang Anda gunakan di dalam artikel sebagai spam.


10. Perbanyak Penggunaan Kata Sambung


Cara selanjutnya adalah perbanyak penggunaan kata sambung untuk menghubungkan antar kalimat dan antar paragraf. Cara ini digunakan dengan tujuan membantu pembaca memahami hubungan antar ide di dalam artikel.


11. Sisipkan Internal Link dan External Link


Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menulis artikel secara SEO Friendly adalah dengan memasukkan internal link dan eksternal link di dalam artikel pada postingan blog Anda. Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu blog atau website yang sama. Sedangkan external link adalah link yang merujuk ke halaman blog atau website lain. Cara ini dapat Anda gunakan untuk meningkatlan traffic pada blog atau website Anda karena nantinya Google akan lebih mudah mengindeks blog atau website Anda.


12. Tambahkan Konten Visual


Cara selanjutnya adalah Anda juga dapat menyelipkan konten visual seperti gambar, infografis, ataupun ilustrasi di dalam postingan artikel Anda.


Cara ini ditujukan agar pembaca lebih nyaman dalam membaca postingan artikel Anda.


Untuk memperoleh konten visual, Anda bisa mendapatkan konten visual dari website penyedia gambar gratis seperti Pixabay, pexels, atau Unsplash. 


13. Optimasi Gambar


Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menulis artikel secara SEO Friendly adalah silakan Anda optimasi gambar yang Anda gunakan di dalam artikel pada postingan blog Anda. Tujuannya, agar hemat sumber daya penyimpanan, waktu loading website jadi lebih cepat, dan kenyamanan pengunjung lebih terjaga dengan baik.


14. Gunakan Heading


Cara selanjutnya adalah gunakan heading.


Apa itu heading?


Heading adalah judul dari bagian artikel yang menjelaskan sebuah informasi tertentu.


Dengan menggunakan heading, maka pembaca akan lebih mudah menemukan pokok bahasan artikel Anda.Cara ini dapat Anda gunakan untuk menulis artikel secara SEO Friendly.


15. Usahakan Panjang Artikel Optimal


Cara selanjutnya adalah tulislah artikel dengan panjang artikel optimal. Tulislah artikel minimal 300 kata agar Google bisa memahami topik Anda. Untuk hasil lebih baik, Anda dapat menggunakan 1000 – 2500 kata. 


16. Perhatikan Komponen Teknis Blog


Membuat artikel SEO friendly tidak hanya mengharuskan Anda memperhatikan kalimat dan paragraf, tetapi juga komponen teknis blog. Tujuannya agar artikel Anda terlihat menarik dan bisa bersaing di hasil pencarian Google.


17. Manfaatkan Plugin SEO


Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menulis artikel secara SEO Friendly adalah pastikan Anda menggunakan salah satu plugin untuk memudahkan dalam menulis artikel SEO. Karena, nantinya Plugin SEO akan secara otomatis memberikan saran agar aspek SEO di dalam artikel Anda optimal. 


18. Pastikan Anda tidak Melakukan Kesalahan dalam Penulisan


Untuk Anda yang sampai saat ini masih sering typo dalam mengetik, yuk belajar dikurangi typo nya. Karena, untuk memosting artikel, Anda harus memastikan agar Anda tidak melakukan kesalahan penulisan di dalam artikel Anda. Misalnya, typo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, dan tata bahasa yang keliru. Sebab, kesalahan penulisan bisa mengurangi dan merusak pengalaman pembaca dan menurunkan kualitas artikel Anda. 


19. Konsisten Memosting Artikel


Konsisten memosting artikel juga sangat penting sebagai salah satu cara membuat artikel SEO Friendly, lhoo.


Kira-kira, kenapa, yaa? 


Karena, dengan memosting artikel baru, berarti Anda bisa memberi manfaat lebih ke pembaca berupa informasi yang aktual sekaligus memberi kesan positif ke Google bahwa blog Anda aktif. Dengan begitu, Google tidak akan ragu untuk memosisikan artikel Anda di posisi tinggi pada halaman Google. 


20. Jangan Lupa Promosikan Artikel


Last but Not Least, Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menulis artikel secara SEO Friendly adalah mempromosikan artikel Anda.


Cara ini bertujuan untuk menambah jumlah visitor dan memberi kesan baik kepada Google karena artikel Anda memang banyak dibaca dan dibutuhkan. 



Akhir kata, itulah pembahasan terkait Cara Menulis Artikel secara SEO Friendly bagi Blogger Pemula yang dapat artikel kali ini bagikan


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel