Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat Agar Cepat Diterima

Surat Lamaran Kerja yang dikirimkan ke HRD suatu perusahaan, kantor, organisasi, toko, restoran atau cafe dan lain sebagainya menentukan diterima tidaknya bekerja. Surat lamaran kerja tersebut memuat informasi data pelamar yang akan dipilih oleh pihak penyedia lowongan kerja atau loker. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, Anda harus mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Cara membuat surat lamaran kerja yang tepat agar cepat diterima

Tidak berdasarkan apakah surat lamaran kerja dibuat dengan tangan atau diketik di Microsoft Word, dikirim langsung atau dikirim secara elektronik dalam bentuk file PDF, melalui email dan lain sebagainya. Surat lamaran kerja agar lolos seleksi dan mudah diterima untuk bekerja harus menarik dan kreatif. Mulai dari tata cara penulisan, bahasa yang digunakan hingga seluruh isi surat lamaran kerja.

Cara membuat surat lamaran kerja yang tepat agar cepat diterima

Jadi bagaimana Anda menulis surat lamaran kerja? langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja dan berbagai surat pendukung penting lainnya seperti Curriculum Vitae (CV) atau data curriculum vitae memerlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips dan trik dan jangan sampai salah.

Bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran kerja namun bingung harus mulai dari mana, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, yuk simak informasinya berikut ini.

Berikut Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat agar Cepat Diterima

1. Tuliskan poin-poin penting secara berurutan

Dalam menulis surat lamaran kerja ada poin-poin penting yang menunjukkan informasi data Anda yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, poin-poin tersebut harus ditulis dengan rapi dan berurutan. Misalnya, Anda harus secara spesifik menyatakan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar di perusahaan tersebut, apalagi jika perusahaan tersebut membutuhkan banyak karyawan baru dengan beberapa posisi.

Surat lamaran yang baik dan benar harus memiliki susunan isi yang berkesinambungan. Poin-poin yang harus Anda sertakan dalam surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:

Tempat dan tanggal surat itu dibuat

Nama lengkap perusahaan atau HRD yang dituju

Salam

Kata pengantar atau bagian pembuka

Biodata pribadi dengan jelas dan singkat

Deskripsi profesi atau pekerjaan yang dilamar

Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya dan keterampilan apa pun yang dimiliki

Penutupan

2. Menggunakan Bahasa yang Baik

Surat lamaran kerja termasuk surat resmi yang harus menggunakan bahasa standar atau bahasa resmi dengan sopan, bahasa yang baik dan memberikan kesan profesional. Dengan kata lain, bukan hanya pengalaman atau keahlian Anda yang penting, tetapi penggunaan tata bahasa dan kalimat EYD yang benar yang tidak diulang. Jika surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, coba gunakan tata bahasa yang tepat.

3. Singkat, padat, dan jelas

Surat lamaran Anda akan lebih profesional jika dapat ditulis secara singkat, ringkas namun jelas. Artinya jangan gunakan kalimat atau kata yang rumit yang bahkan sulit dipahami. Selain itu, hindari tulisan yang bertele-tele, malah berikan poin-poin penting yang bisa menjadi sorotan surat lamaran kerja Anda.

4. Jangan hanya copy paste

Satu hal penting yang sering diabaikan sebagian orang adalah menyalin dan menempelkan surat lamaran kerja. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali contoh surat lamaran kerja di internet, sehingga sangat memudahkan kita untuk membuat surat lamaran kerja. Kita memang bisa menggunakan contoh ini, tapi jangan lupa untuk mengeditnya lagi.

Jangan lupakan poin-poin penting yang perlu Anda isi dan perhatikan, seperti tujuan perusahaan, tanggal, atau bahkan informasi identitas Anda. Jika Anda lupa satu saja, hal itu dapat memengaruhi penilaian pemilihan pekerjaan Anda.

5. Surat lamaran lengkap

Selain memperhatikan isi surat lamaran, dalam pembuatan surat lamaran juga harus memperhatikan data pendukung apa saja yang dibutuhkan. Umumnya untuk kelengkapan dokumen diperlukan fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, surat keterangan, piagam, surat keterangan pendidikan dan masih banyak lagi. Pastikan Anda melengkapi data yang diminta oleh perusahaan. Surat lamaran yang lengkap akan menjadi nilai tambah.

6. Kualifikasi CV atau Curriculum Vitae

Surat lamaran kerja lengkap yang perlu kamu persiapkan juga berupa CV atau curriculum vitae. Anda juga harus menghindari kesalahan CV. Dimana CV juga harus memperhatikan beberapa hal seperti sifatnya yang objektif, antara lain data pribadi yang lengkap seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan pemuatan keterampilan atau kualifikasi Anda dengan baik.

Uraian di atas merupakan informasi lengkap yang membahas tentang Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar agar cepat diterima. Apapun profesi pekerjaan yang Anda lamar, baik di perusahaan besar maupun kecil, Surat Lamaran Kerja yang Anda berikan harus tetap yang terbaik dan profesional karena Surat Lamaran Kerja tersebut mencerminkan siapa diri Anda.

Cara membuat surat lamaran kerja yang tepat agar cepat diterima

Banyak contoh surat lamaran kerja yang telah disediakan di media informasi, Anda bisa mencoba salah satunya, namun ingat untuk memperhatikan hal-hal yang telah kita bahas di atas, dimulai dengan hal-hal yang perlu diperhatikan dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan persiapan yang baik, Anda pasti akan segera diterima di tempat kerja. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel