Yuk, Kepoin Jurusan Bisnis Digital ! Jurusan Kekinian yang Keren Banget


Yuk, Kepoin Jurusan Bisnis Digital ! Jurusan Kekinian yang Keren Banget


Halo kembali lagi bersama Tan Eduka


Kali ini Tan Eduka bakalan ngebahas salah satu jurusan kuliah kekinian yang keren banget, yaitu jurusan Bisnis Digital.


Jurusan bisnis digital berkembang pesat seiring dengan pesatnya perkembangan kegiatan bisnis digital di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini salah satunya ditandai dengan merajalela nya berbagai online shop dan situs e-commerce lainnya. Akhirnya, orang-orang pun mulai memanfaatkan momentum ini untuk membuka usaha bisnis online. 


Sebenarnya, memulai bisnis online secara sederhana memang cukup mudah.


Caranya, kamu cukup membuat akun di Instagram atau di salah satu situs e-commerce kemudian mengunggah foto produk yang ingin kamu jual.


Namun, apakah sesimpel itu?


Ternyata nggak sesimpel itu juga yaa


Karena, pada kenyataannya, tidak semua orang bisa mengelola bisnis online tersebut.


Didalam mengelola bisnis online, kamu tidak hanya harus memiliki produk untuk dijual. Akan tetapi, kamu juga membutuhkan kemampuan untuk menjalankan bisnis online tersebut dengan baik agar bisa menguntungkan.


Nah, apakah saat ini kamu termasuk salah satu orang yang tertarik mengulik lebih jauh tentang bisnis digital? Atau bahkan kamu mempunyai cita-cita menjadi seorang CEO dari startup digital yang kamu dirikan sendiri?


Jika iya, maka kamu harus mengulik lebih jauh tentang jurusan bisnis digital.


Jika diperhatikan, sebenarnya saat ini sudah mulai banyak bermunculan Jurusan Bisnis Digital di beberapa perguruan tinggi di indonesia.


Dan yang pastinya, Jurusan bisnis digital ini akan membawamu untuk mewujudkan cita-cita membangun bisnis digital yang kece, keren, dan kekinian! 


Jadi, Apa itu Jurusan Bisnis Digital?


Jurusan Bisnis Digital itu merupakan rumpun ilmu terapan yang didalamnya mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital agar dapat berjalan dengan baik.


Nah, di jurusan bisnis digital ini ada berbagai macam ilmu yang digunakan. Semuanya merupakan perpaduan dari berbagai bidang ilmu, seperti manajemen, bisnis, sistem informasi, hingga teknik informatika. 


Oleh sebab itu, sangat wajar jika dikatakan bahwa secara umum, jurusan ini memang ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal, terampil, dan mampu menguasai bidang bisnis online, startup digital, dan pengaplikasian marketplace.


Lalu, gelar sarjana apa yang akan kamu peroleh ketika selesai menempuh pendidikan bisnis digital?


Jika kamu menempuh pendidikan di jurusan bisnis digital, nantinya gelar yang kamu peroleh bukan Sarjana Ekonomi atau Sarjana Manajemen, yaaa. Melainkan Sarjana Bisnis Digital (S.BD).


Terus, Apa Aja, Yaa yang dipelajari di Jurusan Bisnis Digital?


Seperti yang udah disinggung di atas, ilmu yang akan kamu pelajari di Jurusan Bisnis Digital itu mencakup banyak bidang ilmu.


Jadi, nantinya kamu akan memperoleh banyak sekali ilmu menarik yang akan membantu kamu untuk mulai berbisnis di e-commerce, web development, user experience, pemrograman, cyber security, dan lain sebagainya.


Selain itu, jika kamu tertarik dengan dunia media sosial, di jurusan bisnis digital ini, kamu juga akan belajar tentang kiat-kiat melakukan bisnis dan pemasaran secara online, baik di media sosial maupun di platform digital lainnya.


Di dalam dunia bisnis digital, yang menjadi fokus perhatian bukan hanya serba-serbi bisnis dengan teknologi digital saja, lhoo


Nantinya, kamu juga akan mempelajari dasar-dasar teori yang berkaitan dengan bisnis secara umum.


Apa aja?


Nah, dasar-dasar teori tersebut mencakup pengantar bisnis, pengantar manajemen, hukum bisnis, perilaku konsumen, hingga kewirausahaan dan inovasi.


Bagaimana prospek karir lulusan bisnis digital?


Meskipun jurusan Bisnis Digital ini masih terdengar baru. Namun, bisa dibilang bahwa prospek karier untuk lulusan Bisnis Digital ini sangatlah luas.


Kamu bisa mencermatinya dengan mengamati lingkungan sekitar. Bisa dirasakan bahwa saat ini, perkembangan industri digital berkembang sangat pesat, bukan?


Melalui perkembangan pesat industri digital, kamu dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk meraih karir yang sangat cocok untuk kamu lulusan bisnis digital. Dengan semakin banyaknya industri bisnis digital, penyedia situs e-commerce, maka lulusan bisnis digital pun akan sangat dicari oleh perusahaan.


Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja di berbagai macam industri digital, mulai dari perbankan dan keuangan, konsultan bisnis, analis data, analis sistem, bekerja di salah satu situs layanan e-commerce terkenal di Indonesia, dan lain sebagainya.


Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi pengusaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dengan merintis bisnis online sendiri. Bagi kamu yang memiliki minat mengembangkan suatu bisnis online, di jurusan inilah kamu bisa belajar ilmunya mulai dari dasar sampai dengan keterampilan untuk menerapkannya di kehidupan nyata agar kamu dapat lebih mengerti dan mampu bersaing serta mengatasi perubahan dunia yang telah memasuki era digital.


Jurusan ini juga sangat cocok untuk kamu yang memikiki ketelitian tinggi, berpikiran kritis, pandai memperhatikan detail, mampu bersikap dan berpikir rasional, ahli dalam mengobservasi, dan senang menganalisis serta memilliki kemampuan problem solving.


Jadi tunggu apa lagi, jika kamu memang sangat berminat dengan industri digital dan dunia bisnis di dalamnya, yuk kuliah jurusan bisnis digital. Karena, ini sudah saatnya bagi kamu untuk menjadi bagian dari Revolusi Industri 4.0 dan mendapatkan prospek karir yang menjanjikan.




Akhir kata, itulah pembahasan terkait Jurusan Bisnis Digital yang dapat artikel kali ini bagikan


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel