10 Cara Menulis Artikel Beserta Contoh Artikel

Dalam kegiatan blogging, tentu Anda sebagai blogger harus mengisi blog Anda dengan konten yang bermanfaat. Terlebih bagi blog yang berisikan berita dan informasi, tentunya Anda harus berpikir lebih cermat dalam menulis konten artikel yang sangat menarik.


Memang bisa dikatakan kalo membuat konten artikel susah-susah gampang, yaa


Suatu artikel itu bisa dikatakan bagus dan berkualitas jika memenuhi peraturan penulisan artikel yang baik dan benar. Dikatakan demikian karena cara menulis artikel yang bagus dan berkualitas itu memiliki peraturan tersendiri. Di samping membuat artikel yang bagus dan berkualitas, Anda juga harus membuat artikel yang menarik perhatian pembaca. Suatu artikel dapat menarik jika dari awal penulisan judul sampai denga isi konten sesuai dengan kesukaan para pembaca. Oleh sebab itu, Anda perlu membreakdown konten artikel yang akan Anda tulis. 


Nah, sering kali bagi sebagian orang terutama bagi pemula, menulis artikel itu dikatakan sangat sulit karena memang melelahkan dan menguras mental serta fisik. Hal ini tentu akan sangat berbeda jika diliat dari sudut pandang penulis professional. Bagi penulis professional, membuat artikel yang menarik perhatian pembaca tentu sangatlah mudah karena mereka memang sudah terbiasa. 


Adapun bagi yang masih pemula, Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel beserta contoh artikel yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda.


Berikut Cara Menulis Artikel




1. Pelajari Karakter Calon Pembaca atau Target Pembaca Anda


Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus mempelajari karakter calon pembaca atau target pembaca Anda. Anda harus mengetahui bahwa niche di blog  Anda itu cocoknya untuk pembaca yang seperti apa. Kemudian, Anda juga harus menganalisis karakter calon pembaca atau target pembaca Anda agar artikel Anda dapat menarik perhatian mereka.


2. Gunakan Judul yang Menarik


Cara kedua yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus menggunakan judul yang menarik. Dengan judul yang menarik, Anda dapat memancing pembaca untuk membaca artikel Anda dengan demikian artikel Anda dapat sampai ke banyak pembaca. Bukan tanpa alasan, kebanyakan orang sebelum membaca isi artikel tentu akan membaca judulnya terlebih dahulu, dong. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk membuat judul artikel semenarik mungkin.


3. Gunakan Kalimat Tertentu yang Menarik Pembaca


Cara ketiga yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus menggunakan kalimat yang menarik.  Karena, sering kali pembaca melakukan scanning pada artikel yang Anda buat. Dalam hal ini, artikel Anda tidak akan dibaca kata per kata melainkan per kalimat tertentu yang menarik perhatian pembaca. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menggunakan kalimat yang menarik perhatian.


4. Gunakan Format Penulisan yang Benar


Cara keempat yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus menggunakan format penulisan yang benar.


Format penulisan artikel yang benar adalah dengan menggunakan font yang mudah dibaca berkisar antara ukuran 14 sampai dengan 22. Kemudian lebar horizontal antara 480 x 720 px dengan line height antara 1,5-2 begitupun dengan marginnya.


5. Buatlah Artikel yang Berkualitas dan Berbobot


Cara kelima yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus membuat artikel yang berkualitas dan berbobot.


Suatu artikel dapat dikatakan bagus ketika Anda dapat meningkatkan kualitas dan bobot artikel tersebut. Cara menulis artikel dengan format yang benar juga termasuk syarat artikel berkualitas. Lebih dari itu, untuk membuat artikel yang berbobot, Anda dapat mencari referensi untuk memperkaya pengetahuan Anda saat menulis artikel.


6. Temukan dan Gunakan Keyword yang Popular


Cara keenam yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus menemukan dan menggunakan keyword yang popular agar artikel Anda bisa mendapat peringkat tertinggi di mesin pencarian Google. Sebagai bahan referensi, Anda dapat menggunakan Google Trends untuk melihat hal apa yang sedang trending dan popular.


7. Gunakan Tata Bahasa dan Ejaan yang Sesuai


Cara ketujuh yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus menggunakan tata bahasa dan ejaan yang sesuai. Sangat penting bagi Anda melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan dalam suatu artikel. Coba Anda bayangkan, ketika artikel Anda dibaca oleh jutaan orang, tetapi terdapat kesalahan tata bahasa dan ejaan di dalamnya. Tentu itu akan sangat mengganggu bagi para pembaca, bukan?


8. Lakukan Optimasi


Cara kedelapan yang harus Anda lakukan dalam menulis artikel adalah Anda harus meningkatkan peringkat artikel di halaman pertama mesin pencarian.


Caranya dengan melakukan optimasi seperti meta deskripsi, url, gambar, dan link ke halaman atau website lain.


9. Promosikan Artikel


Cara berikutnya yang tak kalah penting dalam menulis artikel adalah dengan mempromosikan artikel Anda. Anda dapat mempromosikan artikel melalui media sosial atau memperkenalkannya secara langsung ke keluarga atau teman Anda. Cara ini sangatlah penting untuk meningkatkan traffic kunjungan postingan artikel dan akan membuat artikel Anda berpotensi mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian Google.


10. Pasang Tombol Share Artikel di Blog Anda


Cara lain dalam mempromosikan artikel Anda adalah dengan memasang tombol share artikel. Dengan memasang tombol share, pengunjung yang merasa artikel Anda itu sangat bermanfaat dapat melakukan share otomatis.


Dengan demikian, artikel Anda pun akan dibaca oleh banyak orang dan berpotensi memenangkan persaingan first page di halaman pencarian Google.


Jadi, itulah 10 cara menulis artikel yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda. Nah, setelah mengetahui cara menulis artikel, Anda dapat membaca contoh artikel di bawah ini sebagai referensi


Berikut 10 Contoh Artikel


Contoh 1


Contoh 2


Contoh 3


Contoh 4


Contoh 5


Contoh 6


Contoh 7


Contoh 8


Contoh 9


Contoh 10


Akhir kata, itulah informasi terkait Cara Menulis Artikel dan Contoh Artikel yang dapat dibagikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel