6 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi saat Sekolah Online

Bagaimana nih kabarnya? Apakah kegiatan sekolah online nya lancar? Selama sekolah online, pastinya ada rasa ingin pergi belajar secara langsung di sekolah dan bertemu dengan teman-teman tentunya. Memang tidak dapat dipungkiri, rasa jenuh selama sekolah online menjadi alasan seorang pelajar ingin sekolah offline. Akan tetapi, rasa jenuh tersebut juga harus dilawan agar tetap mendapat nilai bagus ya!


Untuk mendapatkan nilai bagus, tentu Anda tidak boleh bermalas-malasan. Anda harus rajin belajar, rajin menghafal, mereview materi, dan lain sebagainya. Namun, pada faktanya, tidak semua pelajar akan belajar dengan rajin dan tekun. Banyak yang malas belajar, bahkan ada yang membenci suatu mata pelajaran dikarenakan kesulitan dalam mempelajarinya. Hal tersebut dikarenakan mereka belum memiliki metoda belajar yang efisien dan nyaman di masa pandemi ini karena harus berbasis online.


Banyak pelajar yang hanya belajar keras ketika ada ujian atau ulangan. Tentu saja cara tersebut sangat tidak disarankan dan berisiko lupa terhadap apa yang kita pelajari. Maka dari itu, diperlukan manajemen waktu dan beberapa cara belajar yang efisien dan nyaman.


Berikut 6 tips mendapatkan nilai tinggi saat sekolah online.


 6 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi saat Sekolah Online

6 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi saat Sekolah Online


1.Menentukan waktu belajar

Manajemen waktu belajar adalah hal pertama yang harus dipahami. Untuk Anda seorang pelajar yang harus kalian lakukan adalah menentukan waktu yang membuat kalian nyaman dalam belajar. Bagi kebanyakan orang, belajar di pagi hari adalah waktu belajar yang nyaman dan mudah untuk memahami pelajaran. Belajar di jam 3-4 pagi akan membuat Anda mudah dalam memahami pelajaran, bahkan pelajaran yang dianggap sulit sekalipun.


2. Konsisten dalam belajar

Setelah mengatur manajemen waktu belajar, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah konsisten dalam belajar. Belajar tidak perlu hingga berjam-jam, cukup 1-2 jam setiap hari saja. Yang terpenting adalah konsistensi dalam belajar. Daripada Anda belajar berjam-jam ketika akan ujian, lebih baik Anda belajar setiap hari meskipun hanya 1-2 jam saja. Dengan begitu, Anda akan mudah mengingat apa yang telah Anda pelajari dan masih punya banyak waktu untuk mengulang pelajaran yang dianggap sulit.


Oh iya, sebagai referensi, Anda juga dapat membaca informasi mengenai tips belajar efektif di rumah dalam masa pandemi disini.

3. Bertanya jika ada kesulitan

Jangan pernah malu untuk bertanya. Tidak mungkin kita selalu mengerti semua materi yang diajarkan guru, atau selalu tahu setiap apa yang kita pelajari, pasti ada yang tidak kita ketahui dan kita anggap sulit. Maka dari itu tanyakan saja hal sulit tersebut kepada gurumu, pasti gurumu akan menjawabnya dengan senang hati, atau pada teman sekelasmu yang Anda anggap pintar, dengan begitu mungkin Anda akan lebih mudah paham.


4. Manfaatkan kecanggihan teknologi

Di era modern seperti sekarang ini, kata “Internet” sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gunakanlah internet untuk belajar. Jika melalui penjelasan guru, Anda masih belum paham, Anda bisa melihat tutor-tutor di YouTube secara gratis ataupun di kelas-kelas online yang berbayar. Sekarang sudah banyak sekali video pembelajaran di internet yang bisa Anda jadikan alternatif jika kesulitan memahami penjelasan dari guru.


5. Kurangi begadang

Banyak penelitian yang menunjukkan beberapa bahaya begadang bagi kesehatan maupun pikiran kita. Salah satunya yaitu sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu. Tentu saja ini akan mengahambat Anda dalam belajar. Karena dalam belajar dibutuhkan konsentrasi yang baik. Daripada tidur larut malam dan bangun siang, lebih baik tidur lebih awal sekitar jam 8/9 dan bangun pagi sekitar jam 3/4. Dengan begitu, otak kita akan lebih fresh dan mudah untuk berkonsentrasi dalam belajar.


6. Belajar Kelompok

Jika Anda kesulitan belajar sendirian, adakan belajar kelompok bersama teman, terutama ajaklah teman yang pintar. Dengan begitu, jika kalian ada kesulitan, kalian bisa saling membantu untuk menyelesaikannya.


Oh iya, sebagai referensi, Anda bisa mencari tahu bagaimana cara belajar kelompok yang efektif, disini


Akhir kata, Itulah 6 tips mendapatkan nilai tinggi saat sekolah online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel