Mengapa Mempelajari Material Teknik Sangat Penting? Berikut Alasannya

Keilmuan material teknik sangat dibutuhkan karena erat kaitannya dengan segala hal yang ada di sekitar kita. Oleh sebab itu, mempelajari material teknik sangat penting, berikut penjelasan lengkap terkait alasan pentingnya mempelajari material teknik

Mengapa Mempelajari Material Teknik Sangat Penting? Berikut Alasannya

1. Pada hakekatnya belajar material teknik berguna untuk mengumpulkan sifat-sifat yang baik sesuai penggunaan.

Kita harus belajar material teknik karena pada hakekatnya untuk mengumpulkan sifat-sifat yang baik sesuai penggunaan. Sifat-sifat tersebut dapat berupa sifat teknologi (Technological Properties) seperti kemampuan castabilitas (castability), kemampuan las (weldability), sifat mampu dibentuk (Formability), dsb. Lalu, ada sifat fisik dan kimia (Chemical and Physical Properties) seperti tahan korosi (Corrosion Resistance), spesifik gravitasi (Specific Gravity), ataupun konduktivitas termal dan listrik (Thermal and Electrical Conductivity). Kemudian ada sifat mekanik (Mechanical Properties) seperti kekuatan (strength), kekerasan (hardness), ketangguhan (toughness), keuletan (ductility), kekakuan (stiffness), dan kerapuhan (brittleness). 

2. Belajar material teknik berguna untuk peningkatan sifat (properties) dari suatu material

Material teknik harus dipelajari karena dengan mempelajari material teknik, kita akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk peningkatan sifat (properties) dari suatu material dengan adanya proses, desain, dan pembentukan suatu material. Oleh sebab itu, kita harus belajar material teknik karena mempelajari material teknik membantu kita memahami dasar hubungan struktur dan sifat bahan, lalu mendesain struktur bahan tersebut untuk mendapatkan sifat-sifat yang diinginkan. 

3. Belajar material teknik berguna untuk memilih material terbaik yang akan diaplikasikan

Di dalam dunia industri, sering kali kita dihadapkan pada situasi dimana harus memilih suatu material yang akan digunakan. Ada tiga kelas utama pada jenis material teknik, yaitu logam, keramik, dan polimer. Kemudian ada tambahan satu lagi, yaitu material komposit. Ada banyak pertimbangan akan dilakukan, tetapi umumnya kita akan memilih material yang terbaik atau mendekati terbaik untuk diaplikasikan. Dengan mempelajari material teknik, pemahaman mengenai strategi dalam memilih material terbaik dipelajari secara lebih mendetail. Oleh karena itu, belajar material teknik menjadi suatu keharusan bagi kita sebagai seorang engineer.

Akhir kata, itulah penjelasan lengkap terkait Alasan Pentingnya Mempelajari Material Teknik
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel