Cara Mengatasi Hambatan Kompetensi

Jika saat ini Anda sedang mencari informasi terkait Cara Mengatasi Hambatan Kompetensi, berikut Tan Eduka berikan penjelasan lengkap 

Kelihatannya mengembangkan kompetensi merupakan hal yang mudah. Kita dapat dengan mudah mengidentifikasi pengetahuan, keterampilan, dan proses yang perlu untuk dipelajari. Namun, kenyataannya tidak semudah itu, sejumlah faktor mempengaruhi kemampuan pekerja untuk memperbaiki kecakapan tentang kompetensi yang mempengaruhi kinerjanya.

Cara Mengatasi Hambatan Kompetensi

Michael Zwell (2000:309) dalam Wibowo menyebutkan adanya faktor-faktor yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki kompetensi, yaitu;

1. Admitting Incompetency (Mengalami kekurangan Kompetensi)

Budaya yang berusaha selalu tampil baik dengan menutupi kekurangan dihadapan orang lain memiliki pengaruh terhadap terjadinya kurangnya kompetensi (incompetency). Untuk itu, ada baiknya orang mengakui degnan terus terang akan kekurangan kompetensinya sehingga dapat dilakukan usaha untuk memperbaikinya.

2. Raising Expectations (Meningkatkan Harapan)

Manajer dalam melakukan peran coaching harus dapat membantu orang lain untuk memperluas visi atas pekerjaan, sehingga mereka dapat memanfaatkan bakat, kemampuan, dan potensinya.

3. Identifying Barriers (Mengidentifikasi Hambatan )

Hambatan dapat dikategorikan dalam;

  • Pengetahuan
  • Ketrampilan
  • proses
  • Emosional.

Hambatan pengetahuan terjadi ketika pekerja tidak mempunyai keahlian tentang informasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan.

Hambatan Ketrampilan terjadi jika pekerja  tahu bagaimana melakukan sesuatu, tetapi belum mengembangkan keterampilan untuk melakukannya dengan lebih baik, cepat, dan konsisten.

Hambatan proses terjadi ketika pekeraja tidak efektif dalam mengelola serangkaian tugas. Mereka mungkin terampil, tapi kurang konsisten melakukannya dengan cara yang tepat.

Hambatan emosional berakar pada faktor psikologis. Pekerja takut konflik sedang lainnya tidak menetapkan tujuan menantang karena takut gagal. Sebagain lagi tidak bisa menerima kesalahan atau bertanggung jawab karena takut disalahkan.

4. Including Support Mechanism (Memasukkan Mekanisme Dukungan)

Mekanisme dukungan yang dapat dipergunakan organisasi dan pekerja untuk memastikan rencana kinerja pekerja adalah; 1) Mencatat kemajuan tujuan dan pelaksanaan, 2) Mengkomunikasikan kemajuan pada orang lain, 3) Menggunakan penghargaan.

Sumber :

Wibowo.2010. Budaya Organisasi “Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang.” PT Raja Grafindo Persada


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel