Cara Mengatasi HP Lemot Samsung J2 Prime


Bagi Anda pengguna Samsung J2 Prime, apakah saat ini Anda sedang bingung dan ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi HP Anda yang sudah mulai lemot?


Ataukah Anda sendiri merasa heran, kok bisa yaa, akhir-akhir ini HP Anda menjadi lemot?


Nah, perlu Anda ketahui, sebenarnya cara mengatasi HP lemot J2 Prime itu mudah Anda lakukan, asalkan Anda mengenali  penyebab HP Anda menjadi lemot dan menemukan cara untuk mengatasinya.


Adapun bagi Anda yang belum mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi HP Lemot Samsung J2 Prime, maka artikel ini akan membahasnya untuk Anda.


Oke, sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi HP lemot Samsung J2 Prime, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu, Apa sih penyebab HP Samsung J2 Prime Anda menjadi lemot?


Berikut Penyebab HP Samsung J2 Prime menjadi Lemot


Sebenarnya, suatu HP itu bisa sampai lemot karena disebabkan oleh banyak hal. Penyebab tersebut bervariasi, berikut ini disajikan beberapa hal yang dapat menyebabkan HP Samsung J2 Prime Anda menjadi lemot


  1. HP Anda terkena virus dan malware
  2. Memori internal HP Anda sudah penuh
  3. Memori RAM HP Anda sudah penuh
  4. Data Cache pada HP Anda sudah penuh
  5. Anda menginstall terlalu banyak Aplikasi pada HP Anda
  6. Anda memasang terlalu banyak widget pada HP Anda
  7. Ada terlalu banyak Aplikasi yang berjalan di latar belakang HP Anda
  8. Sistem Android pada HP Anda mengalami error
  9. HP Anda sudah overwheat, dsb.


Nah, setelah Anda mengenali penyebab HP Samsung J2 Prime Anda menjadi lemot, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu cara mengatasi HP Anda agar tidak lemot.


Berikut Cara Mengatasi HP Samsung J2 agar Tidak Lemot


Nah, bagi Anda yang HP Samsung J2 Prime nya sudah mulai lemot, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya


Berikut langkah-langkahnya:


1. Reboot atau Restart HP Anda


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi HP Samsung J2 Anda yang sudah mulai lemot adalah dengan melakukan reboot atau restart pada HP Anda. Hal ini bertujuan untuk membersihkan seluruh data yang tidak terpakai serta mengulangi kinerja Operational System Android di HP Anda. 


2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting di HP Anda


Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah menguninstall aplikasi yang tidak penting di HP Anda. Hal ini bertujuan agar ruang penyimpanan dan Ram di HP Samsung J2 Prime Anda tidak terlalu penuh. Karena, jika dibiarkan, maka ruang penyimpanan dan RAM yang terlalu penuh justru dapat menghambat kinerja HP Anda dan pada akhirnya HP Samsung J2 Prime Anda pun menjadi lemot. Untuk mengatasinya, Anda perlu menguninstall aplikasi yang tidak penitng di HP Anda.


3. Kurangi Beban Penyimpanan Internal pada HP Anda


Penyimpanan internal merupakan bagian yang paling penting pada kinerja Operational System Android di HP Anda.  Perlu Anda ketahui, HP Samsung J2 Prime ini memiliki penyimpanan internal yang cukup minim, yakni sebesar 8GB. Apabila beban penyimpanan internal pada HP Anda terlalu berlebih, maka hal ini mengakibatkan HP Anda menjadi lemot.


4. Rajinlah Menghapus Cache  pada HP Anda


Cache adalah data yang disimpan sementara di memori Handphone ketika Anda menggunakan aplikasi. Nah, yang perlu Anda ketahui, ternyata setiap aplikasi yang Anda gunakan itu tentunya memiliki file cache sendiri dan pastinya membutuhkan ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menghapus cache untuk mengosongkan ruang penyimpanan sementara di HP Anda. Namun, sebagai catatan, sistem akan tetap membangun kembali file cache saat Anda menggunakan aplikasi yang lain. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk rajin menghapus Cache pada HP Anda.


Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus Cache pada HP Samsung J2 Prime Anda, berikut langkah-langkahnya:


  1. Klik Setting
  2. Klik Aplikasi
  3. Lalu, Pilih Aplikasi
  4. Kemudian, pilih Hapus Cache dan Data


5. Install Ulang OS Android / Lakukan Factory Reset pada HP Anda


Langkah berikutnya adalah melakukan install ulang OS Android pada HP Anda. Terkadang, karena usia HP yang sudah lawas, dan OS Android pun sudah lama dipakai. Akhirnya hal ini mengakibatkan OS Android Anda terserang virus atau rusak. Jika sudah terjadi seperti itu, Ada baiknya Anda menginstall ulang OS Android pada HP Anda. Namun, yang perlu diperhatikan, cara ini dapat Anda gunakan jika OS Android Anda memang sudah dalam keadaan rusak. Adapun jika OS Android Anda tidak mengalami kerusakan, maka disarankan untuk tidak melakukan install ulang pada Samsung J2 Prime Anda.


Akhir kata, itulah pembahasan terkait Cara Mengatasi HP Lemot Samsung J2 Prime yang dapat artikel kali ini bagikan


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel